J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbedaan Layar TFT, IPS dan Amoled

              Perbedaan Layar TFT, IPS dan Amoled

              00
              Jumat, 30 Mei 2014, 11:00 WIB
              Ada tiga jenis layar yang cukup banyak digunakan oleh vendor ternama. Layar-layar tersebut adalah TFT, IPS, dan Amoled. Apakah perbedaan dari ketiga layar tersebut?

              Dengan semakin berkembangnya smartphone, semakin berkembang juga teknologi yang dipakai dalam pembuatannya. Salah satu yang berkembang cukup pesat adalah komponen layar. Saat ini, ada beberapa jenis layar yang cukup banyak digunakan vendor smartphone untuk memasangnya di smartphone buatan mereka. Jenis layar tersebut antara lain Amoled, IPS dan TFT. Apa saja perbedaan dari layar-layar tersebut?

              AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic light-emitting diode) yang diklaim menghasilkan tingkat kehitaman lebih gelap, warna lebih cerah dan tampilan layar dapat terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Kelebihan dari AMOLED adalah penggunaan daya yang relatif lebih hemat.

              Layar Android 1

              TFT (Thin Film Transistor) adalah tipe layar jenis yang menggunakan teknologi LCD yang berwarna terbaru sehingga mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Kelemahan yang dimiliki layar LCD jenis TFT ini adalah relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar ketimbang AMOLED.

              Layar Android 2

              IPS (In-plane switching) merupakan salah satu teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Sehingga saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pengguna masih dapat melihat layar dengan baik. Untuk konsumsi dayanya sendiri karena dia dalam jenis LCD jadi konsumsi daya lebih besar seperti TFT.

              Layar Android 3

              AMOLED dan IPS memiliki kualitas yang hampir sama dan lebih bagus dibandingkan TFT, namun keduanya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

              Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal