J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Autopilot Tesla Kalah di Jalanan Macet Vietnam, Indonesia?

Rabu, 7 Apr 2021, 10:30 WIB
Tesla menguji coba mobil listrik Model X dengan menggunakan sistem autopilot di Vietnam. Tapi hasilnya tidak sesuai harapan.

Pabrikan mobil listrik Tesla baru-baru ini menguji coba kendaraan dengan sistem autopilot di Asia Tenggara. Bukan di Indonesia, tapi negara yang beruntung kebagian kesempatan itu adalah Vietnam.

Adapun mobil yang diuji cobakan buat proyek autopilot ini adalah Tesla Model X. Pabrikan mobil listrik yang dipimpin oleh Elon Musk ini menguji cobanya di kawasan macet di Vietnam.

Hasilnya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kendaraan Tesla dengan sistem autopilot tidak cocok beroperasi di jalan padat kendaraan seperti di Vietnam.

Menurut laporan dari CCN, sistem autopilot Tesla kedapatan menyerah sehingga pengemudi harus segera mengambil alih lingkar kemudi lantaran medan jajalnya yang menyulitkan mobil untuk bergerak.

Autopilot sendiri adalah salah satu fitur andalan Tesla pada tiap produk mobil listriknya. Sistem ini mengadopsi sejumlah sensor dengan sistem yang terkomputerisasi di sekeliling mobil.

Dengan sistem autopilot, pengemudi bisa mempercayakan perjalanannya kepada mobil Tesla yang bisa secara otomatis beroperasi tanpa dikemudikan.

Sayangnya, sistem autopilot pada mobil Tesla tidak mampu menghadapi kondisi jalan yang padat kendaraan di jalan Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Tesla Model X Fa1d7
Sumber foto: Tesla

Dalam video yang beredar, pengemudi Tesla X mencoba menggunakan fitur autopilot di jalanan kota yang penuh sesak oleh berbagai jenis kendaraan seperti mobil pribadi, bus, dan sepeda motor yang tidak mau kalah saling mendahului.

Dalam layar di dasbor, sistem autopilot sendiri menampilkan grafis berbagai mobil dan sepeda motor yang mendekat atau berada di sekeliling Tesla Model X.

Awalnya, sistem autopilot berjalan secara normal, tapi tidak lama autopilot menjadi tidak berfungsi dengan baik. Sistem canggih ini malah menyerah dan meminta pengemudi untuk mengambil alih kemudi.

Situs InsideEV melaporkan sistem autopilot canggih pada mobil Tesla ini memang bisa belum optimal bekerja sendiri jika kondisi jalan sedang padat. Alhasil, teknologi cerdas yang dikembangkan oleh Tesla ini tak bisa berkutik di jalanan macet.

Autopilot Tesla ini juga sepertinya akan menyerah di jalanan Indonesia. Ya, seperti kita semua tahu, jalanan Indonesia juga selalu macet. Jadi sistem ini enggak cocok buat di jalanan Indonesia setidaknya untuk saat ini.

Apalagi mengingat survei Traffic Congestion Ranking 2020 yang dilansir dari tomtom.com menyatakan Indonesia adalah negara ke-31 termacet di dunia. Vietnam yang buat Tesla kewalahan aja belum masuk daftar ini, geng.

Meski uji coba autopilot ini gagal dilakukan di Vietnam, tentunya hal ini pekerjaan rumah tersendiri bagi Tesla untuk menyempurnakan teknologinya. Sehingga pada akhirnya sistem ini bisa menghadapi berbagai medan jalan, termasuk yang macet parah. Semoga aja, ya.

Baca juga artikel seputar Mobil Listrik atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA

5 Mobil Buatan Indonesia yang Mendunia, Berkualitas Tinggi Semua!

Xiaomi Ciptakan Mobil Listrik, Mampu Saingi Tesla?

Perusahaan Gadget Huawei Siap Kembangkan Sayap ke Industri Mobil Listrik

6 Fakta Cellebrite, Teknologi yang Digunakan Mabes Polri untuk Menyedot Data

BACA JUGA
  • Dibeli Tesla, Harga Bitcoin Diprediksi Tembus 2 Miliar di 2021
  • Tesla Pilih India, Batal Bikin Pabrik di Indonesia? | Gagal Pendekatan?
  • Wozniak: Hal Besar Berikutnya Dalam Teknologi Datang dari Tesla, Bukan Apple
  • Xiaomi Ciptakan Mobil Listrik, Mampu Saingi Tesla?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal