J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ternyata, Babi Bisa Jadi Gamer Berbakat! (Nggak Noob Kayak Kamu)

Selasa, 2 Mar 2021, 10:45 WIB
Babi-babi ini berhasil membuktikan kalau babi juga bisa jadi gamer handal hanya dengan sedikit latihan dari ilmuwan. Kok bisa gitu ya, geng?

Jika sebelumnya babi hanya dipandang sebagai spesies yang kotor dan kurang pintar, hasil penelitian ilmuwan yang dirilis pada hari Kamis (11/2/2021) ini bikin babi jadi lebih kece.

Hasil eksperimen tersebut diterbitkan di jurnal Frontiers in Psychology dan merupakan puncak dari penelitian tentang kecerdasan babi yang sebelumnya dimulai pada tahun 90-an.

Jadi, para peneliti berhasil mengajari empat ekor babi untuk memainkan game menggunakan perangkat joystick. Kok bisa?

Babi tersebut adalah dua babi Yorkshire bernama Hamlet dan Omelet serta dua ekor babi mikro Panepinto bernama Ebony dan Ivory.

Nah, keempat babi itu diajarkan untuk mendekati dan menggunakan joystick dengan moncongnya untuk menggerakkan kursor pada layar ke target yang ditentukan.

Ilmuwan Berhasil Melatih Babi Main Game C9104

Bila berhasil, babi akan diberikan cemilan yang dispensernya terhubung ke joystick tersebut. Biar makin semangat mainnya, geng.

Tak hanya itu, mereka juga diberi kata-kata penyemangat dari manusia yang ada didekatnya.

Dari situ keempat babi tersebut belajar bahwa dengan menggerakkan joystick dan mengarahkan kursor ke salah satu dinding biru yang ditampilkan di layar, mereka akan mencetak skor, diberi makanan, serta kata-kata penyemangat.

Tak cuma satu level, babi-babi tersebut bahkan dapat menyelesaikan permainan pada level kesulitan yang tinggi dan di atas target yang diharapkan sebelumnya.

Babi Jadi Gamers E644a

Para peneliti juga menemukan fakta menarik, yaitu kinerja babi dapat ditingkatkan dengan dorongan verbal manusia, loh.

Ada saat-saat di mana peneliti mencoba mematikan dispenser makanan dengan tetap memberi perintah dan semangat kepada babi-babi tersebut.

Rupanya, para gamers handal tersebut tetap bisa fokus menggunakan joystick dan menamatkan level!

Dengan penemuan tersebut, studi ini bukan hanya berhasil mengajarkan babi jadi gamer - sekaligus memahami interaksi dengan babi dan bagaimana mereka memperoleh informasi.

Candace Corney, ilmuwan yang merupakan direktur dari Pusat Ilmu Kesejahteraan Hewan Universitas Purdue mengatakan bahwa tujuan utama penelitian ini adalah untuk "meningkatkan kesejahteraan babi" - seperti dilansir dari Huffington Post.

Peneliti Dan Babi 1a8b4

Semua babi yang terlibat dalam penelitian tersebut hidup dengan baik setelah pensiun dari 'karir' gaming mereka - kecuali Omelette yang mengalami masalah kesehatan dan harus disuntik mati.

Ebony dan Ivory dilaporkan hidup di kebun binatang anak-anak, sementara Hamlet menjalani hidupnya di sebuah peternakan yang difungsikan sebagai penginapan.

Hamlet juga pernah muncul dalam film dokumenter pendek produksi BBC yang kini dapat ditonton di YouTube, loh.

Film tersebut membandingkan kemampuan bermain Hamlet dengan seekor anjing terrier bernama Jack Russell yang masih berjuang bermain game dengan joystick bahkan setelah dilatih selama satu tahun.

Terbukti kan, bahwa anjing yang sudah diakui kecerdasannya pun belum tentu bisa mengalahkan seekor babi!

Memang, performa babi-babi tersebut tidak se-tinggi simpanse dan monyet rhesus dalam eksperimen serupa yang kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa babi hanya dapat menggunakan moncongnya untuk menggerakkan joystick.

Hayo, babi aja bisa jadi gamer pro! Kamu kapan?

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal