Robot Perserverance NASA Berhasil Merekam Suara Pertama dari Mars!

Default

Misi menjelajahi Mars yang diemban robot Perseverance milik NASA baru saja dimulai pada hari Kamis (18/2/2021), setelah robot tersebut berhasil mendarat di Mars.

Namun, pada hari Minggu (21/2/2021), NASA sudah dapat merilis suara pertama yang berhasil direkam oleh rover tersebut melalui press release di situs resminya.

Berbeda dengan video hoaks robot Persevarence di Mars yang sempat viral beberapa hari yang lalu, rekaman suara ini sudah terbukti kebenarannya karena NASA sendiri yang membagikan berita menarik tersebut.

Akun Twitter resmi Perseverance, @NASAPersevere baru mencuitkan kabar terbaru ini pada tanggal 23 Februari lalu.

Suara Pertama Dari Mas Oleh Robot Perseverance Ee8b0

Perseverance merupakan robot NASA yang pertama kali berhasil melakukan rekaman audio karena adanya dua mikrofon yang ditanamkan di tubuhnya.

Sebelumnya, wahana penjelajah InSight yang mendarat di Mars pada 2018 pernah merekam suara memanfaatkan seismometer dan sensor tekanan udara, tetapi Perseverance menjadi robot pertama yang bisa merekam suara murni menggunakan mikrofon secara langsung - seperti dilansir dari detikINET.

Suara yang diunggah di platform Soundcloud tersebut diambil di sekitar Kawah Jezero, tempat pendaratan rover, satu hari sebelum dirilis.

Perseverance Rekam Suara Mars A99ca

Ada dua versi dari rekaman tersebut yakni rekaman yang disertai suara mesin Perseverance, dan rekaman clean-cut yang hanya memuat suara dari Mars saja dengan durasi masing-masing 18 detik.

Lantas, seperti apa bunyi dari suara yang didapat di Mars tersebut?

Rupanya, suara angin yang berhembus di Mars tak jauh berbeda dengan suara angin sepoi-sepoi di bumi - hanya saja suara bekerja dengan cara berbeda di Mars.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan atmosfer, di mana suara bernada tinggi seperti peluit dan kicauan burung tidak akan bisa terdengar di planet merah.

Menurut Futurism yang dikutip oleh detikINET, Rover Perseverance NASA juga masih memiliki mikrofon kedua yang disambungkan dengan instrumen kamera SuperCam, namun perangkat tersebut belum dinyalakan karena masih diperiksa oleh tim dari Bumi.

Penasaran dengan suara yang direkam dari planet tetangga Bumi tersebut? Kamu bisa mendengarkan suara dan penjelasan singkat dari pimpinan kamera suite Perseverance, Dave Gruel di sini:

Baca juga artikel seputar NASA atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal