J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbedaan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan

              Perbedaan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan

              00
              Jumat, 24 Jan 2014, 10:00 WIB
              Perbedaan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan yang menyerang komputer dan dapat merusak data, menghilangkan file.

              Pernah terkena virus komputer? Tentu sebagian dari kamu pernah mengalami frustrasi ketika komputer atau laptop diserang program atau kode jahat yang mengakibatkan banyak kerugian, bahkan kehilangan banyak file dan data penting didalam komputer. Sebagian besar orang hanya mengenal istilah virus komputer untuk menyebut biang perusak program komputer ini. Namun tahukah kamu bahwa ada berbagai program yang dapat menginfeksi atau merusak komputer kamu? Bisa jadi komputer kamu bukanlah terkena virus, melainkan adware, Trojan atau worm.

              Berdasarkan definisi, kode jahat adalah Malware, yang merupakan singkatan dari Malicious Software/ Kode Jahat/ Software Jahat. Yang termasuk sebagai malware antara lain adalah trojan, worm, spyware, virus, rootkit, adware, bots, backdoor, exploit dan sebagainya.

              Berikut ini adalah perbedaan Malware, virus, trojan, spyware dan worm yang mungkin menyerang komputer kamu :

              Malware (Malicious Software)

              Malware adalah sebuah software yang diciptakan seseorang untuk tujuan jahat, dibuat untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah (menghapus, menyembunyikan dan mencuri), menghabiskan bandwith dan sumber daya lain tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik komputer.

              Virus Komputer

              Virus komputer adalah malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan dirinya, yang biasanya adalah pengguna atau pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak dapat berjalan atau aktif secara otomatis, tetapi memerlukan tindakan dari pihak ketiga. Virus biasanya menyamar menjadi bentuk lain, seperti file gambar, dokumen atau folder yang akan aktif ketika di-klik atau dijalankan.

              Untuk meyakinkan pengguna, pembuat virus komputer biasanya memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno yang seringkali membuat pengguna tertarik untuk klik pada file tersebut.

              Worm Komputer

              Worm adalah malware yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga. Artinya, jika worm sudah memasuki komputer atau jaringan komputer, maka worm dapat berpindah ke komputer lain dalam jaringan secara otomatis tanpa dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di jaringan tersebut.

              Lalu, untuk apa seseorang membuat virus apabila bisa membuat worm? Worm hanya bisa menyerang komputer ketika ia menemukan celah keamanan (vulnerability) sebuah software yang ada di komputer tersebut, misalnya : Windows Office, Adobe, Winamp, atau software populer lainnya yang sering menjadi sasaran. Worm tidak dapat menyerang dan menginfeksi komputer yang tidak memiliki celah keamanan atau apabila celah tersebut sudah diperbaiki, sehingga diperlukan virus untuk menyerang komputer tersebut.

              Spyware Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korban. Awalnya, spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

              Trojan

              Mengambil istilah Trojan Horse atau Kuda Troya,Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.

              Nah, itulah pengertian dan perbedaan malware, virus, worm, spyware dan Trojan. Dengan mengetahui perbedaan ini, tentunya kamu bisa lebih waspada dan mengetahui cara menghindari serta mengatasi serangan dari masing-masing malware. Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah memastikan komputer kamu memiliki sistem keamanan, yaitu dengan menginstall software Antivirus di komputer kamu.

              Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

              Avast! Free Antivirus 11.2.2262
              Apps Antivirus & Security Avast Software
              DOWNLOAD
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal