J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Sisi Gelap Android yang Tidak Kita Ketahui, Ada Skandal Seks Petinggi Google?

Selasa, 15 Okt 2019, 14:00 WIB
Memiliki nama besar yang sudah dikenal di berbagai belahan dunia, berikut beberapa sisi gelap Android yang jarang diketahui banyak orang.

Menjadi salah satu sistem operasi HP yang paling banyak digunakan di dunia, Android terbilang sukses dalam membangun bisnisnya di bidang teknologi.

Bahkan, pada November 2013 lalu Android sempat mendominasi pasar OS global dan kemungkinan besar akan terus berlanjut hingga sekarang. Mengingat jumlah perangkat Android semakin banyak setiap tahunnya.

Namun, di balik kesuksesan yang terlihat di permukaan, ternyata Android juga menyimpan sisi gelap yang jarang diketahui oleh banyak orang lho.

Daripada penasaran, mending langsung saja simak artikel Jaka selengkapnya berikut ini.

Sisi Gelap Android yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Melihat nama besar Android rasanya sulit dipercaya kalau ternyata perusahaan teknologi sebesar ini menyimpan banyak sisi gelap di dalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa sisi gelap Android yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Pencipta Android Hengkang dari Google

Andy Rubin Hengkang 79b30

Buat kamu yang pernah membaca artikel mengenai asal-usul robot hijau Android pasti sudah tahu kalau pencipta OS ini bukanlah Google melainkan tiga serangkai Andy Rubin, Rich Miner, dan Nick Sears.

Sayangnya, salah satu pencipta OS ini yaitu Andy Rubin memutuskan hengkang dari Google setelah dirinya berencana untuk membuat sebuah inkubator bagi startup-startup hardware.

Rubin menjadi bagian dari Google setelah perusahaan teknologi ini mengakusisi Android pada tahun 2005 silam.

Pria berkacamata yang menjadi salah satu penentu kelahiran sistem operasi Android ini resmi hengkang dari Google pada tahun 2014 lalu.

2. Produk Gagal

Nexus 1f99f

Jauh sebelum HP Pixel beredar di pasar gadget dunia dan banyak diminati hingga saat ini, Google juga pernah lho memperkenalkan HP Nexus ke publik.

Generasi pertama Nexus sendiri keluar pada tahun 2010 dengan nama Nexus One dengan menggaet Android sebagai sistem operasi yang digunakannya.

Selain itu, dalam proses produksinya Google telah bekerja sama dengan beberapa pabrikan HP Android seperti HTC, Samsung, LG, sampai Huawei.

Sayangnya, Nexus nggak mampu bertahan lama untuk bersaing dengan para vendor smartphone lainnya sehingga pada tahun 2016 silam produksi HP Nexus berakhir.

Dari situlah akhirnya perangkat Google Pixel hadir dan disebut-sebut sebagai pengganti dari Nexus.

3. Pernah Dituntut Oracle

Kasus Hak Cipta Fa039

Kisruh antara dua perusahaan teknologi raksasa yaitu Google dan Oracle rupanya pernah terjadi pada tahun 2018 lalu.

Kala itu Google dituntut oleh perusahaan perangkat lunak, Oracle, atas tuduhan pelanggaran hak cipta penggunaan Java API pada Dalvik yang menjadi bagian dari sistem operasi Android.

Kasus tersebut bermula ketka Google ingin membuat platform OS Android agar kompatibel dengan aplikasi yang tengah mereka kembangkan.

Bukannya membeli lisensi platform Java dari Sun Microsystem yang saat itu telah diakusisi oleh Oracle, Google justru memilih mengembangkan versi mereka sendiri yang memiliki kemiripan dengan bahasa pemrograman Java yang dijuluki Dalvik.

Setelah sengketa hukum tersebut telah berlangsung selama sekitar 8 tahun, Google akhirnya dinyatakan bersalah atas kasus tersebut.

4. Banyak Bug

Bug 97459

Bukan suatu hal aneh jika bug menjadi salah satu masalah yang paling dibenci oleh setiap pengguna smartphone.

Pasalnya bug semacam ini dapat menyebabkan bukan hanya masalah tapi juga kerugian bagi penggunanya.

Android sendiri menjadi salah satu sistem operasi yang dikenal memiliki banyak bug di dalamnya, tak terkecuali pada OS terbarunya yaitu Android 10.

Sejak dirilis pada 3 September lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan adanya sejumlah bug yang mereka temukan di OS Android 10 tersebut.

Mulai dari keluhan mengenai baterai yang menjadi sangat boros, Google Play Store yang nggak bisa dibuka, hingga matinya sejumlah sensor pada HP.

Hal ini tentunya menjadi PR tersendiri bagi Google dan Android agar bisa menyediakan sistem operasi yang lebih baik lagi dan minim bug.

5. Skandal Seks Pencipta Android

Skandal Andy Rubin 4ed22

Di balik pengunduran diri Andy Rubin dari Google pada tahun 2014 silam, ternyata ada kisah asmara terlarang yang terjadi antara Rubin dengan seorang bawahannya yang kala itu ramai dibicarakan publik.

Hubungan di luar pernikahan tersebut muncul ke permukaan setelah sang wanita melaporkan keluhan soal hubungannya dengan Rubin ke bagian HRD di Google.

Pihak Google sendiri sebenarnya nggak pernah melarang sesama pegawai untuk menjalin hubungan asmara, namun mereka tetap mengingatkan agar jangan sampai ada konflik atas kepentingan pribadi.

Sampai kasus ini terjadi, nggak diketahui secara pasti apakah Google menjatuhkan sanksi untuk Rubin.

Namun, setelah kasus itu terjadi Rubin langsung memutuskan untuk hengkang dan pihak Google memberikannya pesangon sebesar USD 90 juta serta saham senilai USD 150 juta.

6. Dinilai Merugikan Developer

Merugikan Developer 746b8

Meskipun sudah menyambangi perangkat Android sejak lama, tapi game battle royale 'Fortnite' nggak tersedia di Google Play Store layaknya game Android lain seperti PUBG.

Bukan tanpa alasan, Epic Games selaku pengembang game Fortnite harus mengambil langkah ini dikarenakan Google dinilai mengambil potongan penjualan yang nggak proporsional di Play Store.

Epic Games nggak setuju dengan pembagian keuntungan yang diatur oleh Google, di mana pihak pengembang mendapat 70% keuntungan sementara Google 30%.

Pembagian keuntungan tersebut sebenarnya serupa dengan yang diterapkan Apple pada App Store, toko aplikasi di mana Epic Games mendistribusikan Fortnite ke perangkat iPhone dan iPad.

Hanya saja Apple dinilai memiliki kontrol yang lebih ketat terhadap aplikasi apa yang bisa didownload ke perangkat iOS sehingga dapat mencegah timbulnya risiko keamanan.

7. Lebih Mudah Disusupi Virus

Virus 71269

Mengusung model open source, Android dinilai sebagai sistem operasi yang lebih mudah disusupi virus jika dibandingkan dengan iOS.

Memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memodifikasi perangkat Android mereka, nyatanya hal inilah yang justru memicu masuknya virus-virus berbahaya tersebut.

Sementara itu, iOS adalah sistem operasi closed source sehingga para penggunanya nggak diberikan kebebasan untuk mengubah perangkat sesuai dengan keinginannya.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa sisi gelap Android yang sudah Jaka kumpulkan khusus buat kamu, geng.

Di balik kesuksesan yang kini diraihnya, ternyata ada banyak sisi gelap Android yang jarang diketahui publik.

Baca juga artikel seputar Sistem Operasi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

Perbedaan Android Dan Ios 1552d

5 Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS | Android Lebih Unggul?

E6d71ac2346527abdf92a0695e820ba3

WASPADA! 5 Sistem Operasi Ini Paling Rentan Terkena Serangan Hacker

Tanda Password Terlalu Lemah 275a6

Buruan Ganti! Inilah 7 Tanda Password yang Kamu Gunakan Terlalu Lemah

Alasan Harus Menggunakan Fitur Dark Mode 753d5

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Fitur Dark Mode di HP | Bisa Mencegah Insomnia?

Fitur Kamera Wajib Smartphone Banner 9b3d5

Ini 7 Fitur Kamera yang Wajib Dimiliki oleh Smartphone, Gak Butuh 3 Lensa!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Pencapaian Android Terhebat Hingga Saat Ini | Jadi Sistem Operasi No.1?

7 Pencapaian Android Terhebat Hingga Saat Ini | Jadi Sistem Operasi No.1?

Stock Android Vs Android One Vs Android Go: OS Murni Mana yang Terbaik?

Stock Android Vs Android One Vs Android Go: OS Murni Mana yang Terbaik?

Inilah Teori-Teori Penamaan Android Setelah Android Z, Android Bakal Dipensiunkan?

Inilah Teori-Teori Penamaan Android Setelah Android Z, Android Bakal Dipensiunkan?

16 Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru & Terlengkap 2019

16 Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru & Terlengkap 2019

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal