J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Alasan Kenapa eSports Layak Dijadikan Ekstrakurikuler | Lebih Produktif!

              7 Alasan Kenapa eSports Layak Dijadikan Ekstrakurikuler | Lebih Produktif!

              00
              Selasa, 3 Sep 2019, 16:45 WIB
              Heboh diberitakan akan dimasukkan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, berikut adalah beberapa alasan kenapa eSports memang layak dijadikan ekstrakurikuler.

              Jika sebagian orang menganggap eSports hanya memiliki dampak negatif saja, maka belum lama ini Kemenpora justru berencana untuk menjadikan eSports sebagai bagian dari kurikulum di sekolah lho, geng.

              Perkembangan eSports yang semakin pesat dari waktu ke waktu dan tingginya minat anak zaman sekarang terhadap jenis olahraga ini, tentunya berita ini menjadi angin segar bagi mereka.

              Namun, menanggapi wacana tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) justru memandang eSports hanya layak masuk ke dalam ekstrakurikuler siswa saja, geng.

              Alasan eSports Layak Dijadikan Ekstrakurikuler

              Hingga saat ini, program ekstrakurikuler eSports sendiri baru diterapkan di beberapa sekolah saja di Indonesia.

              Lalu, sebenarnya apa saja, sih, alasan-alasan yang membuat eSports layak dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel selengkapnya berikut ini.

              1. Melatih Bakat Non-Akademik Siswa

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 7 877cb

              Jika kurikulum pelajaran di sekolah berfungsi untuk menggali minat dan bakat siswa dalam hal akademik, maka kegiatan ekstrakurikuler idealnya befungsi untuk melatih bakat non-akademik siswa.

              Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa eSports layak untuk dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, geng.

              Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler eSports ini, maka bakat non-akademik siswa akan lebih terasah namun tetap dalam jalur yang benar sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar.

              2. Minat Siswa Terhadap Gaming Jadi Lebih Terarah

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 1 54e28

              Meskipun eSports kini telah menjadi salah satu profesi yang menjajikan, tapi tak bisa dipungkiri kalau eSport juga menyimpan sejumlah dampak negatif, geng.

              Oleh karena itulah dalam hal ini eSport layak dijadikan kegiatan ekstarkurikuler untuk membuat minat siswa terhadap gaming jadi bisa lebih terarah.

              Dengan dibuatnya kegiatan esktrakurikuler eSports di sekolah, maka dalam pelaksanaannya akan ada pengawasan dan pelatihan sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang mungkin ditimbulkan, geng.

              3. Memungkinkan Siswa Untuk Melatih Kerja Sama

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 8 44bef

              Tak dapat dipungkiri kalau kerja sama menjadi salah satu soft skill yang paling dibutuhkan dalam bidang pekerjaan apapun.

              Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk bisa melatih kemampuan tersebut sedini mungkin bahkan dari bangku sekolah, geng.

              Dari berbagai macam aktivitas yang ada, bermain game adalah salah satunya yang memungkinkan seseorang untuk melatih kemampuan tersebut.

              Nah, dengan dijadikannya eSports sebagai ekstrakurikuler di sekolah, maka skill kerja sama siswa juga akan ikut terlatih lewat game-game yang dimainkan.

              Terlebih, kegiatan ekstrakurikuler eSports di sekolah tentunya akan selalu diawasi sehingga jadi lebih terarah.

              Alasan Lainnya. . .

              4. Menjadi Fasilitas Bagi Siswa yang Ingin Terjun ke Dunia eSports

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 2 071c6

              Seperti yang sudah Jaka katakan sebelumnya, saat ini eSport menjadi salah satu profesi yang paling menjanjikan, geng.

              Meskipun terlihat sepele karena hanya bermain game saja, tapi eSports memungkinkan atletnya untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang sangat fantastis, lho.

              Dengan keuntungan yang sangat menggiurkan tersebut, maka nggak mengherankan jika saat ini eSport banyak diminati oleh anak-anak zaman sekarang.

              Karenanya, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler eSports di sekolah maka hal ini bisa menjadi fasilitas sekaligus menyiapkan skill siswa yang ingin terjun ke dunia eSports, geng.

              5. Mencetak Generasi Muda yang Bisa Mengharumkan Nama Indonesia

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 5 22571

              Bukan cuma bulu tangkis saja, saat ini banyak juga lho tim eSports asal Indonesia yang mampu berlomba di kancah Internasional dan mengharumkan nama tanah air, geng.

              Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler eSports di sekolah bisa dimanfaatkan untuk mencetak generasi muda lainnya untuk bisa mengharumkan nama Indonesia.

              Dengan begitu, maka sekolah bukan hanya menghasilkan siswa siswi berprestasi dalam hal akademik saja, tapi juga generasi muda yang bisa mengharumkan nama bangsa lewat olahraga eSports, geng.

              Selain itu, olahraga eSports juga bisa diikuti oleh siapa saja sekalipun orang tersebut memiliki keterbatasan fisik, sehingga cita-cita mereka untuk bisa mengharumkan nama bangsa bisa terwujud.

              6. Memperkenalkan Siswa Terhadap Jenis Olahraga Baru

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 4 65d24

              Saat ini, aktivitas gaming masih dianggap sebagai kegiatan nggak bermanfaat oleh sebagian orang, terutama para orang tua.

              Padahal kenyataannya ada banyak sekali prestasi anak muda Indonesia yang diraih lewat aktivitas ini lho, geng.

              Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler eSports juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk memperkenalkan dan mempromosikan siswa terhadap jenis olahraga baru ini.

              Terlebih, saat ini eSport juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dilegalkan dan turnamen eSports sudah banyak digelar di seluruh dunia.

              7. Melatih Siswa yang Pasif Menjadi Aktif

              Alasan Esports Layak Jadi Ekstrakurikuler 6 3a3f5

              Alasan terakhir kenapa eSports layak dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah karena olahraga ini mampu melatih siswa yang sebelumnya pasif menjadi aktif, geng.

              Hal itu dikarenakan, dalam game pemain diharuskan aktif seperti membangun strategi, kerja sama tim, dan lainnya untuk bisa memenangkan permainan.

              Akhir Kata

              Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa eSports layak dijadikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah versi Jaka, geng.

              Kalau menurut kamu, kira-kira layak nggak, sih, kalau eSports jadi bagian dari kegiatan ekstrakurikuler, geng?

              Baca juga artikel seputar eSports atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal