J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

Rabu, 28 Agt 2019, 20:00 WIB
Meskipun baru bisa dinikmati oleh beberapa negara saja, tapi perusahaan teknologi berikut ini tetap berusaha mengembangkan jaringan 5G lho!

Seperti yang kita ketahui, teknologi 5G belakangan ini sangat ramai dibicarakan oleh publik bukan cuma di Indonesia tapi juga luar negeri.

Dengan segala keunggulan yang coba ditawarkan, memang nggak mengherankan jika teknologi 5G mampu merebut perhatian publik, geng.

Bahkan, beberapa perusahaan teknologi juga tengah berusaha untuk mengembangkan teknologi 5G lebih jauh agar bisa merata digunakan di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Kamu mau tahu perusahaan teknologi apa saja yang sedang berusaha mengembangkan teknologi 5G ini? Yuk, simak artikel Jaka selengkapnya berikut ini.

Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan Teknologi 5G

Meskipun saat ini teknologi 5G baru bisa dinikmati oleh beberapa negara Eropa saja, tapi hal itu nggak membuat beberapa perusahaan teknologi berhenti untuk mengembangkan jaringan internet ini, geng.

Berikut adalah beberapa perusahaan teknologi yang diketahui tengah mengembangkan jaringan 5G.

1. Huawei

Huawei Custom Fd10c

Menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa asal China, Huawei selalu menjadi yang terdepan dalam urusan teknologi, geng.

Meskipun beberapa bulan belakangan sempat terjebak di antara perselisihan Tingkok dan Amerika Serikat, tapi hal itu nggak lantas menjadi penghalang Huawei untuk kembangkan teknologi 5G.

Perusahaan yang telah mengeksplorasi 5G sejak 2009 silam itu telah mengembangkan teknologi 5G dalam beberapa cakupan seperti jaringan internet, 5G CPR, HP 5G, dan chipset.

Hal itu terbukti saat gelaran acara Mobile Word Congress (MWC) 2019 pada Februari lalu di Barcelona, di mana saat itu Huawei akhirnya memperkenalkan Huawei Mate X, HP layar lipat dengan teknologi 5G berkecepatan 4.6GBps.

Bahkan, kabarnya untuk pengembangan teknologi 5G ini Huawei telah kucurkan dana hingga 2 miliar dolar AS lho, geng.

Yang mengejutkan, di saat penyebaran 5G masih belum merata, belakangan ini santer beredar kabar bahwa Huawei juga rupanya tengah kembangkan teknologi 6G.

2. Oppo

Oppo Custom 310ab

Nggak mau kalah dengan Huawei, vendor smartphone Oppo juga rupanya sudah siap kembangkan teknologi jaringan 5G dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson lho, geng.

Kesepakatan antara produsen smartphone asal China dan Ericsson sendiri meliputi hak paten dan sejumlah proyek bisnis antara keduanya.

Menurut kepala divisi hak kekayaan intelektual Oppo, bahwa kesepakatan tersebut menjadi dasar yang kuat untuk kerjasama di masa mendatang antar kedua perusahaan pada era jaringan 5G.

Pengembangan jaringan 5G yang dilakukan oleh Oppo sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menghadrikan produk dan pengalaman terbaik bagi konsumen secara global.

3. Ericsson

Ericsson Custom 6c381

Sebagai salah satu perusahan telekomunikasi terbesar, Ericsson mengungkapkan bahwa perusahaannya akan mengaktifkan teknologi 5G secara global tahun 2019 ini.

Ericsson menyiapkan teknologi "Spectrum Sharing" untuk membantu para penyedia layanan operator mengembangkan jaringan dan menyebarkan 5G secara bertahap.

Untuk memastikan evolusi menuju 5G yang mulus, Ericsson bekerja sama dengan 18 operator di seluruh dunia seperti Verizon, Sprint, AT&T, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri Ericsson kabarnya bekerjasama dengan beberapa penyedia layanan operator seperti Telkomsel untuk menghadirkan jaringan 5G.

4. ZTE

Zte Custom C4a8e

Perusahaan lain yang juga tengah bersiap untuk mengembangkan jaringan 5G adalah ZTE, geng.

Vendor penyedia jaringan asal China ini kabarnya telah bekerjasama denga 60 operator seluler secara global untuk mengembangkan jaringan 5G agar lebih merata.

ZTE sendiri kabarnya mengembangkan teknologi 5G lewat berbagai bentuk seperti smartphone, routers, mobile hotspot, dan data terminal.

Saat ini, ZTE bersaing dengan rival domestiknya yaitu Huawei, serta vendor internasional lainnya termasuk Nokia dan Ericsson untuk menghadirkan jaringan 5G.

Meskipun begitu, tapi ZTE yakin bahwa teknologi 5G miliknya tersebut lebih unggul dari Ericsson dan Nokia berkat penggunaan teknologi Massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output).

5. Samsung

Samsung Custom Ada2d

Nggak mau kalah dengan perusahaan teknologi lainnya, Samsung juga rupanya telah ikut meramaikan pengembangan jaringan 5G bahkan sejak tahun 2013 lalu lho, geng.

Saat itu, Samsung kabarnya tengah mengembangkan jaringan 5G yang akan dihadirkan kepada konsumen pada tahun 2020 mendatang.

Tapi kenyataannya, belum juga memasuki awal tahun 2020, kini Samsung sudah memiliki beberapa produk HP yang dilengkapi dengan dukungan teknologi 5G, geng.

Beberapa HP Samsung tersebut adalah Samsung Galaxy S10 5G dan Samsung Galaxy Note 10 5G yang belum lama ini diluncurkan.

Serupa dengan Huawei, Samsung juga kabarnya melangkah satu langkah lebih maju dengan mulai menyiapkan generasi berikutnya yaitu 6G, geng.

6. Nokia

Nokia Custom 5ef9d

Sempat kalah pada persaingan smartphone di dunia, Nokia rupanya mendapatkan momentum di pasar komunikasi selular dengan mengembangkan peralatan dan perangkat lunak 5G.

Dengan usaha yang tengah dilakukannya ini, Nokia seolah sedang mencoba mendapatkan kembali kepemimpinan teknologi dengan menghadirkan 5G ke publik.

Nokia sendiri mulai mengembangkan teknologi 5G sejak beberapa tahun lalu, di mana pada tahun 2018 lalu Nokia sempat memamerkan beberapa aplikasi teknologi 5G dalam acara Nokia Innovation Day di Jakarta.

Aplikasi tersebut dirancang untuk memadukan keahlian unggul dengan potensi pasar di tengah pembangunan infrastruktur komunikasi di Indonesia.

Dengan teknologi tersebut, Nokia mengklaim bahwa perusahaannya merupakan partner ideal untuk para penyedia layanan operator di Indonesia bekerja sama, geng.

7. Qualcomm

Qualcomm Custom 1754c

Menjadi salah satu perusahaan chipset terbesar di dunia, nggak mengherankan jika Qualcomm juga menjadi perusahaan selanjutnya yang mengembangkan teknologi 5G, geng.

Ada beberapa produk Qualcomm yang sudah dilengkapi dengan dukungan 5G, salah satunya adalah prosesor Snapdragon 855 yang menawarkan performa mumpuni.

Dengan menghadirkan inovasi teknologi 5G yang terintegrasi ke dalam platform mobile seperti prosesor, langkah ini diyakini Qualcomm mampu mempercepat adopsi 5G secara global, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa perusahaan teknologi yang ikut mengembangkan teknologi 5G saat ini, geng.

Dengan banyaknya perusahaan teknologi yang mengembangkan jaringan terbaru ini, diharapkan nantinya 5G bisa hadir secara merata di berbagai negara dan wilayah.

Baca juga artikel seputar Teknologi 5G atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Iphone Mendukung Jaringan 5g Banner 02e1e

Benarkah iPhone Sudah Mendukung Jaringan 5G Dari Dulu? Ini Fakta yang Sebenarnya!

Kamu Belum Butuh Teknologi 5g Worldwide Banner A98de

Yakin Beli HP 5G? Ini 5 Alasan Kamu Belum Butuh Teknologi 5G di Indonesia!

Negara Ini Melarang Teknologi 5g Banner A5699

7 Negara yang Menolak Teknologi 5G, Diduga Karena Disusupi Mata-Mata China?

Teknologi Berubah Karena 5g 6ef4e

5 Teknologi yang Akan Berubah Total Karena 5G, Bisa Main PUBG PC di HP Kentang?

Manfaat 5g Banner 6e0e7

Sebenarnya, Apa Sih Manfaat 5G untuk Kehidupan Kita?

Hp 5g Pertama Banner 59316

12 Handphone 5G di Tahun 2019, Siapa yang Lebih Dulu?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

4 Kontroversi Terbesar 5G, Hanya Sebuah Gimmick!

4 Kontroversi Terbesar 5G, Hanya Sebuah Gimmick!

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi yang Tidak Kamu Sadari

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi yang Tidak Kamu Sadari

7 Negara yang Menolak Teknologi 5G, Diduga Karena Disusupi Mata-Mata China?

7 Negara yang Menolak Teknologi 5G, Diduga Karena Disusupi Mata-Mata China?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal