7 Bukti Nyata Facebook Dan Google Kumpulkan Data Pribadi Pengguna!

Default

Isu mengenai beberapa perusahaan teknologi yang secara diam-diam mengumpulkan data pribadi pengguna sepertinya sudah sering sekali terjadi belakangan ini.

Hal yang mengejutkan adalah, ternyata perusahaan-perusahan tersebut merupakan perusahaan terkenal yang produk-produknya banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia lho, geng.

Sebut saja Google yang saat ini telah mengembangkan banyak sekali aplikasi smartphone, lalu Facebook yang sudah memiliki lebih dari 2 miliar jumlah pengguna yang membuatnya menempati urutan pertama media sosial paling populer di dunia.

Hal ini tentunya membuat sebagian besar orang yang menggunakan aplikasi besutan Google ataupun layanan Facebook menjadi khawatir akan kemanan data pribadi mereka.

Bukti Nyata Facebook dan Google Mengumpulkan Data Pengguna

Sebagai perusahaan raksasa yang idealnya memiliki pengamanan ekstra untuk keamanan data pribadi penggunanya, tentunya membuat sebagian orang nggak percaya mengenai isu ini.

Padahal, ada lho beberapa bukti nyata kalau isu mengenai Facebook dan Google yang mengumpulkan data pribadi pengguna adalah benar adanya, geng.

Nggak percaya? Simak aja beberapa buktinya berikut ini.

1. Facebook Pantau Aktivitas Pengguna Lewat Facebook Pixel

Facebook Pixel Fa3c2

Masih ingatkah kamu dengan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Facebook bernama Facebook Pixel?

Sebagian orang meyakini bahwa Facebook dapat memantau aktivitas penggunanya menggunakan bantuan fitur Facebook Pixel ini, geng.

Facebook Pixel sendiri merupakan kode script yang berfungsi untuk merekam aktivitas pengunjung pada suatu website.

Dari pelacakan tersebut nantinya akan terkumpul data yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk beriklan.

Artinya, ketika kamu mengunjungi website yang menggunakan fitur Facebook Pixel ini maka segala data dan aktivitas yang kamu lakukan akan secara otomatis terekam, geng.

2. Fitur Enkripsi Facebook Messenger Dimatikan Secara Default

Facebook Messenger 663ca

Berbeda dengan fitur enkripsi pada aplikasi chatting WhatsApp yang sudah aktif secara default, maka hal ini nggak berlaku buat produk chatting milik Facebook yaitu Facebook Messenger, geng.

Meskipun sudah memiliki fitur enskripsi yang bisa melindungi isi percakapan para penggunanya, namun Facebook Messenger hanya menjadikan hal ini sebagai opsi.

Itu artinya, jika pengguna lupa untuk mengaktifkan atau bahkan nggak tahu mengenai keberadaan fitur ini maka Facebook akan tetap bisa mengikuti percakapan kamu di Facebook Messenger.

3. Mengikuti Aktivitas di Aplikasi Lain

Login Dengan Akun Facebook 1ae36

Login menggunakan akun Facebook menjadi opsi yang banyak dipilih seseorang ketika mereka nggak ingin direpotkan dengan mendaftar akun baru terlebih dahulu.

Meskipun menawarkan kepraktisan bagi penggunanya, tapi ternyata hal ini juga dianggap sebagai celah untuk Facebook bisa mengumpulkan data kamu lho, geng.

Terlebih jika aplikasi tersebut meminta kamu untuk menyetujui berbagi data, maka Facebook akan bisa mengumpulkan data tentangmu.

4. Mengumpulkan Data Lewat Profil Facebook

Profil Facebook 14264

Ketika membuat akun Facebook, tentunya pengguna akan diminta untuk memasukkan profil pribadi seperti nama, tanggal lahir, nomor HP, hingga alamat email.

Dari situlah, kabarnya Facebook bisa mendapatkan informasi data pribadi penggunanya lho, geng.

Lebih lanjut, Facebook juga akan mendapatkan informasi tambahan ketika pengguna melengkapi profil akun Facebook mereka.

5. Google Calendar Pantau Aktivitas Pengguna

Google Calendar B7500

Menjadi salah satu aplikasi unggulan besutan Google, Google Calendar menawarkan beragam fitur bermanfaat yang bisa memudahkan penggunanya.

Bagaimana tidak, aplikasi ini akan terintegrasi langsung dengan akun Gmail kamu sehingga semua jadwal yang terdapat pada email akan secara otomatis masuk ke dalam aplikasi ini.

Namun, di balik kelebihannya tersebut, Google Calendar kabarnya memanfaatkan hal itu untuk mengetahui kegiatan harian kamu, kemana kamu pergi, hingga kegiatan apa saja yang suka kamu lakukan.

Bahkan, beberapa hacker mulai menggunakan Google Calendar untuk mencuri uang! Serem banget, kan!

6. Fitur Location History Pada Google Maps Tetap Aktif

Location History Fc7bc

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, aplikasi Google Maps tentunya sangat memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya.

Namun, di balik segudang fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi ini, ada beberapa bahaya Google Maps yang bisa mengancam keamanan data pribadi kamu lho, geng.

Sebut saja fitur location history yang akan selalu aktif meskipun fitur ini sudah dinonaktifkan oleh penggunanya.

Dengan begitu, maka Google akan terus merekam lokasi penggunanya kapan pun dan di mana pun tanpa henti.

Mengenai hal ini Google bahkan digugat oleh seorang pengguna yang mewakili seluruh pengguna layanan mobile Google karena dianggap telah melanggar batas privasi.

7. Google Kumpulkan Data Pengguna Lewat Google Drive

Google Drive 08b1c

Menjadi salah satu aplikasi Google yang menawarkan manfaat besar bagi penggunanya, nggak heran jika aplikasi ini banyak diminati oleh banyak orang.

Menjadi aplikasi yang mampu menyimpan data atau file pribadi penggunanya, Google Drive justru kabarnya bisa mengumpulkan semua data pribadi yang tersimpan di akun Google Drive kamu lho.

Terlebih di saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, pastinya ada beberapa izin yang telah kamu setujui untuk Google bisa mengakses hal-hal tertentu.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa bukti kalau Google dan Facebook bisa mengumpulkan data pribadi para penggunanya, geng.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih berhati-hati lagi ketika akan memasukkan data pribadi yang diminta oleh sebuah situs yang kurang terpercaya.

Baca juga artikel seputar Facebook dan Google atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Fitur Di Hp Yang Sudah Gak Laku 8c85b
Udah Gak Zaman! Inilah 5 Fitur di HP yang Mulai Ditinggalkan Penggunanya
Hapus Akun Facebook C7cb7
Pendiri Apple Minta Semua Orang untuk Hapus Akun Facebook, Ada Apa Ya?
7 Fakta Mencengangkan Libra, Mata Uang Digital Facebook!
Game Facebook Jadul Banner 7e08c
7 Game Facebook Jadul yang Bikin Kangen, No. 6 Bikin Kecanduan!
Fitur Baru Facebook Bikin Makin Gampang Cari Jodoh | Tinder Kalah Saing?
Aplikasi Rahasia Google F7b38
10 Aplikasi Rahasia Google yang Jarang Orang Ketahui | No. 7 Bisa Bikin Animasi 3D!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal