J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Alasan Kenapa Blokir HP BM Sulit Dilakukan, Akal-akalan Pemerintah?

              4 Alasan Kenapa Blokir HP BM Sulit Dilakukan, Akal-akalan Pemerintah?

              00
              Rabu, 17 Jul 2019, 17:00 WIB
              Dinilai nggak masuk akal oleh sebagian orang, berikut adalah beberapa alasan kenapa blokir HP BM masih sulit dilakukan.

              Kabar mengenai regulasi terbaru pemerintah soal pemblokiran HP black market kini semakin menarik untuk dibahas.

              Hal itu dikarenakan regulasi terbaru pemerintah ini memiliki peraturan yang dianggap nggak masuk akal oleh sebagian orang, geng.

              Seperti misalnya nasib para turis yang sedang berlibur ke Indonesia apakah nantinya tetap dapat menggunakan HP mereka atau tidak.

              Lalu, kalau sampai tidak dapat digunakan, bukankah hal itu justru akan merugikan Indonesia sendiri karena para turis bisa saja tidak lagi tertarik mengunjungi Indonesia.

              Alasan Pemblokiran HP BM Sulit Dilakukan

              Telah melibatkan tiga kementerian sekaligus, pemblokiran HP BM sepertinya masih terasa sulit untuk dilakukan dan bahkan dianggap nggak masuk akal oleh sebagian orang.

              Sebenarnya apa, sih, yang menjadi alasan regulasi terbaru pemerintah soal pemblokiran HP BM ini terasa nggak masuk akal dan sulit dilakukan? Berikut adalah beberapa alasannya.

              1. Tanggal Berlaku Peraturan Masih Belum Jelas

              Tanggal Berlaku Aturan Masih Belum Jelas 5b09f

              Seperti yang kita tahu bahwa regulasi pemblokiran HP BM ini baru akan ditandatangani pada tanggal 17 Agustus mendatang.

              Meskipun tanggal pendatanganan tersebut sudah pasti, tapi mengenai kapan akan diberlakukannya peraturan ini sendiri masih belum pasti, geng.

              Hal ini diungkapkan sendiri oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, di salah satu video di channel youtuber teknologi, Wisnu Kumoro.

              Dalam video yang diupload pada 13 Juli lalu, Ferdinandus mengatakan kalau pihak Kominfo sendiri belum menentukan kapan tanggal akan diberlakukannya peraturan tersebut.

              Lebih lanjut, Ferdinandus juga mengatakan kalau bisa saja peraturan ini baru mulai diberlakukan tiga bulan atau bahkan enam bulan setelah ditandatanganinya peraturan tersebut.

              Jadi, dalam periode tersebut tidak akan ada masa pemblokiran yang diberlakukan kepada HP-HP BM, geng.

              2. HP Luar Negeri Terancam Diblokir

              Hp Luar Negeri Terancam Diblokir 3e66a

              Dengan adanya peraturan baru mengenai pemblokiran HP BM ini tentunya sangat meresahkan bagi kamu pemilik HP yang dibeli dari luar negeri.

              Bagaimana tidak, akibat regulasi pemerintah ini nantinya nasib HP-HP yang dibeli dari luar negeri terancam akan diblokir, geng.

              Terlebih dengan banyaknya jumlah turis di Indonesia, tentunya aturan ini juga akan memberikan efek yang nggak sedikit.

              Misalnya saja nasib HP para turis yang sedang berlibur di Indonesia yang tentunya akan ikut terancam dengan adanya aturan baru ini.

              Meskipun, bagi kamu yang membeli HP dari luar negeri dan memenuhi peraturan pemerintah seperti pajak, bea cukai, dan sebagainya, maka HP tersebut tidak dikategorikan sebagai HP ilegal.

              Kalau Jaka searching-searching di internet sih, kemungkinan para turis harus mendaftarkan IMEI HP-nya sebelum datang ke Indonesia dan bisa menggunakan HP-nya selama 30 hari saja.

              Masuk akal nggak, geng menurut kamu kalau begini?

              3. Masa Pemutihan yang Belum Jelas

              Masa Pemutihan Hp Bm Belum Jelas 01f5b

              Senada dengan belum jelasnya tanggal pemberlakuan regulasi baru pemerintah yang sudah Jaka jelaskan di poin pertama, masa pemutihan dari HP yang memiliki IMEI ilegal juga masih belum jelas, geng.

              Sebelumnya banyak berita beredar kalau masa pemutihan akan dilakukan dalam durasi waktu selama dua tahun, tapi kenyataannya tanggal pemberlakuan aturannya saja masih belum ditetapkan.

              Inilah juga salah satu alasan kenapa aturan baru pemerintah mengenai pemblokiran HP BM dinilai terlalu tergesa-gesa oleh sebagian orang, geng.

              4. Aturan Pemblokiran HP BM Dinilai Kurang Efektif

              Aturan Blokir Hp Bm Kurang Efektif Da51b

              Meskipun alasan dari dibuatnya aturan pemblokiran HP BM ini tentunya untuk melindungi konsumen, tapi nggak sedikit juga yang menganggap kalau aturan ini kurang efektif, geng.

              Mereka menilai kalau aturan baru pemerintah ini justru malah semakin merepotkan para pengguna HP, terutama mereka yang memiliki HP yang dibeli dari luar negeri.

              Terlebih, aturan-aturan seperti ini biasanya tetap saja disiasati oleh orang-orang nakal yang nggak ingin HP-nya diblokir.

              Contohnya saja, aturan mengenai registrasi kartu SIM menggunakan KK yang pada saat dijalankan aturannya ada saja orang yang menggunakan cara nakal agar tidak terblokir.

              Indonesia Meniru Sistem di Pakistan?

              Indonesia Berkiblat Pada Pakistan 505ec

              Beberapa pengguna internet di situs Reddit mengungkapkan kalau aturan terbaru yang dibuat oleh pemerintah mengenai pemblokiran HP BM ini dinilai meniru sistem yang diterapkan di Pakistan.

              Ternyata, hal ini juga dikonfirmasi oleh Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Hadiyana, yang mengatakan kalau Indonesia berkiblat ke Pakistan karena negara ini dinilai terbuka dalam proses pendaftaran HPnya.

              Lebih lanjut, Pakistan dipilih sebagai kiblat dari aturan ini karena alat DIRBS yang digunakan di Indonesia sama dengan yang dipakai oleh Pakistan, geng.

              Jika, nantinya semua sistem yang diberlakukan di Indonesia sangat mirip dengan Pakistan, maka kemungkinan besar Indonesia juga menerapkan aturan register menggunakan paspor bagi para turis yang berkunjung ke tanah air.

              Aturan pemblokiran HP BM di Pakistan sendiri sudah berlaku sejak tanggal 30 April lalu dan sudah memblokir sekitar 3 juta HP ilegal di negaranya lho, geng.

              Akhir Kata

              Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa aturan pemblokiran HP BM masih sulit untuk dilakukan di Indonesia dan bahkan dianggap nggak masuk akal oleh sebagian orang, geng.

              Kamu setuju nggak, sih, dengan aturan baru pemerintah tentang pemblokiran HP BM ini? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

              Baca juga artikel seputar HP Black Market atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Tags Terkait:

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal