J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Budaya Unik Jepang yang Diperkenalkan Lewat Anime, No. 3 Pasti Sering Kamu Lihat!

7 Budaya Unik Jepang yang Diperkenalkan Lewat Anime, No. 3 Pasti Sering Kamu Lihat!

Rabu, 24 Jul 2019, 10:00 WIB
Anime tak hanya seru untuk disaksikan, tapi juga memberikan pengetahuan akan kebudayaan Jepang yang khas. Apa saja kebudayaan itu? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Apakah kamu suka menyaksikan anime? Pernah merasa terpukau dengan budaya Jepang melalui anime?

Menyaksikan anime adalah salah satu hiburan yang disukai oleh banyak orang. Bukan hanya seru, berbagai serial anime juga bisa membuat kamu penasaran.

Anime juga tidak lepas dari budaya Jepang, mulai dari bahasa hingga tingkah laku karakter itu sendiri. Secara tidak langsung juga akan memberikan pengetahuan akan tradisi Jepang kepada tiap penontonnya.

Kamu pasti tidak asing lagi, bukan? Yuk, simak daftar kebudayaan Jepang yang disampaikan dari anime berikut ini!

Budaya Jepang yang Diperkenalkan Lewat Anime

Anime merupakan sebuah animasi asal Jepang yang dibuat menggunakan tangan ataupun digital. Anime awalnya ditampilkan dengan menggabungkan berbagai gambar sehingga terlihat bergerak.

Anime terbaik pertama yang menjadi tren di dunia adalah Astro Boy pada 1963, lalu diikuti dengan berbagai serial anime lainnya seperti Gundam dan Dragon Ball.

Jika kamu perhatikan, tiap serial anime pasti ada saja kebudayaan Jepang yang disisipkan dalam cerita ataupun karakternya. Tak jarang juga yang membuat budaya Jepang sebagai cerita utamanya.

Komunitas anime sudah sangat besar di dunia, begitu juga di Indonesia. Bahkan ada yang sangat mencintai anime dan menjadi seorang wibu.

Asal-usul para pecinta budaya Jepang ini dominan berasal dari Anime atau Manga. Dari sana, berbagai pengtahuan dasar akan budaya Jepang disampaikan.

Apa saja kebudayaan tersebut? Simak di bawah ini:

1. Memberi Salam

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 1 1e7af

Pertama adalah berbagai gerakan untuk memberi salam, hormat, ataupun maaf. Gerakan yang dilakukan berupa membungkuk dengan sejumlah peraturan umum.

Gerakan ini selalu ada di setiap anime, apalagi saat ada karakter terhormat yang ditampilkan. Walaupun simpel, ternyata gerakan ini cukup penting bagi budaya Jepang.

Membungkuk dalam aturan Jepang pun membutuhkan cara khusus tergantung dengan kondisi. Biasanya, seorang yang membungkuk sebanyak 15 derajat dilakukan untuk hormat informal.

Sedangkan membungkuk lebih dari 45 derajat menandakan hormat yang sangat dalam dan dilakukan sebagai tindakan penghormatan akan entitas yang suci.

2. Pakaian Tradisional

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 2 Fe7ff

Selanjutnya adalah pakaian tradisional berupa Kimono yang digunakan oleh berbagai tokoh anime sepanjang film ataupun pada situasi tertentu.

Kimono sendiri adalah budaya Jepang yang paling khas, seperti Batik di Indonesia. Pakaian ini digunakan oleh pria ataupun wanita, jenisnya pun beragam tergantung acara yang sedang dihadiri.

Salah satu anime yang memerlihatkan kimono sepanjang kisahnya adalah Samurai X. Tokoh utama anime ini menggunakan Kimono polos berwarna merah dan hakama umanori putih.

Tak berhenti di situ, ada juga alas kaki berupa Zori dan kaos kaki Tabi. Pakaian ini memang jarang digunakan pada zaman modern, kecuali dalam acara tertentu.

3. Kisah Cinta

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 3 814de

Selain drama cinta Korea, Anime juga dikenal dengan kisah percintaan yang sangat baik. Bahkan, ada beberapa sutradara anime yang terkenal dengan kisah cintanya.

Kisah cinta pada Anime juga gak itu-itu aja, geng. Ada yang dibalut dengan komedi hingga adegan sadis sekalipun. Namun, ada satu keunikan yang pasti ada pada kisah cinta Anime.

Anime biasanya memulai kisah cinta tentang dua sejoli saat mereka berada di kursi sekolah, dominannya adalah murid SMA. Mengapa demikian?

Ada yang berkata bahwa kisah cinta remaja di Jepang selalu bersemi sebelum mereka terobsesi dengan karier dan berada di masa puber. Jadi, masa SMA adalah waktu yang paling tepat.

Cara mereka menyatakan cinta pun cukup unik, yaitu dengan Kokuhaku atau 'memojokkan' gebetan ke tembok dan diikuti tangan yang menyender di sampingnya.

Kalau di Indonesia gimana, geng?

4. Table Manner dan Makanan

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 4 Ec11f

Budaya Jepang lainnya yang bisa kamu temukan adalah table manner atau tata cara makan khas warga Jepang. Tak seperti makan di warteg, Jepang memiliki kebiasaan yang baik saat makan.

Pertama adalah mengucapkan kata 'itadakimasu' atau 'terima kasih untuk makanannya' sebelum makan.

Selain itu juga ada Ramen yang merupakan mie khas Jepang. Bahkan dalam anime Naruto, Ramen jadi makanan favorit karakter protagonisnya.

Tak hanya Ramen, ada juga Sushi yang merupakan makanan khas Jepang yang mendunia. Makanan ini juga sering ditampilkan dalam Anime.

Bahkan, ada Anime yang khusus menceritakan tentang makanan seperti Shokugeki no Soma.

5. Pemandian Air Panas

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 5 3a91f

Nah, kalau yang satu ini adalah sebuah lokasi khas Jepang, yaitu Onsen atau pemandian air panas. Tempat ini seakan menjadi favorit di berbagai anime.

Biasanya, berbagai kejadian memalukan terjadi pada Onsen. Menjadikan lokasi ini sangat terkenal dan sering muncul dalam anime.

Salah satu Anime yang memberikan contoh Onsen dengan sangat ideal adalah Spirited Away. Bahkan, kamu bisa melihat betapa sulitnya bekerja di Onsen.

6. Festival

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 6 Fdc22

Festival selalu menjadi acara yang paling menarik untuk menunjukkan kebudayaan suatu daerah. Begitu juga festival di Jepang yang digambarkan melalui Anime.

Kamu dapat melihat berbagai macam festival unik mulai dari tahun baru, festival musim panas, Omizutori, dan banyak lagi. Festival ini pun sering dimanfaatkan dalam Anime untuk momen romantis.

Dalam festival, banyak budaya Jepang yang diperlihatkan. Mulai dari penggunaan pakaian tradisional hingga permainan khas Jepang seperti kingyo-sukui atau menangkap ikan Koi.

Kamu bisa menemukan festival ini di berbagai anime, seperti Koe no Katachi ataupun Your Name.

7. Yakuza

Budaya Jepang Yang Diperkenalkan Lewat Anime 7 Fe39e

Terakhir adalah tokoh Yakuza serta anak SMA berandal dalam anime yang selalu membuat masalah dengan cara berkelahi. Yakuza dalam dunia nyata dikenal sebagai geng kriminal yang berbahaya.

Kelompok ini dikenal dengan penggunaan tattoo pada tubuhnya sebagai kegiatan ritual. Bahkan, ada yang menerapkan pembuatan tattoo dengan cara irezumi atau tattoo tangan menggunakan bambu.

Kamu dapat menemukan berbagai Yakuza dalam anime, seperti pada Nisekoi atau City Hunter. Sedangkan, cerita tentang siswa berandal dapat kamu lihat dalam anime Bleach.

Akhir Kata

Itu dia kebudayaan khas Jepang yang diperkenalkan melalui Anime. Mana kebudayaan yang paling kamu ingat, geng?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT
Situs Nonton Anime Sub Indonesia Terbaru 2020 Banner E606c

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

Situs Download Anime Sub Indo Terbaik Dc716

20 Situs Download Anime Sub Indo Gratis & Kualitas HD

Anime Terbaik Sepanjang Masa Banner 0ecef

10 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!

Anime Terbaik 2018 Banner 17a4c

21 Anime Terbaik 2018 dari Berbagai Season, 100% Fresh!

Anime Action Terbaik Banner 63330

20 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Epic Abis!

Anime Live Action Bannerxx 7a071

10 Anime Live Action Terbaik untuk Isi Tontonan dihari Liburmu!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal