J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Situs Cek IMEI Kemenperin Down Terus, Pemerintah Tak Serius Blokir HP BM?

Situs Cek IMEI Kemenperin Down Terus, Pemerintah Tak Serius Blokir HP BM?

Selasa, 9 Jul 2019, 16:30 WIB
Kabar mengenai Kemenperin yang akan memblokir HP Black Market atau ilegal kerap terdengar. Namun, website Kemenperin untuk cek IMEI malah tidak dapat diakses

Beberapa minggu yang lalu, kabar mengenai pemblokiran HP-HP black market oleh pemerintah semakin santer terdengar. Isunya sih, kebijakan ini akan mulai dijalankan pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Pemblokiran HP ilegal black market akan dilakukan oleh pemerintah dengan menggunakan sistem milik Qualcomm yang bernama Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS).

DIRBS memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mendaftarkan, dan mengontrol akses jaringan seluler melalui nomor IMEI ponsel.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah menyiapkan halaman di website resminya (http://www.kemenperin.go.id/imei/) untuk para pengguna HP yang ingin mengecek apakah IMEI yang dimiliki terdaftar sebagai HP dengan IMEI resmi.

Seriuskah Pemerintah dengan Regulasi Pemblokiran HP Black Market?

Jaka sudah pernah membahas secara lengkap mengenai apa itu IMEI beserta cara untuk mengecek IMEI HP kalian. Namun, supaya kamu lebih memahami konteks ini, Jaka akan sedikit membahas mengenai IMEI dan DIRBS.

Setiap HP pasti memiliki nomor IMEI. Nomor IMEI berisi kode 16 digit yang bersifat sebagai identitas sebuah HP. Nah, nomor IMEI HP-HP yang resmi masuk ke Indonesia akan didaftarkan ke Kemenperin.

Melalui layanan cek IMEI yang dibuat oleh Kemenperin, kamu dapat mengecek apabila IMEI HP kamu sudah terdaftar di Kemenperin. Kalau IMEI HP kamu tidak terdaftar, berarti HP kamu masuk secara ilegal alias black market.

Sistem DIRBS akan memblokir HP ilegal yang kamu miliki dengan cara membuat HP kamu tidak bisa menggunakan jaringan selular milik Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, dll.

Masalahnya, saat ini halaman website yang dibuat Kemeperin hingga saat ini masih belum bisa diakses. Padahal, regulasi ini akan berjalan pada sebulan mendatang.

Udah seperti orang pacaran ya, geng? Lagi sayang-sayangnya, eh malah ditinggalin. Hehehe...

Pada halaman situs cek IMEI milik Kemenperin tertulis "Agar kami dapat memberi pelayanan yang terbaik untuk anda, saat ini kami sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI."

Banyak orang yang menjadi khawatir mengenai HP yang mereka miliki. Bagaimana cara mereka tahu apabila HP yang mereka gunakan adalah legal atau ilegal?

Berdasarkan keterangan Kepala Biro Humas Kementerian Perindustrian, Setya Utama, saat ini situs Kemenperin sedang mengalami perbaikan sistem secara besar-besaran.

Sepertinya, sih, sebentar lagi Kemenperin akan menyediakan website khusus cek IMEI diluar website utama milik Kemenperin supaya beban traffic website lebih ringan.

By the way, kamu nggak perlu khawatir kalau kamu menggunakan HP yang dibeli di gerai resmi seperti Erafone, dan lain-lain.

Jadi, mulai dari sekarang Jaka sarankan kamu jangan membeli merek dan tipe HP yang akan diblokir ya, geng! Belilah garansi resmi!

HP dengan Geransi resmi sudah memenuhi ketentuan pajak dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30%.

Akhir Kata

Kita doakan saja, geng. Semoga perbaikan situs cek IMEI milik Kemenperin segera selesai dan kebijakan pemblokiran HP ilegal segera berjalan.

Sampai berjumpa di artikel Jaka lainnya ya, geng!

Baca juga artikel seputar HP Black Market atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa Membeli Smartphone Black Market Sangat Berbahaya

5 Tips Aman Beli Smartphone Black Market dari Batam

HP Black Market akan Diblokir Pemerintah, yang Masih Punya HP BM Mending Dibuang Aja?

10 Smartphone Android 4G Terbaik dengan Harga 1 Jutaan

3 Trik Penting Untuk Menghasilkan Foto Terbaik di HP Android Low-End

10 Aplikasi Chatting Terbaik 2020 untuk Android | Aman dan Gratis!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal