J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hati-hati! Google Calendar Bisa Mencuri Uang Kamu, Bagaimana Menghindarinya?

Hati-hati! Google Calendar Bisa Mencuri Uang Kamu, Bagaimana Menghindarinya?

Jumat, 5 Jul 2019, 21:00 WIB
Di balik fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasi Google Calendar, ternyata aplikasi ini diduga bisa mencuri uang kamu lho! Yuk, baca artikel selengkapnya berikut ini!

Apa jadinya kalau sebuah aplikasi yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi penggunanya justru disalahgunakan untuk mencuri uang? Waduh, kok serem, ya, geng.

Jika pencurian uang lewat aplikasi seperti mobile banking mungkin sudah sering terjadi, saat ini bahkan aplikasi yang nggak berkaitan dengan finansial pun punya potensi yang sama lho.

Bahkan, aplikasi sederhana seperti kalender pun bisa dijadikan sebuah medium untuk melakukan aksi kejahatan kepada korbannya.

Hal itulah yang kini sedang terjadi pada aplikasi Google Calendar, geng. Aplikasi ini diduga bisa dimanfaatkan untuk mencuri uang para penggunanya.

Tapi, kok bisa gitu, ya? Daripada penasaran, yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Google Calendar?

Google Calendar Custom Ae781

Google Calendar adalah sebuah aplikasi web pengelolaan waktu yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa populer, Google.

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada 13 April 2006 lalu dan sampai saat ini sudah didownload oleh lebih dari 18 juta orang di Play Store, geng.

Lewat fitur-fitur keren yang ditawarkannya, aplikasi Google Calendar ini seringkali menjadi andalan para penggunanya untuk menjadi penyelamat ketika harus mengatur jadwal.

Soalnya, aplikasi ini akan terintegrasi langsung dengan akun Gmail kamu sehingga semua jadwal yang terdapat pada email akan secara otomatis masuk ke dalam aplikasi ini, geng.

Dengan begitu, kamu nggak perlu repot-repot menyalin ulang jadwal yang mungkin tertera pada sebuah email ke aplikasi kalender lagi.

Aplikasi Google Calendar Bisa Mencuri Uang Kamu

Google Calendar Mencuri Uang Pengguna Custom 0d3b5

Belakangan ini aplikasi Google Calendar sangat ramai dibicarakan oleh publik dan berbagai situs berita di internet.

Bukan karena fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasinya, melainkan karena kelemahannya yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi penggunanya, geng.

Hal ini juga disampaikan oleh para ahli keamanan siber dari Kaspersky yang mana telah mendeteksi banyak kasus penipuan yang memanfaatkan aplikasi Google Calendar ini.

Bahkan, kasus penipuan ini marak terjadi di sepanjang bulan Mei lalu dengan menyalahgunakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Google Calendar.

Bagaimana Cara Oknum Mencuri Uang Pengguna Google Calendar?

Teknik Pishing Di Google Calendar Custom Fa651

Aksi penipuan tersebut dilakukan dengan teknik pishing, di mana penipu mengirim undangan acara ke kalender pengguna secara otomatis.

Kemudian, nantinya ketika undangan tersebut dibuka oleh pengguna maka akan muncul sebuah URL yang meminta pengguna untuk mengklik.

Setelah itu, link tersebut akan membawa pengguna ke sebuah situs web yang menampilkan kuesioner yang menawarkan berbagai hadiah berupa uang, geng.

Namun, untuk menerima hadiah uang tersebut pengguna diharuskan memasukkan rincian kartu kredit dan menambahkan beberapa informasi pribadi seperti nama, nomor telepon, dan alamat.

Dari situlah akhirnya para scammer menyalahgunakannya untuk mencuri uang ataupun memanfaatkan informasi data pribadi kamu, gen

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan di Google Calendar

Tentunya kamu nggak mau dong, geng, menjadi salah satu korban dari aksi pencurian di aplikasi Google Calendar ini?

Nah, buat kamu yang mempunyai aplikasi Google Calendar di HP dan ingin terhindar dari kasus penipuan ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba, geng.

1. Matikan Fitur Penambahan Undangan Otomatis

Matikan Fitur Penambahan Undangan Otomatis Google Calendar Custom Bb583

Tips pertama agar kamu terhindar dari serangan pencurian lewat aplikasi Google Calendar ini adalah dengan mematikan fitur penambahan undangan otomatis, geng.

Soalnya, dengan mematikan fitur ini nantinya kamu akan terhindar dari berbagai macam undangan dari orang yang nggak kamu kenal yang berpotensi disusupi link pishing.

Untuk mematikan fitur ini caranya kamu klik ikon roda pengaturan lalu pilih opsi pengaturan acara.

Setelah itu pada opsi 'automatically add invitations', klik menu dropdown dan pilih 'No, only show invitations to which I've responded'.

2. Jangan Pernah Sembarang Memasukkan Data Pribadi

Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Uang Di Google Calendar 18669

Mungkin kamu sering menemukan di mana ketika sedang asyik berinternet, lalu tiba-tiba muncul halaman form yang meminta kamu untuk mengisinya dengan data pribadi.

Perlu kamu ingat, kalau jangan pernah sesekali memasukkan informasi data pribadi di situs web yang tidak terpercaya, geng.

Apalagi kalau situs tersebut tiba-tiba memberikan kamu hadiah tanpa usaha apapun yang harus kamu lakukan, karena kemungkinan besar itu merupakan modus pencurian uang.

3. Pakai Antivirus

Pakai Antivirus Agar Terhindar Dari Pencurian Di Google Calendar Db2e8

Saat ini ada banyak sekali aplikasi antivirus dengan berbagai solusi keamanan yang ditawarkan, geng.

Untuk membuat aktivitas internet semakin lancar tanpa adanya gangguan dari penyusup-penyusup yang mencoba mencuri suatu hal dari kamu, sebaiknya gunakan antivirus yang terpercaya.

Dengan begitu maka setidaknya kamu memiliki perlindungan lebih dari banyaknya bahaya dunia maya yang mungkin saja menyerang.

Akhir Kata

Itulah tadi informasi mengenai aplikasi Google Calendar yang bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk mencuri uang ataupun informasi data pribadi penggunanya, geng.

Buat kamu pengguna aplikasi Google Calendar harus tetap waspada, ya! Karena seiring dengan canggihnya fitur-fitur pada sebuah aplikasi, maka semakin canggih pula jenis kejahatan yang bisa dilakukan, geng.

Baca juga artikel seputar Android & iOS menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Fitur Rahasia Fingerprint 4f5a1

7 Fitur Rahasia Fingerprint Scanner | No. 6 Bisa Menyembunyikan Foto Mantan!

Karakter Spider Man Banner 040a5

10 Karakter Spider-Man Selain Peter Parker, Bakal Muncul di Spider-Man: Far from Home?

Film Yang Dilarang Tayang Di Indonesia 96e62

7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di Indonesia | Banyak Adegan Jorok?

Hp Flagship Baterai Cupu Banner Ee9c6

6 HP Flagship yang Ternyata Daya Tahan Baterainya Cupu Abis, Masih Mau Beli?

12 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Di Android Update 2020 98988

12 Cara Mudah Mendapatkan Pulsa Gratis Tanpa Syarat & Mudah!

Fakta Water Resistance Oneplus 7 73e33

Benarkah OnePlus 7 Water Resistant? Ini Faktanya!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal