J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Smartphone yang Pernah Bekerja Sama dengan Brand Kamera | Ingin Menyaingi DSLR?

              Smartphone yang Pernah Bekerja Sama dengan Brand Kamera | Ingin Menyaingi DSLR?

              00
              Selasa, 11 Jun 2019, 14:00 WIB
              Kolaborasi antara smartphone dengan brand kamera untuk memberikan kualitas foto terbaik memang bukanlah hal yang baru. Smartphone apa saja yang pernah bekerja sama dengan brand kamera?

              Smartphone dan kamera tampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Mulai dari smartphone 1 jutaan hingga belasan juta, semua pasti sudah dilengkapi dengan kamera.

              Perusahaan produsen smartphone kerap berlomba dalam menyajikan smartphone dengan kualitas kamera yang menakjubkan. Tak jarang, perusahaan smartphone tersebut berkolaborasi dengan brand kamera untuk menyediakan kamera tercanggih di smartphone.

              Nah, Jaka mau memberi tahu kalian mengenai smartphone apa saja yang pernah bekerja sama dengan brand kamera. Untuk lengkapnya, baca terus artikel ini, ya!

              Smartphone yang Pernah Bekerja Sama dengan Brand Kamera

              Meskipun kini smartphone sudah banyak yang dilengkapi kamera canggih multi lensa dan sensor, masih banyak yang kurang puas dengan kualitas gambar yang ditangkap, geng.

              Wajar sih, produsen smartphone kan nggak cuma fokus dengan kamera. Banyak hal yang harus diperhatikan produsen dalam menyajikan smartphone yang balance dan tidak mengecewakan.

              Oleh karena itu, beberapa produsen berkolaborasi dengan brand kamera terkenal untuk memasukkan beberapa fitur brand kamera tersebut ke dalam smartphone ciptaannya.

              Langsung saja kita cek, geng!

              1. Nokia x Zeiss

              Smartphone Yang Pernah Bekerja Sama Dengan Brand Kamera 1 09e81

              Kolaborasi Nokia dengan Zeiss sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Lensa Zeiss bahkan pernah digunakan oleh HP-HP Nokia 10 tahun kebelakang seperti Nokia seri N.

              Untuk mengulangi kejayaan, nampaknya Nokia ingin membangkitkan lagi kolaborasinya dengan Zeiss untuk memberikan kamera dengan kualitas tinggi.

              Zeiss merupakan produsen lensa asal Jerman yang terkenal dengan kualitas lensanya yang tinggi. Lensa Zeiss salah satu yang terbaik di kelasnya.

              Meskipun akhir tahun 2018 kemarin Zeiss akhirnya merilis kamera ZEISS ZX1 dan memulai debutnya sebagai produsen kamera.

              Pada bulan Februari 2019, HMD Global, produsen smartphone Nokia, merilis HP Nokia terbaru yaitu Nokia 9 Pureview yang dilengkapi dengan 5 kamera belakang hasil kolaborasi dengan lensa Zeiss.

              Kelima kamera tersebut dapat bekerja bersamaan untuk menciptakan foto berkualitas tinggi dengan resolusi 60 hingga 240 megapixel. Gokil, geng!

              2. Huawei x Leica

              Smartphone Yang Pernah Bekerja Sama Dengan Brand Kamera 2 B7760

              Huawei merupakan produsen smartphone asal Tiongkok yang kini mulai merajai pasar smartphone global. Meskipun begitu, belum lama ini Google mencabut lisensi Android dari smartphone keluaran Huawei. Waduh!

              Tapi Jaka nggak akan membahas tentang itu, geng. Seperti yang kita ketahui, smartphone keluaran Huawei bisa setenar sekarang karena kualitas kamera di smartphone-nya.

              Wajar saja, geng. Huawei berhasil menggandeng perusahaan kamera premium asal Jerman, Leica, untuk mengembangkan teknologi kamera yang dimiliki Huawei.

              Bagi kalangan fotografer, Leica merupakan brand kamera legendaris yang sangat berpengaruh di dunia fotografi. Dengan kolaborasi ini, Huawei menjadi produsen smartphone yang patut dipertimbangkan.

              Kualitas kamera Leica yang ditanamkan dalam smartphone Huawei sudah nggak perlu diragukan, geng. Huawei P30 Pro yang menyandang kamera belakang Leica, menduduki posisi pertama (setara dengan Samsung S10 5G) dalam ranking DxOMark mengalahkan Samsung dan iPhone.

              Teknologi Leica yang ditanamkan pada Huawei dapat kamu temui di smartphone Huawei dengan seri "P" (P9. P20, P30 Pro) serta Huawei Mate 20.

              3. Motorola x Hasselblad

              Smartphone Yang Pernah Bekerja Sama Dengan Brand Kamera 3 C3211

              Secanggih-canggihnya kamera smartphone, tetap saja sulit untuk menyaingi kamera profesional. Salah satu fitur kamera profesional yang sulit untuk ditiru smartphone adalah optical zoom.

              Untuk mengatasi hal tersebut, Motorola berinovasi dengan bekerja sama dengan produsen kamera asal Swedia, Hasselblad, untuk memberikan kamera smartphone dengan optical zoom, dan tentunya kualitas yang tinggi.

              Moto Z merupakan smartphone keluaran motorola yang dapat dimodifikasi dengan diberikan aksesoris tambahan yang dijual secara terpisah, salah satunya adalah Moto Z Camera.

              Mod Camera ini merupakan hasil kolaborasi antara produsen smartphone Motorola dengan brand kamera Hasselblad. Sekilas Moto Z terlihat ketinggalan jaman karena hanya memiliki 1 kamera belakang.

              Meskipun demikian, Motorola menampik stigma tersebut dengan menambahkan modul kamera Hasselblad yang dapat dipasang di bagian belakang smartphone untuk optimisasi kamera lebih lanjut.

              Dengan menambahkan modul tersebut, smartphone Moto Z Camera akan berasa seperti kamera profesional sungguhan. Bahkan bentuknya pun persis seperti kamera.

              Moto Z yang dipasangi modul kamera Hasselblad bisa dikatakan seperti kamera yang dapat menelepon. Menurut Jaka, smartphone plus aksesorisnya ini cukup futuristik, meski proyek kerja sama ini berhenti di tengah jalan.

              4. Sony & Xiaomi x Light

              Smartphone Yang Pernah Bekerja Sama Dengan Brand Kamera 4 Bf25c

              Pada tahun 2015, produsen kamera asal Amerika Serikat, Light, berhasil menggebrak pasar kamera dengan menciptakan kamera saku dengan 16 lensa dengan nama Light L16.

              Respon yang didapat pun beragam, geng. Ada yang menyambut dengan positif, namun ada juga yang bertanya-tanya mengenai inovasi aneh bin ajaib tersebut.

              Meskipun demikian, inovasi Light menarik perhatian dua raksasa teknologi, yaitu Sony dan Xiaomi. Kedua brand smartphone tersebut dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan Light untuk menanamkan teknologi kamera tersebut ke dalam smartphone mereka.

              Sony yang terkenal dengan sensor gambar terbaik, tertarik dengan modul teknologi sensor multi-kamera yang dimiliki Light L16 dan berharap untuk menyajikan kolaborasi paling ajib dalam sektor kamera smartphone.

              Xiaomi tidak mau ketinggalan dengan Sony dalam menjalin kerja sama dengan Light. Kualitas kamera Xiaomi memang masih kalah dengan smartphone asal Tiongkok lainnya, seperti Huawei.

              Dengan kerja sama ini, Xiaomi berharap untuk menciptakan kamera smartphone sekelas kamera DSLR yang mampu menyalip saingannya dalam sektor kamera smartphone.

              Akhir Kata

              Sekian artikel mengenai smartphone yang pernah bekerja sama dengan brand kamera. Apakah kamu punya contoh lain yang belum Jaka sebutkan?

              Tulis pendapat kalian di kolom komentar, yah!

              Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal