J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Teori Konspirasi Mengerikan Tentang Teknologi, No.2 Meramal Kejadian 9/11?

              5 Teori Konspirasi Mengerikan Tentang Teknologi, No.2 Meramal Kejadian 9/11?

              00
              Jumat, 24 Mei 2019, 22:00 WIB
              Dunia teknologi rupanya nggak luput dari perhatian para teoriwan konspirasi untuk memunculkan teori konspirasi mengerikan yang bikin kamu geleng-geleng kepala.

              Kamu pernah mendengar istilah teori konspirasi?

              Teori konspirasi bukanlah sesuatu hal baru yang beredar di lingkungan masyarakat di seluruh dunia.

              Sampai saat ini ada banyak sekali teori konspirasi yang tercipta mulai dari konspirasi dalam dunia penerbangan, bisnis, kepercayaan, bahkan hingga teknologi.

              Dalam dunia teknologi, kemunculan teori konspirasi ini pun nggak sedikit ditemukan bahkan terkadang terkesan nyeleneh dan berani.

              Meskipun teori-teori tersebut kebanyakan bukan merupakan hal yang benar alias hoax, tapi ada kalanya juga teori konspirasi memiliki kebenaran lho, geng.

              Mau tahu apa saja teori konspirasi tentang teknologi yang berkembang di internet? Yuk, disimak ulasan selengkapnya berikut ini.

              Teori Konspirasi Mengerikan Tentang Teknologi

              Selalu dikaitkan sebagai kemajuan dalam peradaban manusia, dunia teknologi rupanya menyimpan banyak teori konspirasi yang bahkan sebagian orang meyakini kebenarannya.

              1. Konspirasi Tentang Pembaruan OS

              upgrade_os (Custom)

              Seiring menjamurnya perkembangan gadgetterbaru zaman sekarang rupanya telah memunculkan teori konspirasi yang dipercayai oleh banayk orang.

              Kamu pernah merasa HP yang digunakan terasa semakin lambat seiring produk HP baru dari merek yang sama banyak diluncurkan? Kalau iya, berarti kamu sudah 'kemakan' oleh teori konspirasi ini, geng.

              Teori konspirasi tentang pembaruan OS ini menuduh perusahaan teknologi telah menyabotase produk-produk mereka sendiri yang telah beredar di pasaran.

              Sabotase ini dipercaya dilakukan untuk memengaruhi performa gadget yang akhirnya mendorong pengguna untuk melakukan pembaruan OS, mengganti gadget ke model terbaru, atau hal lain yang menguntungkan perusahaan.

              Faktanya, fenomena pelambatan yang dirasakan oleh pengguna ini cuma mitos, geng. Soalnya pelambatan kinerja HP terjadi salah satunya disebabkan oleh banyak faktor, bukan karena ada OS atau HP terbaru.

              Jadi, hal ini bukan karena perusahaan merek HP kamu telah menyabotase, ya.

              2. Teori Konspirasi Font Wingdings

              konspirasi_wingdings (Custom)

              Kamu tahu atau bahkan pernah menggunakan style font Wingdings, geng? Ternyata font ini juga menimbulkan teori konspirasi yang dianggap menyimpan pesan rahasia lho.

              Pada tahun 1922, tepatnya beberapa hari setelah Windows 3.1 dirilis, terungkap bahwa ketika kamu mengetik kata 'NYC' di font Wingdings maka akan menghasilkan gambar berupa tengkorak, Bintang Daud, dan jempol.

              Gambar tersebut dipercaya oleh sebagian orang sebagai pesan anti Yahudi tersembunyi yang disematkan pada font Wingdings.

              Menanggapi fenomena yang ramai dibicarakan ini, Microsoft sebagai pihak pengembang mengaku bahwa pengaturan karakter sepenuhnya dilakukan secara acak.

              Selain teori konspirasi tersebut, font misterus ini juga pernah dikaitkan dengan kejadian pembajakan pesawat terbang nomor penerbangan Q33NY yang menabrak menara kembar di AS pada 2001 silam yang dikenal dengan serangan 9/11.

              Menariknya, ketika kamu mengetik nomor penerbangan tersebut dengan font Wingdings maka nomor tersebut akan dikonversikan ke simbol pesawat, kertas kotak menyerupai gedung, tengkorak bajak laut, dan logo Zionis.

              wingdings

              Simbol-simbol tersebut membentuk gambar seperti sebuah pesawat yang sedang menabrak gedung kembar dengan logo tengkorak (kematian) dan logo Zionis Israel.

              Tapi ternyata, konspirasi tersebut nggak benar, geng. Karena nomor penerbangan yang sebenarnya adalah N334AA.

              3. Teori Konspirasi OS Unix Adalah Virus

              konspirasi_unix (Custom)

              Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project pada tahun 1965 yang dilakukan oleh American Telephone and Telegraph (AT&AT), General Electric (GE), dan Intitut Teknologi Massachusetts (MIT).

              Pengembangan OS ini dimulai pada tahun 1970-an di Bell Labs yang bertujuan untuk membuat pincang para pesaing AT&AT dengan membuat mereka bergantung pada suatu sistem yang berada di bawah kendali perusahaan ini.

              Nantinya, sistem operasi Unix ini akan dibuat dan disebarluaskan ke lingkungan yang lebih luas namun dengan harga yang relatif murah dan tentunya nggak aman, sehingga para konsumen memerlukan peningkatan lebih dari AT&AT.

              Namun, menurut pandangan teori konspirasi yang berkembang, sistem operasi Unix justru dirancang untuk menjadi salah satu virus komputer pertama lho, geng.

              4. Teori Konspirasi Bug Y2K

              konspirasi_y2k (Custom)

              Bug Y2K atau merupakan kepanjangan dari Year 2 Kilo adalah kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi dua digit pertama adalah 19.

              Hal ini bermula pada tahun 60-an ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpanan, namun ketika tahun 2000 tiba komputer justru mengubah tahun dari 1999 ke 1900 (seharusnya 2000).

              Dari situ munculah teori konspirasi yang dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena pada saat itu komputer juga digunakan untuk mengatur PLTN dan pesawat terbang.

              Meskipun kekhawatiran itu nggak benar-benar terjadi, tapi bug Y2K ini cukup menyebabkan banyak masalah lho, geng, salah satunya adalah kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000 tapi komputer membacanya sebagai 1900.

              Waduh, lucu sekaligus mengerikan, ya, geng.

              5. Teori Konspirasi HAARP

              konspirasi_haarp (Custom)

              High-Frequency Active Aurora Research (HAARP) adalah sebuah program penelitian gabungan yang dilakukan dan dibiayai oleh Angkatan Udara dan Lau AS, Universitas Alaska, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

              Proyek ini pertama kali dimulai pada tahun 1993, di mana HAARP bertujuan untuk menganalisis ionosfer dan menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru untuk komunikasi radio dan pengintaian.

              Namun, para teoriwan konspirasi mengklaim bahwa HAARP dapat memodifikasi cuaca, menonaktifkan satelit, digunakan sebagai senjata melawan teroris, dan bahkan melakukan pengendalian pikiran manusia lho, geng.

              Selain itu, project ini juga dituduh sebagai penyebab gempa bumi, kekeringan, badai, dan banjir.

              Meskipun begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa teori konspirasi semacam ini nggak berdasar dan bahkan melampaui jangkauan ilmu alam.

              Akhir Kata

              Itulah 5 teori konspirasi mengerikan tentang teknologi yang banyak beredar di internet, geng.

              Entah itu benar atau hoax, yang jelas munculnya teori konspirasi semacam ini sangat menarik untuk kamu ketahui, geng. Bahkan, nggak sedikit teori konspirasi yang justru mengundang tawa lho.

              Baca juga artikel seputar Out of Tech menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal