J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Kontroversi Hamza Bendelladj, Hacker Jahat atau Pahlawan untuk Palestina?

6 Kontroversi Hamza Bendelladj, Hacker Jahat atau Pahlawan untuk Palestina?

Senin, 6 Mei 2019, 17:00 WIB
Aksi peretasan di dunia maya sudah sering sekali terjadi, tapi kisah mengharukan yang dilakukan hacker bernama Hamza Bendelladj ini sukses mencuri perhatian publik. Yuk, disimak fakta-fakta menarik tentang hacker yang satu ini!

Hacking menjadi aktivitas ilegal yang sudah tidak asing lagi ditemui di dunia maya. Segala cara mereka lakukan untuk mencapai tujuan tertentu yang biasanya hanya untuk kepentingan pribadi.

Tapi, bagaimana jadinya kalau seorang hacker meretas dengan tujuan untuk menolong orang?

Ya, tentu saja hal itu terdengar agak mustahil, geng, tapi inilah yang terjadi pada seorang hacker berkewarganegaraan Algeria bernama Hamza Bendelladj.

Mau tahu fakta menarik dibalik seorang Hamza Bendelladj? Yuk, disimak informasi selengkapnya berikut ini, geng.

Fakta Menarik Hamza Bendelladj

Apapun tujuannya, tindakan ilegal seperti hacking memanglah tidak layak untuk ditiru, geng. Tapi, dari kasus Hamza Bendelladj ini muncul fakta-fakta menarik yang menjadikan kasusnya itu populer di permukaan.

Daripada penasaran, nih, Jaka kasih info seputar fakta menarik dan kontroversi seorang Hamza Bendelladj berikut ini.

Masuk ke Dalam Daftar 10 Buronan Paling Dicari FBI

Fbi 60e38

Hamza merupakan seorang hacker asal Aljazair yang menggunakan nama samaran BX1 ketika sedang melancarkan aksinya itu.

Berbekal ilmu komputer yang dipelajarinya saat kuliah, pria berusia sekitar 31 tahun ini berubah menjadi seorang hacker dan pembuat virus komputer berbahaya untuk meretas korbannya.

Melalui virus komputer bernama RimiG33k yang diciptakannya itu, pria yang lahir di daerah Tizi Ouzou Aljazair ini bahkan masuk ke dalam daftar 10 teratas orang paling dicari oleh Interpol dan FBI.

Hal itu dikarenakan Hamza diduga sudah menggelapkan dana lebih dari puluhan juta dolar dari lebih dua ratus lembaga keuangan Amerika dan Eropa.

Perangkat lunak SpyEye

Spyeye 8332e

Dengan ilmu komputer yang dimilikinya, Hamza terbilang mahir dalam mengembangkan virus berbahaya untuk menyerang komputer para korbannya.

Dibantu oleh kaki tangannya bernama Aleksandr Andreevich Panin, Hamza berhasil mengembangkan sebuah virus bernama RimiG33K.

Virus ini sudah menginfeksi lebih dari 50 juta komputer di seluruh dunia yang kebanyakan dari negara Amerika Serikat.

Virus tersebut digunakan untuk mencuri data informasi bank yang tersimpan di dalam komputer yang sudah terinfeksi. Tidak hanya itu saja, Hamza juga berhasil meretas website resmi Pemerintah Israel.

Untuk menyebarkan virus RimiG33K ini, Hamza menggunakan malware berbahaya ciptaannya yang disebut dengan SpyEye.

Melalui malware itu, Hamza dan Aleksandr berhasil memperoleh password, username, dan informasi mengenai kartu kredit korbannya.

Dikutip dari CNN Indonesia, virus yang Hamza sudah buat berhasil menginfeksi 1,4 juta komputer, menyedot US$200 juta dari 200 lebih bank dan lembaga keuangan lainnya di AS.

Menjadi Hacker untuk Berdonasi

Donasi 59374

Di balik kejamnya aksi pencurian uang melalui virus dan malware berbahaya yang dilakukan oleh Hamza Bendelladj ini rupanya menyimpan kisah haru.

Sebab kabarnya jutaan dolar uang hasil hacking yang dilakukannya di beberapa lembaga keuangan juga akun bank pribadi tersebut ia donasikan kepada lembaga amal Palestina dan Afrika.

Rumor yang berkembang Hamza mendonasikan uangnya sebesar US$280,000,000 untuk Palestina. Tapi apakah ini benar?

Klaim pemberian uang hasil hacking kepada Palestina dan Afrika sebenarnya berasal dari mulut Hamza saja. Belum ada bukti dan penelusuran lebih lanjut mengenai kebenaran hal ini.

Buat sebagian orang yang percaya bahwa Hamza memang menyumbang begitu banyak uang untuk Palestina dan Afrika dianggap sebagai Robin Hood.

Divonis 15 Tahun Penjara

Divonis Penjara Dfad1

Setelah selama kurang lebih tiga tahun melakukan pencarian, pada tanggal 8 Januari 2013 Hamza akhirnya tertangkap oleh Polisi Thailand saat ia melakukan transit di Bangkok dalam penerbanganya dari Malaysia menuju Mesir.

Atas aksinya tersebut, Hamza divonis hukuman 15 tahun penjara dan 3 tahun masa percobaan. Bahkan akibat aksi kejahatannya yang sudah merugikan banyak pihak tersbut, Hamza dikabarkan dijatuhi hukuman mati yang ternyata hanya hoaks belaka.

Sementara itu, Alekasandr yang merupakan kaki tangannya ditangkap pada tanggal 1 Juli 2013 di Bandara Atlanta Hartsfield-Jackson dan dijatuhi hukuman penjara selama 9 tahun 6 bulan.

Mendapat Banyak Dukungan

Mendapat Dukungan 37d1c

Setelah isu hukuman mati Hamza beredar dan atas aksi donasi yang dilakukannya kepada beberapa lembaga amal, membuat publik berbondong-bondong menyerukan kebebasan untuk Hamza dan tak henti-hentinya memberikan dukungan.

Di balik aksi kriminalnya, Hamza dianggap masih memikirkan umat sesamanya di Palestina.

Menariknya, masyarakat bahkan membuat petisi yang isinya menuntut Kementrian Luar Negeri Aljazair dan Presiden Barack Obama turun tangan untuk pembebasannya.

Bahkan kasus ini mengundang perhatian dari Duta Besar AS yang menuliskan di halaman Twitter-nya bahwa kejahatan dunia maya bukanlah kejahatan berat dan tidak dapat dihukum dengan hukuman mati.

Hamza B6813

Jelas, isu hukuman mati yang diberikan kepada Hamza hanya hoaks semata. Bahkan pihak kedutaan Aljazair di AS sudah mengonfirmasi hal tersebut.

Hamza hanya diberikan hukuman selama 15 tahun atas segala kejahatan hacking yang ia lakukan selama ini. Foto Hamza yang seakan-akan sedang menghadapi hukuman pancung juga hoaks.

Dijuluki Sebagai "Smiling Hacker"

Smiling Hacker 481ca

Di balik musibah yang menimpanya, Hamza terus menebarkan senyum ke publik dan awak media.

Saat proses penangkapannya pun Hamza tidak berusaha melarikan diri atau menghindar, dia terus memberikan senyumannya itu.

Di setiap foto saat penangkapan dirinya, Hamza selalu tersenyum dan terkesan ramah. Hal itulah yang akhirnya membuat Hamza publik menjulukinya sebagai smiling hacker.

Akhir Kata

Itulah beberapa fakta menarik di balik kasus peretasan yang dilakukan oleh Hamza Bendelladj. Wah, ternyata cukup seru dan kontroversial, ya, geng.

Meskipun niatnya untuk kebaikan, tapi sebaiknya tindakan ini jangan kamu tiru ya, geng.

Baca juga artikel seputar Out of Tech menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Tips Mengatasi Serangan Hacker 6741e

8 Tips Pintar Untuk Menghindari Serangan Hacker | Dijamin Anti Bobol!

Xiaomi Disusupi Malware B6109

HP Xiaomi Terlalu Mudah Disusupi Malware dan Virus? Ini Faktanya!

Situs Kpu Di Hack F94e7

Benarkah Situs KPU Diretas Hacker Untuk Memenangkan Jokowi? Ini Buktinya!

Remaja Indonesia Hack Situs Nasa Banner 0ebac

6 Fakta Mengejutkan dari Bocah SMP yang Berhasil Hack Situs Resmi NASA!

Situs Yang Dilegalkan Untuk Dihack 07948

Inilah 6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal