• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

PING! Ini Dia 5 Fitur BBM yang Bikin Kangen!

PING! Ini Dia 5 Fitur BBM yang Bikin Kangen!

00
Minggu, 28 Apr 2019, 18:00 WIB
BBM sebentar lagi berhenti beroperasi, banyak fitur yang membuatnya unik dan terus dikenang. Apa saja fitur unik pada BBM itu? Yuk, simak selengkapnya!

Apakah kamu sempat merasakan zaman menggunakan BBM, geng?

BBM adalah aplikasi pengirim pesan yang populer di kalangan pengguna HP BlackBerry pada zamannya. Aplikasi ini menjadi salah satu andalan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara instan.

Fitur yang dimiliki oleh BBM pun cukup unik dan membuat ciri khas tersendiri. Sayang, kini BBM mengumumkan akan menutup layanannya.

Untuk mengenang kembali masa lalu, apa saja fitur unik yang terdapat pada BBM? Yuk, simak daftar selengkapnya!

5 Fitur BBM yang Bikin Kangen!

BlackBerry Messenger atau BBM merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk pengguna perangkat BlackBerry.

Pada 2013, BBM resmi dirilis untuk lintas platform pada Android dan iOS, sehingga pengguna lain di luar perangkat BlackBerry dapat menikmati aplikasi pengirim pesan BBM.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat membantu interaksi dan produktivitas saat berkomunikasi dengan pengguna lain.

Fitur seperti Google Maps, Facebook, Twitter, dan lainnya dapat digunakan dalam aplikasi ini.

Salah satu hal yang bikin kangen saat memakai BBM dahulu adalah menggunakan nomor PIN untuk menghubungkan antar pengguna.

Di awal perkembangannya, versi BBM disesuaikan dengan tipe HP BlackBerry. Seperti OTA OS 4.5 untuk tipe BlackBerry 83 dan 81 dan sebagainya.

Pada 2009, Research In Motion atau RIM yang merupakan pemegang lisensi BlackBerry meluncurkan versi BBM terbaru, yaitu OTA OS 5.0 untuk berbagai tipe HP BlackBerry.

Lalu, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk secara resmi membeli BlackBerry Messenger pada 2016 lalu dan BBM terus berjalan selama 6 tahun.

Sayang, pada 31 Mei 2019 nanti BlackBerry Messenger sendiri akan berhenti beroperasi. Hal ini diumumkan langsung dari pihak BBM sendiri.

Fitur BBM Yang Bikin Kangen Post 3e3c4

Dalam sebuah blog, pihak BBM pun menyebutkan alasan dan keluhannya sehingga harus berhenti beroperasi.

The technology industry however, is very fluid, and in spite of our substantial efforts, users have moved on to other platforms, while new users proved difficult to sign on. Though we are sad to say goodbye, the time has come to sunset the BBM consumer service, and for us to move on - BBM

Hingga waktu yang ditentukan, kamu masih bisa menikmati layanan BBM. Yuk, kenang kembali masa-masa alay di BBM dengan fitur unik ini, geng!

1. PING!

Fitur BBM Yang Bikin Kangen Ping 7f0d3

Kalau kamu pernah menggunakan HP BlackBerry, pasti sering menggunakan fitur PING! yang digunakan entah untuk memanggil teman atau sebagai alat untuk iseng.

Dikutip dari BBM, PING! berfungsi untuk mendorong orang agar cepat membalas pesan saat melakukan chatting.

Walau HP telah kamu setel mode silent, fitur PING! akan membuat HP kamu bergetar agar kamu sadar bahwa ada seseorang yang menunggu balasan chatmu sesegera mungkin.

PING! dapat kamu akses di dalam halaman kirim pesan. Kamu dapat mengirimkan pesan Ping sebanyak mungkin ke teman kamu.

Ping sendiri memiliki arti program utilitas untuk memeriksa induktivitas jaringan teknologi Internet Protocol atau IP.

Fitur ini digunakan untuk mengetahui apakah satu perangkat terhubung dengan perangkat lainnya dengan mengirimkan paket data dan menunggu respon.

Ping pertama kali diciptakan oleh Mike Muuss pada 1983. Fitur ini pun digunakan oleh BBM untuk mengetahui respon dari orang yang sedang kamu hubungi.

2. Broadcast Message

Selanjutnya adalah Broadcast Message, fitur ini digunakan untuk membagikan pesan yang sama ke banyak kontak, layaknya sebuah siaran.

Saat menggunakan BBM dahulu, fitur ini bisa sangat membantu karena berisi informasi menarik ataupun pesan yang mengganggu.

Walaupun mengganggu, namun pesan ini memberikan kesan yang terus menempel dan menjadi kenangan bagi pengguna BBM.

Bentuk pesan tersebut adalah sebagai berikut:

  • "Broadcast ulang atau terkena sial!"
  • "Didatangi setan kalau tidak broadcast ulang"
  • "Minta Ping, dong.. BBM lemot nich"
  • Cerita kasih sayang ibu
  • "Test Contact"

Broadcast sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang bermanfaat untuk mengirimkan info penting kepada beberapa kontak dengan sekali kirim.

Namun, malah menjadi media untuk berbagi mitos dan cerita menyentuh atau menyeramkan. Ada-ada saja ulah para pengguna BBM ini.

3. Status BBM

Fitur BBM Yang Bikin Kangen Status 40012

Nah, fitur ini memang ada di aplikasi kirim pesan lainnya. Namun, status BBM lah yang paling dikenang dan memberikan kesan yang tak terlupakan pagi penggunanya.

Pengguna BBM zaman dahulu pasti sering menunggu status baru dari temannya, ataupun sebagai upaya stalking gebetan.

Apakah kamu salah satunya yang menunggu status teman dan gebetan saat di waktu senggang, geng?

4. BBM Channels

Fitur BBM Yang Bikin Kangen Channel B2069

Selanjutnya adalah BBM Channels, seperti sebuah forum di dalam aplikasi, kamu dapat terhubung dengan komunitas BBM .

Dalam komunitas ini, kamu dapat berbagi ide dan berdiskusi tentang berbagai topik yang menarik. Dengan menggunakan BBM Channels ini juga kamu dapat bertemu dengan teman baru.

Bagi Jaka, fitur ini seharusnya lebih cocok digunakan untuk berbagi pesan daripada broadcast. Karena orang lain dapat terganggu saat mengirimkan pesan broadcaast yang tidak penting.

5. GLYMPSE

Fitur BBM Yang Bikin Kangen Glympse Ddc01

Terakhir adalah GLYMPSE, fitur baru di BBM ini berfungsi untuk memberikan akses lokasi kamu secara real time kepada teman.

Fitur ini mirip dengan share live location pada Google. Menggunakan GLYMPSE, kamu dapat mengirimkan lokasi kamu dengan mudah dan juga menentukan durasinya.

BBM ini cukup interaktif untuk kamu gunakan, loh. Sayang, persaingan antar aplikasi pengirim pesan sangat ketat.

BBM kalah dalam persaingan, penggunanya pun semakin berkurang dan pindah ke aplikasi lainnya. Hal ini disebutkan oleh pihak BBM sendiri.

Akhir Kata

Itu dia 5 fitur BBM yang bisa bikin kamu kangen setelah nanti ditutup. Apakah kamu punya pengalaman unik saat menggunakan BBM?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar BBM atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal