J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 SMA dengan Program eSport Terbaik, Didukung Penuh Jokowi!

5 SMA dengan Program eSport Terbaik, Didukung Penuh Jokowi!

Selasa, 16 Apr 2019, 12:00 WIB
Berbagai sekolah mulai menerapkan program eSport sebagai tambahan dan kurikulum utama. Berikut adalah daftar SMA yang punya program eSport terbaik dunia!

Apakah kamu masih duduk di kursi SMA dan gemar bermain game?

Tentu kita mengenal sekolah sebagai tempat untuk belajar dan dan kebanyakan sekolah tidak mendukung game sebagai salah satu tahap perkembangan murid. Apalagi kalau kamu main game di sekolah.

Namun, ada Sekolah Menengah Atas atau SMA yang memiliki program tambahan eSport sebagai edukasi yang bisa diikuti oleh siswa, loh!

Penasaran, 'kan? Berikut Jaka daftarkan SMA dengan program eSport terbaik di dunia, sebagian ada di Indonesia juga! Yuk, simak selengkapnya.

SMA dengan Program eSport Terbaik!

Sekolah yang ada dalam daftar memiliki program eSport sebagai edukasi tambahan bagi siswanya, jadi bukan pelajaran wajib, ya.

Siswa yang mengikuti program ini akan diajarkan bertanding game eSport secara profesional. Lalu, nantinya dapat bersaing dengan tim lain di pertandingan.

Sebagian sekolah di Indonesia juga menerapkan program eSport, adanya program ini juga berkaitan dengan permintaan Presiden Joko Widodo.

Dikutip dari Detik.com, pada pembukaan Pasanggirinas dan Kejurnas Silat ASAD 2017, Presiden Jokowi menginginkan sekolah di Indonesia untuk memiliki pendidikan kejuruan seperti eSport.

1. SMA 1 PSKD

SMA Dengan Program ESport Pksd D23bc

Sumber foto: Tech in Asia Indonesia

Sekolah pertama adalah SMA 1 PSKD yang terletak di Jakarta Pusat. Sekolah ini menjadi yang pertama membawa program eSport ke dalam edukasi di Indonesia.

Sekolah ini pertama kali menerapkan program eSport pada tahun ajaran 2016/2017. Dikutip dari situs resmi SMA 1 PSKD, program eSport bertujuan untuk memberikan skill dan pengetahuan kepada siswanya.

Sekolah ini kini memiliki pelajaran eSport dengan 3 cabang permainan yaitu DOTA 2, Overwatch, dan Counter Strike: Global Offensive.

Baru-baru ini, SMA 1 PSKD meluaskan cabang permainan untuk mobile dan card game. Game tersebut diantaranya Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan banyak lagi.

Kamu tertarik belajar di sekolah ini, geng?

2. Garnes Vidaregaande Skule

SMA Dengan Program ESport Skule 5d282

Selanjutnya adalah Garnes Vidaregaande Skule, sekolah yang terletak di Norwegia. Dikutip dari Red Bull, sekolah ini adalah salah satu sekolah yang memasukkan program eSport ke dalam kurikulum utama.

Garnes Vidaregaande Skule mulai menerapkan program eSport ini sejak Agustus 2016. Program ini bertujuan untuk meningkatkan fokus siswa dalam jangka panjang.

Gak tanggung-tanggung, geng, sekolah ini menyiapkan PC gaming terbaik pada zamannya dengan dukungan perangkat PC paling canggih.

3. Bina Bangsa

SMA Dengan Program ESport Terbaik Bina 8351d

Kembali lagi ke dalam negeri, satu sekolah di Malang menerapkan program eSport yang cukup unik, yaitu bekerjasama dengan warnet bernama Hardcore.

Bina Bangsa School atau BBS, sekolah inilah yang membuka program eSport bersama Hardcore untuk mendidik siswanya dalam bidang game.

Pelatihan eSport yang dilakukan merupakan seminar, berbagi pengalaman, dukungan kompetisi, dan juga menyiapkan fasilitas boot camp untuk siswa.

Adanya program ini juga didukung dengan permintaan Presiden Jokowi tentang adanya pendidikan eSport di Indonesia.

4. Lanxiang Technical School

SMA Dengan Program ESport Lanxiang B5900

Sumber foto: Dailymail

Lanxiang Technical School merupakan sekolah selanjutnya yang memiliki program eSport, sekolah ini terletak di Jinan, Tiongkok.

Program edukasi eSport ini diberikan kepada siswa dengan pelajaran teori dan praktek. Program ini adalah salah satu pelajaran wajib untuk siswa yang memilih jurusan eSports and Management.

Pada tahun 2018, Lanxiang Technical School memiliki 50 siswa yang mengikuti program eSport. Siswa yang masuk dalam jurusan ini harus membayar uang sekolah yang cukup besar.

Untuk satu tahun, siswa harus membayar 1470 euro atau setara dengan Rp23 jutaan. Tentu dengan pelajaran lainnya yang mencakup eSport dan manajemen.

Siswa akan diajarkan berbagai permainan seperti League of Legends, Overwatch, Counter Strike, dan banyak lagi.

5. Arlanda Gymnasiet School

SMA Esport Armanda 17141

Terakhir adalah Arlanda Gymnasiet School, sekolah yang terletak di Swedia yang memperkenalkan program eSport pada 2015.

Sekolah ini mengajarkan berbagai pelajaran eSport seputar taktik dan penguasaan eSport. Program di Arlanda Gymnasiet School mendorong siswa yang berminat untuk menjadi pemain profesional dunia.

Dikutip dari MCV, salah satu alumni sekolah ini yang bernama Felix Andersson mampu menjadi salah satu Global Elite di CS. Mantap!

Akhir Kata

Itu dia SMA dengan program eSport terbaik di dunia, kedepannya mungkin akan ada berbagai sekolah yang menerapkan program eSport.

Apa kamu mendukung adanya eSport di sekolah Indonesia? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar eSport atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Esport Jadi Kurikulum Resmi Indonesia Banner Dd607

Didukung Kemenpora, eSport Siap jadi Kurikulum Resmi di Indonesia!

Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

Kampus Jurusan Esport Terbaik Banner 1ab07

Khusus Para Gamer! Ini 10 Kampus yang Punya Program eSport Terbaik Dunia!

T Series Mengalahkan Pewdiepie Banner E6f5d

9 Alasan Kenapa T-Series Bisa Mengalahkan PewDiePie, Pakai Auto Subs?

Hacker Wanita Cantik Banner 500d0

5 Hacker Wanita Paling Cantik, Nomor 3 Mantan Model Playboy?

Transportasi Masa Depan Bannerx Adde7

10 Kendaraan Masa Depan yang Lebih Canggih dari MRT, di Indonesia Sudah Ada?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal