J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Survey JalanTikus: 58% Milenial dan Gen Z di Indonesia Nggak Suka Nonton TV

              Survey JalanTikus: 58% Milenial dan Gen Z di Indonesia Nggak Suka Nonton TV

              00
              Senin, 18 Feb 2019, 08:00 WIB
              Sebagian besar generasi milenial dan gen Z di Indonesia ternyata sudah tidak pernah atau jarang nonton TV. Apa alasannya? Simak survey lengkapnya.

              Sepuluh tahun yang lalu, mungkin rasanya nggak ada hari tanpa nonton TV. Tapi di 2019, ternyata lebih dari separuh generasi muda di Indonesia sudah jarang nonton TV.

              Jangan-jangan, kamu juga salah satunya?

              Beberapa orang bilang ini adalah pertanda bahwa kualitas acara televisi lokal semakin menurun.

              Tapi tentunya kita juga nggak bisa mengabaikan bahwa jaringan internet yang semakin cepat, terjangkau, dan mudah diakses, membuat banyak orang meninggalkan TV dan beralih ke nonton online.

              Di Februari 2019, JalanTikus.com menggelar survey tentang kebiasaan menonton untuk orang Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah menonton TV masih jadi kebiasaan sehari-hari bagi generasi milenial dan gen Z di Indonesia.

              Siapa saja yang disurvey?

              umur responden jalantikus

              Survey dilakukan secara online lewat email kepada 335 pembaca JalanTikus.com.

              Sebanyak 40,7% responden adalah generasi Z alias gen Z, yang berusia dari remaja hingga maksimal 23 tahun.

              Sisanya yaitu 59,4% adalah generasi milenial yang berusia 24 hingga 39 tahun.

              Menurut definisi Pew Research Center, yang termasuk generasi Z adalah orang-orang yang lahir mulai dari tahun 1996 hingga 2012, sehingga usianya di tahun 2019 ini maksimal adalah 23 tahun.

              Tak heran jika dari seluruh responden survey JalanTikus ini, sebanyak 17,8% masih berstatus siswa sekolah (SMA atau SMP), dan 16,3% berstatus mahasiswa atau mahasiswi.

              Sisanya yaitu 61,1% sudah bekerja, baik itu kerja kantoran, atau sebagai freelance, atau menjalani usaha sendiri alias sebagai entrepreneur.

              status responden survey jalantikus

              Hasilnya: mayoritas nggak pernah nonton TV lagi

              Sebagian besar responden atau sebanyak 58% menjawab bahwa menonton TV nggak ada lagi di dalam aktivitas mereka sehari-hari.

              Dari angka tersebut, 24,2% mengaku masih menyalakan TV meski hanya ditonton kurang dari satu jam. Sementara itu, sebanyak 33,8% menjawab bahwa mereka sudah Tidak pernah atau sangat jarang menonton TV ketika ditanya berapa jam sehari yang dihabiskan di depan televisi.

              Meski begitu, masih ada 32% responden yang menonton TV setiap harinya sekitar 1-3 jam, dan 10% yang masih menonton lebih dari 3 jam sehari.

              durasi nonton tv milenial gen z survey jalantikus

              Acara apa yang masih ditonton di TV?

              Memang cukup banyak milenial dan gen Z yang sudah jarang nonton TV. Tapi acara apa saja yang membuat mereka tetap tertarik untuk menonton TV?

              Ternyata mayoritas yaitu sebanyak 24,2% tetap menyalakan TV demi menonton berita. Di posisi berikutnya ada talk show dan acara bincang-bincang komedi yang dipilih oleh 22,1% responden, diikuti oleh film Hollywood yang jadi tujuan nonton TV bagi 21,2% responden.

              Pertandingan olahraga juga biasanya masih disiarkan di televisi, sehingga ini jadi pilihan 17,8% responden untuk tetap menonton TV, diiringi dengan 7,7% responden yang menonton TV hanya jika ada siaran langsung acara tertentu, misalnya saat pembukaan dan penutupan Asian Games kemarin.

              Sinetron dan film Indonesia menduduki peringkat terbawah sebagai daya tarik menonton TV bagi milenial dan gen Z di Indonesia, karena hanya 4% yang menonton TV untuk nonton film Indonesia, dan 2,8% yang menyalakan TV hanya untuk nonton sinetron.

              acara yang ditonton di tv

              TV bukan lagi media favorit untuk menonton

              Uniknya, meski masih ada 42% responden yang masih rajin menonton TV lebih dari satu jam setiap harinya, ini bukan berarti bahwa generasi milenial dan gen Z memang lebih senang menonton TV.

              Saat ditanya media apa yang paling disukai untuk menonton, antara televisi, komputer/laptop, atau handphone (HP) dan tablet, hanya 28,7% responden yang menjawab lebih senang nonton di televisi.

              Mayoritas lainnya mengaku lebih senang nonton di HP atau tablet, yaitu sebanyak 38,1%, sementara 33,2% merasa lebih nyaman nonton di laptop atau komputer.

              media favorit untuk menonton survey jalantikus

              Acara TV luar negeri lebih disukai ketimbang acara TV lokal

              Salah satu alasan memudarnya kebiasaan nonton TV bagi milenial dan gen Z mungkin juga berhubungan dengan jenis tontonan yang disukai.

              Sinetron dan acara televisi lokal nggak membuat mereka tertarik menonton TV, karena sebagian besar antusiasme mereka adalah pada acara TV luar negeri.

              Sebanyak 66,2% responded menyatakan lebih suka nonton serial TV luar mulai dari serial Hollywood, drama Korea, hingga anime Jepang, dibanding 33,8% yang masih lebih suka acara TV lokal.

              acara tv lokal vs luar negeri

              Meski begitu, mayoritas tetap nonton serial luar negeri bukan di TV

              Dengan semakin maraknya K-drama dan serial televisi barat yang kian populer di kalangan milenial dan gen Z, wajar jika sebagian besar lebih memilih serial impor ini dibanding produk lokal.

              Tapi apakah ini berarti stasiun televisi lokal perlu menayangkan lebih banyak acara TV luar negeri?

              Belum tentu.

              Ternyata mayoritas responden yaitu 64,3% tetap memilih nonton serial luar negeri favorit mereka secara online, atau bahkan download dari internet, bahkan meskipun acara tersebut ditayangkan di TV lokal.

              Dari angka tersebut, sebanyak 34,9% memilih nonton online alias streaming mengikuti jadwal sendiri, dan 29,4% memilih mengunduh alias download drama Korea atau serial TV barat tersebut untuk ditonton nanti.

              Hanya 35,8% yang menyatakan tetap akan menonton serial tersebut di televisi sesuai dengan jadwal tayang di TV tersebut.

              serial tv luar negeri di tv lokal

              Sebagian besar milenial & gen Z Indonesia memilih nonton online atau download

              Meski 58% responden sudah tidak pernah menonton TV atau hanya menonton kurang dari satu jam per hari, bukan berarti habit menonton di kalangan milenial dan gen Z juga berkurang.

              Ternyata hanya media dan cara menontonnya saja yang berubah, karena saat ini televisi bukan lagi sumber hiburan yang utama.

              Sebanyak 71,6% responden mengaku menghabiskan lebih dari satu jam setiap harinya untuk menonton online secara streaming, atau menonton film/serial TV hasil download dari internet.

              Dari angka tersebut bahkan 25,7% menghabiskan lebih dari 3 jam di depan komputer, HP, atau tablet setiap harinya untuk menonton.

              Bagi 19,6% responden, waktu yang dihabiskan untuk streaming online atau nonton download-an hanya kurang dari satu jam per hari, namun ini menunjukkan bahwa aktivitas nonton online ini memang ada dalam kebiasaan sehari-hari mereka.

              Hanya ada 8,8% responden yang mengaku tidak pernah atau sangat jarang menonton online baik langsung ataupun download dulu.

              durasi nonton online streaming survey jalantikus

              Apa yang membuat nonton online lebih populer dari televisi?

              Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa milenial dan gen Z beralih ke nonton online atau download, padahal di setiap rumah biasanya televisi selalu tersedia?

              Kemudian, kalau serial favorit ditayangkan di stasiun TV lokal, kenapa masih harus download atau nonton online?

              Menurut responden survey JalanTikus, ada beberapa alasan kenapa mereka memilih streaming online atau download film maupun serial TV secara ilegal di internet.

              Kalau kamu mengira alasan utamanya adalah karena download dari internet itu gratis , ternyata ini salah. Hanya 17,4% responded memilih menonton atau mengunduh dari internet hanya karena tak perlu bayar.

              Mayoritas responden yaitu 46,8% menjawab bahwa alasan utama mereka menonton online atau download dulu adalah karena waktunya lebih fleksibel, bisa ditonton kapan saja sesuai jadwal sendiri, dan bisa ditonton di mana saja meski sedang tidak ada televisi.

              Sebanyak 25,8% punya alasan lain yaitu karena ingin mengoleksi film atau serial televisi tersebut, sehingga bisa ditonton ulang kapanpun.

              Sementara itu 10% responden memilih download atau nonton online karena acara tersebut tidak tayang di TV lokal.

              alasan download atau nonton online survey jalantikus

              Apa artinya bagi industri televisi?

              berita tv

              Televisi mungkin masih populer di kalangan generasi yang lebih tua, namun bagi milenial dan gen Z, masa depan menonton adalah bukan lagi dengan televisi.

              Secara perangkat elektronik, TV mungkin malah akan lebih banyak digunakan setelah dihubungkan ke internet untuk menonton streaming secara online, atau dihubungkan ke komputer untuk menonton serial maupun film hasil download.

              Tayangan yang bisa jadi potensi untuk menahan generasi muda di depan televisi, selain pertandingan olahraga dan siaran langsung, adalah berita dan talk show.

              Saat ini sudah banyak acara talk show yang menyasar penonton milenial dan gen Z, terlihat dari pilihan host, format acara, gaya bicara, dan pemilihan bintang tamu.

              Tapi ternyata tayangan berita adalah daya tarik utama televisi bagi milenial dan gen Z, bahkan mungkin jadi alasan utama kenapa memiliki TV di rumah masih dianggap penting.

              Kedua acara ini, talk show dan berita, memiliki persamaan yaitu sama-sama menyajikan informasi dan bukan sekadar hiburan.

              Siapa sangka ternyata media televisi yang dulu dianggap sebagai perangkat utama untuk rekreasi dan hiburan, kini ternyata lebih dibutuhkan sebagai penyampai informasi.

              BACA JUGA
              • 10 Channel Terbaik untuk Menonton Film Kartun di Internet
              • 14 Smartphone Terbaik untuk Nonton Film Ala Bioskop
              • 3 Manfaat Nonton Film di Smartphone, Nomor 3 Paling Penting!
              • 5 Tipe Penonton TV yang Cuma Ada di Indonesia
              • 15 Aplikasi Streaming TV Online di Android & PC | Gratis!
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal