• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tribut Untuk Fans Studio Ghibli, Spirited Away Jadi Film Pembuka di April 2017

Tribut Untuk Fans Studio Ghibli, Spirited Away Jadi Film Pembuka di April 2017

00
Sabtu, 1 Apr 2017, 16:16 WIB
Tomi Fukuda dari Marubeni, mengungkapkan bahwa projek ini bisa ada di Indonesia karena waktu itu Studio Ghibli membuat iklan yang sangat bagus untuk Marubeni dan kebetulan saat ini Tomi ditempatkan di Jakarta dan saat ia berbicara kepada Su

Film Animasi atau dalam bahasa Jepangnya adalah Anime ( ) mungkin sering menemani hari minggu kalian di rumah. Selain film Disney, Anime sering jadi bahan perbincangan dan hiburan waktu kita sekolah, bukan? Jepang memiliki film-film animasi 2D andalan seperti, Doraemon, Cardcaptor Sakura, Digimon, Hello Kitty dan lainnya.

Di antara anime tersebut ada juga lho anime yang memenangkan Oscar atau Academy Award, yaitu Spirited Away karya Hayao Miyazaki pada tahun 2002! Beliau merupakan salah satu pendiri dan direktur studio animasi terbesar Jepang yaitu, Studio Ghibli. Karyanya berbalut unsur barat dan tradisi Jepang, sarat dengan dunia anak-anak dan fantasi ala Jepang sehingga dijuluki Walt Disney versi Jepang.

966ecd0131ffcd664742468441a590ca
Sumber foto: Catbus ( , Nekobasu) karakter Studio Ghibli dalam film My Neighbor Totoro

Sebagai seorang seniman, penulis, sutradara, dan produser karyanya Spirited Away telah dinominasikan tiga kali dalam Oscar dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menang di tahun 2002. Nominasi lainnya juga digaet untuk Howl s Moving Castle pada tahun 2005 dan The Wind Rises (2013) merupakan karya terakhirnya bersama Studio Ghibli.

Tidak hanya di dunia internasional, Miyazaki juga mendapatkan penghargaan di karyanya yang lain di Jepang sendiri, seperti Nausica of the Valley of the Wind, Laputa: Castle in the Sky, My Neighbor Totoro dan Kiki s Delivery Service sebelum dikenal secara internasional dengan karyanya di akhir tahun 1990-an, Princess Mononoke.

Nah, akhirnya untuk pertama kalinya film-film terpopuler garapan Studio Ghibli akan hadir di Bioskop Indonesia dan perilisan film Ghibli ini diprakarsai oleh Kaninga Pictures dan Hokuhodo DY media partners dengan Studio Ghibli sendiri sebagai pemberi lisensi. Bekerjasama dengan Cinema 21, penayangan akan diadakan di empat puluh lima bioskop di tujuh belas kota besar di Indonesia.

Alunan strings ensemble menjadi pembuka Konferensi Pers The World of Ghibli Jakarta, Kamis (30/3) bersama Sherina Munaf membawakan tiga lagu OST (original soundtrack) Film Ghibli, yakni Itsumo Nando Demo (Always With Me) OST Spirited Away diakhiri dengan OST Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro).

67aa3267d495c1e36da43c29604b51d0
Sumber foto: No face ( , kaonashi) karakter Studio Ghibli dalam film Spirited Away bersama Sherina Munaf

The World of Ghibli Jakarta adalah rangkaian acara yang meliputi pemutaran 22 film Ghibli selama setahun dan 39 hari Eksebisi yang digelar dari tanggal 10 Agustus 17 September di Ritz Carlton, Pasific Place. Ini adalah eksebisi pertama dan terbesar Studi Ghibli. Ini adalah kerjasama yang langka, adanya transfer knowledge dari Studio Ghibli melibatkan banyak pihak dari industri kreatif Indonesia. Acara ini merupakan tribut untuk seluruh fans Studio Ghibli di Indonesia. Akan ada volunteer, designer, tim kreatif yang akan ikut serta dan semuanya melalui approval dan bimbingan Tim Ghibli yang sudah tinggal di Jakarta sejak sebulan lalu, ujar Willawati dari Kaninga Pictures selaku distributor.

Ia berharap dengan adanya kerjasama ini semakin banyak orang Indonesia yang kenal dengan Ghibli. Kerjasama ini adalah yang terbesar dan pertama kali di Asia Tenggara, bahkan dunia.

Kami sangat bangga karena kami dapat berpartisipasi dalam projek ini memperkenalkan dunia Ghibli kepada semua orang di Indonesia. Kejadian 22 film selama setahun ini adalah yang pertama sebelumnya tidak pernah ada dan Spirited Away akan menjadi film pembuka di bulan April ungkap Tatsuya Sakurai dari Hokuhodo DY media partners.

Tomi Fukuda dari Marubeni, mengungkapkan bahwa projek ini bisa ada di Indonesia karena waktu itu Studio Ghibli membuat iklan yang sangat bagus untuk Marubeni dan kebetulan saat ini Tomi ditempatkan di Jakarta dan saat ia berbicara kepada Suzuki-san setahun lalu, ternyata Ghibli belum melakukan kegiatan apapun di Indonesia.

Aa88105c169e6f057f58da9a10b80404

Sumber foto: kiri-kanan: Toshio Suzuki, Willawati, Tomi Fukuda, Sherina, Tatsuya Sakurai, No Face

Di akhir konferensi Toshio Suzuki, rekan sedari dulunya yang juga menjabat sebagai Produser Eksekutif Studio Ghibli mengatakan ia senang sekali dapat bekerjasama dengan Sherina dan Willa-san karena untuk projek ini, Sherina tidak hanya jago nyanyi tapi juga cantik. Semoga masyarakat Indonesia dapat menikmati rangkaian acara ini dan semakin banyak yang tahu Studio Ghibli.

Peluang industri kreatif Indonesia jadi semakin terbuka dan harapan Tim Ghibli, semoga kerjasama ini tidak sampai di sini saja. Untuk info lebih lengkapnya tentang kontribusi maupun jadwal film screening, kalian bisa cek situs resmi http://www.worldofghibli.id/ dan jangan lupa nonton filmnya di bioskop kesayanganmu dan ajak teman dan keluarga ke Eksebisi 'The World of Ghibli Jakarta' di bulan Agustus-September nanti.

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal