J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review : Gunnar Midnight Onyx

Review : Gunnar Midnight Onyx

Kamis, 23 Mei 2013, 14:37 WIB
Review : Gunnar Midnight Onyx, kacamata anti radiasi buatan Gunnar Optiks untuk menghindari mata lelah dan kering serta sakit kepala karena terlalu lama menatap layar komputer.

Seperti kebanyakan orang saat ini, setiap harinya saya menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer. Di tempat kerja, saya harus melihat layar monitor komputer hingga 8 jam dalam sehari. Di rumah pun, layar komputer atau laptop menjadi makanan mata sehari-hari, baik untuk browsing, nonton film hingga bermain game. Hal ini sudah tentu membebani mata yang harus terus menerus menatap layar.

Sesekali, saya melakukan beberapa cara menghindari mata lelah karena komputer yang pernah dibahas di Jalan Tikus dan memang cukup membantu. Namun, selama ini saya belum pernah menggunakan kacamata anti radiasi. Nah, kali ini, saya mendapat kesempatan untuk menjajal teknologi kacamata anti radiasi dari Gunnar.

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 2
Gunnar Optiks sudah mulai memproduksi kacamata anti radiasi sejak tahun 2007 dan mengklaim bahwa kacamata Gunnar dapat meningkatkan kenyamanan ketika menatap layar komputer serta mengurangi tingkat kelelahan mata bagi yang sering menghabiskan waktu di depan layar atau monitor komputer. Berdasarkan hal ini, saya penasaran dan memutuskan untuk mencobanya.

Design

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 5
Gunnar Midnight Onyx adalah salah satu dari berbagai varian kacamata yang tersedia. Menurut website resminya, Gunnar Midnight Onyx termasuk dalam kategori Advanced Computer Eyewear yang dirancang untuk kamu yang sering menghabiskan waktu menatap layar komputer.
Review Produk Gunnar Midnight Onyx 7
Gunnar Midnight Onyx menggunakan frame berwarna hitam dan tebal, terbuat dari bahan magnesium-aluminium alloy yang tidak berat sehingga nyaman ketika digunakan. Gagangnya fleksibel, dengan komponen per yang dapat menyesuaikan ukuran wajah penggunanya waktu digunakan dan terdapat logo Gunnar di kedua sisinya. Lensanya berwarna kuning, dengan tulisan Gunnar di lensa sebelah kiri atas.

Meski nyaman digunakan, namun penggunaan dalam jangka waktu lama akan meninggalkan bekas kacamata di bagian atas hidung, sama seperti kacamata pada umumnya.

Fitur Gunnar Optiks menekankan teknologinya untuk mengurangi tingkat lelah atau stress pada mata dan menggunakan istilah seperti diAMIX lens material, iFI lens coatings, fRACTYL lens geometry dan iONIK lens tints. Hmm.. apa saja ya arti istilah - istilah ini?

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 10
diAMIX Gunnar menggunakan bahan lensa bening yang diklaim kuat dan anti gores. Lensa Gunnar memang bening dan cukup kuat. Selama seminggu saya gunakan, tidak ada goresan yang muncul di lensa Gunnar.

iFI Ini adalah lapisan pada lensa Gunnar yang menjadikannya anti gores dan melapisi lensa sehingga tidak mudah kotor, seperti bekas sidik jari dan sebagainya. Tapi, selama seminggu digunakan, saya merasa lensa Gunnar cukup mudah kotor dan tidak mudah untuk dibersihkan. Waktu digunakan, saya sempat memegang lensa dengan tangan yang menyebabkan adanya bekas jari di lensa dan cukup sulit untuk dibersihkan kembali seperti semula.

fRACTYL Geometri atau bentuk dan ukuran lensa yang dibuat sedemikian rupa dan diklaim dapat meningkatkan pandangan mata, fokus dan membungkus mata untuk mengurangi sirkulasi udara di area sekitar mata dan menghindari mata kering. Fitur ini cukup terasa membantu karena kebetulan tempat kerja saya dekat dengan AC sehingga anginnya mengenai wajah, Gunnar dapat sedikit melindungi mata saya dari angin AC, meski masih ada angin yang masuk dari bagian bawah mata.

iONIK Warna Lensa Gunnar dibuat khusus untuk menghasilkan warna yang hangat di mata serta meningkatkan kontras. Hasilnya, warna kuning pada lensa Gunnar dapat mengurangi tingkat cahaya biru yang dipancarkan oleh layar atau monitor komputer.

Filter ini terbukti dapat mengurangi lelah pada mata dan juga dapat membuat cahaya lampu seperti lampu kantor menjadi lembut. Selain itu, lensa berwarna ini juga memblokir sinar UVA dan UVB yang dapat merusak mata.

Bagi kamu yang sudah memiliki masalah mata, misalnya mata minus atau silinder, Gunnar menyediakan prescription lens yang bisa dipesan secara khusus. Tentu saja, kamu harus membayar lebih untuk ini.

Performa

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 8
Pertama kali menggunakan Gunnar Midnight Onyx, layar monitor terasa lebih besar dan warna menjadi lebih lembut. Warna putih menjadi kuning, tulisan di layar terlihat lebih besar dan efek 3D lebih terasa. Anehnya, meski berbeda dari tampilan layar biasa, warna ini justru lebih nyaman di mata.

Setelah menggunakan kacamata Gunnar setiap hari selama seminggu, saya merasa kacamata Gunnar cukup membantu dalam mengurangi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer.

Karena penasaran, saya juga mencoba Gunnar untuk bermain game menggunakan layar monitor berukuran 22 inci. Kali ini, saya memainkan game Assassin Creed 3, salah satu game favorit saya. Hasilnya, saya rasa kacamata Gunnar Midnight Onyx tidak cocok untuk digunakan bermain game ini, karena lensanya yang berwarna kuning, Gunnar mengganggu tampilan gambar game tersebut.

Aksesoris

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 4
Dalam box pembelian Gunnar Midnight Onyx, terdapat pouch kacamata berwarna putih. Sayangnya, karena berwarna putih dan berbentuk pouch, aksesoris ini sepertinya tidak terlalu berguna. Selain mudah terlihat kotor, pouch yang diberikan juga menggunakan bahan yang sangat tipis dan tidak bisa melindungi kacamata dari benturan apabila dimasukkan ke dalam tas.

Harga Gunnar Midnight Onyx dijual seharga US$149 di website resminya atau sekitar Rp. 1.250.000 di Indonesia. Cukup mahal dan tidak direkomendasikan untuk semua orang. Namun jika kamu memang menghabiskan banyak waktu menatap layar komputer dan merasa kesehatan mata adalah penting, Gunnar Midnight Onyx bisa kamu pertimbangkan karena dapat membantu mengurangi mata lelah.

Kesimpulan

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 1
Gunnar Midnight Onyx adalah perangkat yang ditujukan bagi kamu yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Kacamata ini terbukti amat membantu mengurangi mata lelah dan tentunya baik untuk kesehatan mata kamu. Namun karena harganya yang cukup mahal, Gunnar Midnight Onyx mungkin bukan menjadi barang yang menjadi incaran bagi kebanyakan orang.

Selain itu, melihat harganya yang cukup mahal, sepertinya Gunnar bisa menyertakan lebih banyak aksesoris dalam box pembeliannya, misalnya tempat kacamata yang dapat melindungi kacamata dari benturan serta kain pembersih lensanya.

Secara keseluruhan, Gunnar Midnight Onyx amat membantu dalam mengurangi mata lelah, meningkatkan kontras dan mengurangi sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar monitor.

Spesifikasi

Review Produk Gunnar Midnight Onyx 11
Ukuran mata : 60mm Panjang gagang : 130mm Lebar penyangga hidung : 16mm Tinggi lensa : 38mm Berat : 35 gram
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips Mengurangi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Tips Mengurangi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Solusi Layar Laptop Rusak atau Bergaris

Solusi Layar Laptop Rusak atau Bergaris

Lenovo Targetkan Penjualan Komputer Layar Sentuh Hingga 100 Juta Unit Per Tahun

Lenovo Targetkan Penjualan Komputer Layar Sentuh Hingga 100 Juta Unit Per Tahun

Tips Merawat Layar Sentuh Smartphone atau Tablet

Tips Merawat Layar Sentuh Smartphone atau Tablet

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal