• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Sistem Operasi HP yang Gagal Total, Hongmeng Termasuk?

10 Sistem Operasi HP yang Gagal Total, Hongmeng Termasuk?

00
Selasa, 23 Jul 2019, 12:00 WIB
Diharapkan bisa menjadi pesaing Android dan iOS, 10 sistem operasi HP ini justru malah gagal total di tengah jalan.

Berbicara mengenai sistem operasi, apa, sih, sistem operasi yang kamu tahu saat ini, geng? Android dan iOS?

Memiliki popularitas yang bagus, nggak mengherankan jika Android dan iOS menjadi sistem operasi yang sangat dikenal baik oleh publik, geng.

Namun, sepertinya kedua sistem operasi tersebut harus waspada karena belakangan ini Huawei dikabarkan tengah menyiapkan sistem operasi baru bernama Hongmeng OS sebagai pesaing Android.

Belum juga resmi diluncurkan, Huawei justru sedang menggarap sistem operasi baru lainnya bernama Harmony. Lalu, akankan Hongmeng OS masuk ke dalam daftar sistem operasi HP yang gagal seperti berikut ini?

Sistem Operasi HP yang Gagal Total

Jika selama ini mungkin kamu hanya akrab dengan sistem operasi Android dan iOS saja, kenyataannya masih banyak lho sistem operasi HP lain yang pernah diciptakan, geng.

Sayangnya, beberapa sistem operasi tersebut harus lengser di pasaran karena antusiasme masyarakat yang nggak sesuai harapan.

Mau tahu apa saja sistem operasi HP yang gagal total? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, geng!

1. Tizen

Tizen Fbf1f

Dikembangkan sejak awal tahun 2012 lalu, sistem operasi Tizen sebenarnya merupakan peleburan antara Samsung Linux Platform (SLP) dengan Linux Mobile (LiMo) lewat proyek gabungan Linux Fondation dengan Samsung.

Memiliki slogan The OS of Everything , menariknya sistem operasi Tizen ini sendiri dapat digunakan di berbagai jenis perangkat seperti smartphone, kamera, tv, mobil, tablet, dan lain-lain, geng.

Diharapkan mampu menyaingi Android dan iOS, sayangnya sistem operasi Tizen harus gagal di pasaran.

2. BlackBerry OS

BlackBerry OS E9a63

BlackBerry OS merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk perusahaan BlackBerry.

Penggunaan BlacBerry OS sendiri sempat berjaya dan bahkan mendominasi seiring dengan banyaknya jumlah pengguna smartphone BlackBerry pada saat itu, geng.

Sayangnya, dominasi BlackBerry di industri smartphone harus kandas saat sistem operasi Android diluncurkan.

Tak ingin terus terpuruk, BlackBerry akhirnya memutuskan penggunaan sistem operasi Android di beberapa smartphone besutannya, sayangnya hal itu tak cukup membantu untuk membuat BlackBerry bertahan, geng

3. Symbian

Symbian 3744f

Buat kamu pengguna HP Nokia, pasti sudah nggak asing lagi dengan sistem operasi yang satu ini, ya, geng.

Symbian sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk perangkat mobile.

Sempat menjadi penguasa pasar sistem operasi, Symbian sayangnya harus mundur karena kalah saing dengan sistem operasi buatan Google, Andorid.

4. Palm OS

Palm OS 46dae

Palm OS atau yang juga dikenal sebagai Garnet OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc., untuk perangkat Personal Digital Assistant (PDA) pada tahun 1996.

Palm OS dirancang untuk memberikan kemudahan penggunaan layar sentuh berbasis Graphical User Interface (GUI).

Sayangnya, pada tahun 2009 pengembangan sistem operasi Palm OS ini harus dihentikan karena nggak lagi mampu bertahan di pasaran, geng.

5. Samsung bada

Samsung Bada Cc601

Dari namanya pasti kamu sudah tahu kalau Samsung bada merupakan sistem operasi yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi yang berpusat di Korea yaitu Samsung Electronics Co.Ltd.

Samsung bada sendiri resmi diluncurkan pada 10 Desember 2009 silam dan dirancang sebagai sistem operasi terbuka (open source) yang membuatnya harus bertarung dengan para kompetitor seperti Android dan Symbian.

Meskipun di sistem operasi Samsung bada versi terbarunya yaitu 2.0 menawarkan berbagai fitur menarik, sayangnya hal tersebut nggak cukup untuk membuat OS ini bertahan lama, geng.

Sistem Operasi HP yang Gagal Total Lainnya...

6. Windows Phone

Windows Phone C31f9

Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile.

Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2010 lalu dan diluncurkan di pasar Asia pada awal 2011.

Lewat sistem operasi Windows Phone ini Microsoft menciptakan user interface baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI.

Tidak mengikuti jejak kesuksesan dari sistem operasi Microsoft Windows untuk PC, pengembangan OS Windows Phone sayangnya harus dihentikan, geng.

7. Sailfish OS

Sailfish OS 101df

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Jolla bersama dengan beberapa alumni Nokia ini nggak cuma menghadirkan interface dan user experience yang berbeda saja, tapi juga memberi angin baru di tengah dominasi Android.

Sailfish OS sendiri berjalan dengan native code linux yang menjadi inti dari sistem ini sehingga sistem operasi ini lebih mulus tanpa lag.

Meskipun dinilai bisa memberikan performa yang lebih lancar daripada sistem operasi Android, sayangnya Sailfish OS ini nggak mampu bertahan lama di pasaran, geng.

8. Plasma Mobile

Plasma Mobile 06e41

Plasma Mobile adalah sistem operasi yang diperkenalkan oleh KDE Community pada pertengahan 2016 lalu dan diklaim memiliki empat keunggulan utama yang nggak dimiliki oleh sistem operasi lainnya.

Keunggulan tersebut di antaranya gratis, mudah untuk digunakan, keamanan privasi tingkat tinggi, dan lebih mudah untuk dikustomisasi jika dibandingkan dengan Android, geng.

Meskipun begitu, Plasma Mobile ini hanya dikembangkan sampai tahap prototipe saja, geng.

9. H5 OS

H5 OS Custom B9dff

H5 OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Acadine Technologies, perusahaan teknologi yang didirikan oleh Li Gong, mantan presiden Firefox.

H5 OS sendiri nggak mengadopsi sistem operasi berbasis Linux seperti kebanyakan OS, melainkan berbasis HTML5 seperti Firefox OS.

Oleh karena itu, mereka mengklaim kalau H5 OS memiliki berbagai kelebihan yang nggak dimiliki oleh sistem operasi lain, seperti mudah diadaptasi hingga penggunaan memori yang lebih efisien.

Meskipun begitu, kenyataannya sistem operasi H5 OS ini nggak mampu mengalahkan popularitas Android, geng.

10. Firefox OS

Firefox Os 1bcf0

Dinaungi nama besar Mozilla, ternyata hal tersebut nggak lantas membuat Firefox OS bisa bertahan lama di pasaran, geng.

Mozilla meluncurkan Firefox OS pada 2013 silam dalam upayanya membuat sistem operasi alternatif Android untuk HP murah.

Meskipun HP dengan sistem operasi ini sudah dibanderol dengan harga yang terjangkau, tapi sayangnya Firefox OS harus gagal menarik perhatian pengguna, geng.

Hingga pada tahun 2016, Mozilla akhirnya menghentikan pengembangan sistem operasi Firefox OS untuk smartphone.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 10 sistem operasi gagal yang pernah dibuat, geng. Meskipun ada banyak sekali jumlahnya, tapi nggak ada satupun sistem operasi di atas yang mampu mengalahkan popularitas Android dan iOS.

Dari kesepuluh sistem operasi di atas, OS mana, sih, yang pernah kamu pakai, geng? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Sistem Operasi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Game Terbaik Sepanjang Masa Banner B9f58

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Ultrabook Terbaik 2019 8670b

7 Rekomendasi Laptop Ultrabook Terbaik 2019 | Stylish dan Elegan!

Game Paling Buruk Sedunia Banner 5b1c8

7 Game Paling Buruk Sedunia, Main Semenit Auto Bosan!

Hongmeng Berpotensi Membahyakan Google 21f16

Kehadiran Sistem Operasi Hongmeng Besutan Huawei Ancam Google dan Amerika, Kok Bisa?

Fakta Seputar Hongmeng 24b89

7 Fakta Seputar Sistem Operasi Hongmeng Besutan Huawei, Bisakah Menggantikan Android?

Film Buruk Yang Punya Banyak Penggemar 1e999

7 Film Buruk yang Punya Banyak Penggemar | No. 2 Laku Banget di Indonesia!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal