J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer dengan SpeedFan

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer dengan SpeedFan

Selasa, 14 Mei 2013, 11:47 WIB
Cara Mudah Monitor Suhu Komputer dengan SpeedFan untuk melakukan perawatan komponen komputer agar dapat bekerja secara optimal.

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan sebagian besar orang saat ini. Karena itu, penting bagi kamu untuk memastikan komputer bekerja secara optimal agar tahan lama. Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam perawatan komputer adalah temperatur komputer, karena panas yang berlebihan bisa merusak komputer.

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 1
SpeedFan adalah software untuk memeriksa suhu komputer yang dirancang untuk memudahkan kamu mengetahui hingga detail suhu masing-masing komponen komputer.

Sebelumnya, Jalan Tikus sudah pernah menulis Review SpeedFan dan saat ini SpeedFan sudah merilis versi 4.49. Salah satu hal yang menarik dari SpeedFan adalah kesederhanaannya. Meski terus diupdate secara rutin, namun tampilan SpeedFan tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya.

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 2
Installer SpeedFan dirancang semudah mungkin dan tentunya tidak disertai aplikasi-aplikasi tambahan seperti browser toolbar atau aplikasi lainnya yang tidak diinginkan penggunanya.

Dalam penggunaannya, SpeedFan akan menampilkan berbagai angka yang menunjukkan status berbagai komponen komputer kamu. SpeedFan memiliki 6 tab yang berisi berbagai informasi dan penjelasan yang dapat dengan mudah kamu mengerti.

Exotics SpeedFan

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 3
Fitur ini masih dalam tahap beta dan hanya menyediakan sebuah tombol bertuliskan "Show the magic" . Tab Exotics menampilkan informasi suhu sama seperti pada tab Reading, ditambah dengan informasi rating hard-drive S.M.A.R.T(HD0 and HD1), penggunaan setiap CPU dan system uptime.

S.M.A.R.T

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 4
Pada tab S.M.A.R.T, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai hard drive kamu, karena SpeedFan menyediakan lebih dari informasi suhu saja. Kamu bisa mengetahui informasi tahun pembuatan, model atau firmware hard drive, ditambah dengan informasi kondisi hard drive tersebut.
Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 5
Berbagai metric yang ditampilkan menggunakan nama yang cukup aneh dan tidak ada penjelasan lengkap mengenai masing-masing metric, sehingga jika kamu penasaran apa artinya, kamu harus mulai Googling dan mencari informasi tersebut.

Charts

Cara Mudah Monitor Suhu Komputer Speedfan 6
Tab Charts menampilkan grafik yang menunjukkan berbagai informasi suhu komputer kamu. Sayangnya, fitur ini tidak disertai export data, misalnya ke CSV atau XLS agar kamu bisa menyimpan datanya secara langsung.

Kesimpulan SpeedFan adalah software dengan tampilan sederhana yang sangat berguna bagi kamu untuk mengetahui informasi suhu komponen komputer. Software semacam ini kamu perlukan misalnya ketika kamu merasa komputer kamu bermasalah, sehingga bisa kamu ketahui apakah masalahnya berhubungan dengan suhu komputer yang bermasalah.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

4 Cara Cepat Mendinginkan Komputer

4 Cara Cepat Mendinginkan Komputer

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal