24 Anime Paling Sedih Terbaik Sepanjang Masa, Auto Mewek & Baper!

Default

Anime sedih atau sad anime selalu punya cerita yang bisa bikin penontonnya baper, bahkan sampai ikut meneteskan air mata saat menonton animenya.

Memang, sebagai manusia, terkadang kita butuh pengalihan dalam menjalani rutinitas. Salah satunya adalah dengan menonton sesuatu, misalnya anime.

Salah satu genre yang diminati oleh banyak orang adalah cerita anime sedih yang memicu tumpahnya air mata. Enggak cuma drama Korea, anime juga punya banyak cerita sedih.

Jadi, siapkan tisumu, karena kali ini Jaka akan kasih kamu rekomendasi anime sedih terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton. SPOILER ALERT!

1. Hotaru no Haka (Graves of the Fireflies)

Berlatar belakang ketika Jepang baru saja menyerah pada Perang Dunia II, Graves of the Fireflies menyuguhkan drama yang akan membuat hatimu terenyuh.

Anime sedih terbaik dari Studio Ghibli ini menceritakan dua orang saudara bernama Seita dan Setsuko yang ibunya terbunuh ketika Amerika Serikat mengebom Jepang.

Sementara itu, ayah mereka bekerja di angkatan laut, sehingga dua saudara ini tinggal di rumah bibinya yang galak, geng.

Merasa tidak betah, mereka berdua memutuskan untuk hidup sendiri dengan bernaung di bunker bekas perang. Di saat itulah, kehidupan tragis mereka dimulai.

Disajikan dalam bentuk flashback, anime movie sad ending ini bakal menunjukkan kengerian yang dihasilkan oleh perang dan betapa buruk dampaknya untuk warga sipil yang tak bersalah.

Keterangan Graves of the Fireflies
Rating (Jumlah Pengulas) 8.54 (171.295)
Tanggal Rilis 16 April 1988
Studio Studio Ghibli
Genre Drama

Sejarah
Durasi 1 jam 28 menit

2. Kimi No Na Wa (Your Name)

Kimi No Na Wa adalah anime yang sempat booming di tahun 2016 dan sukses membuat penontonnya merasakan dampak emosional yang luar biasa, geng.

Anime Kimi No Na Wa ini menceritakan kisah Mitsuha dan Taki, sepasang anak SMA yang entah bagaimana bertukar tubuh dan harus menjalani kehidupan masing-masing.

Untuk berkomunikasi, keduanya saling meninggalkan catatan di kertas dan memo di ponsel mereka hingga keduanya mulai saling berbagi tentang kehidupan satu sama lain, termasuk saat Mitsuha memberi tahu Taki tentang sebuah komet yang akan mendekati Bumi dalam beberapa hari.

Saat suatu hari keduanya tiba-tiba tak bisa lagi bertukar tubuh, Taki mencari keberadaan Mitsuha meski tak mengetahui di mana gadis itu tinggal.

Kelanjutan dari Kimi No Na Wa dijamin bikin kamu ikut tegang. Jadi, apakah ini termasuk dalam anime dengan ending perpisahan? Langsung nonton aja, geng!

Keterangan Kimi No Na Wa
Rating (Jumlah Pengulas) 8.91 (1.412.503)
Tanggal Rilis 26 Agustus 2016
Studio CoMix Wave Films
Genre Romance

Supernatural

Drama

School
Durasi 1 jam 46 menit

3. Colorful (2010)

Colorful adalah anime dengan genre drama supernatural yang akan membuat kamu merasa emosional. Beda dari judulnya, film ini punya cerita yang cukup dark, geng.

Dikisahkan ada 1 jiwa yang depresi telah sampai di stasiun kereta api kematian. Di sana, petuga mengatakan bahwa jiwa tersebut berhasil memenangkan lotere dan jadi jiwa yang beruntung. Ia bisa kembali ke kehidupan.

Jiwa tersebut tidak mau hidup kembali, tapi ia terpaksa mengikutinya. Si jiwa harus tinggal di tubuh anak 14 tahun yang tewas karena bunuh diri bernama Makoto.

Si jiwa bertugas untuk mencari tahu apa yang mendorong si anak bunuh diri sembari mencari tahu dosanya sendiri.

Si jiwa memiliki batas waktu 6 bulan untuk semua tugas itu yang harus ia lakukan sambil menikmati kesempatan keduanya dalam hidup.

Keterangan Colorful
Rating (Jumlah Pengulas) 7.80 (71.597)
Tanggal Rilis 1 Agustus 2010
Studio Sunrise Ascension
Genre Drama

Supranatural
Durasi 2 jam 7 menit

4. Mirai no Mirai (2018)

Bagi kamu yang suka anime fantasi terbaik, Mirai no Mirai bisa jadi pilihan. Anime sedih terbaik ini juga punya elemen petualangan dan drama yang seru.

Berkisah tentang Kun Oota, seorang anak berusia 4 tahun yang disayangi semua orang. Kehidupannya berubah ketika ia memiliki seorang adik perempuan bernama Mirai. Tiba-tiba Kun tidak lagi jadi yang paling disayang.

Merasa marah, suatu hari Kun pergi ke taman dan ia bertemu dengan beberapa tamu dari masa lalu dan masa depan. Salah satunya adalah remaja perempuan yang mengaku sebagai Mirai dari masa depan.

Bersama, mereka berpetualang di luar angkasa dan belajar lebih dalam soal keluarga.

Keterangan Mirai no Mirai
Rating (Jumlah Pengulas) 7.30 (49.704)
Tanggal Rilis 20 Juli 2018
Studio Studio Chizu
Genre Drama

Petualangan
Durasi 1 jam 38 menit

5. Kono Sekai no Katasumi ni (2016)

Salah satu anime terbaik Grave of the Fireflies bukan satu-satunya anime paling sedih yang bersetting di Perang Dunia II, geng. Namun ada juga anime berjudul Kono Sekai no Katasumi ni.

Anime ini gak cuman menceritakan penderitaan dan juga kehilangan, tapi juga bagaimana cara hidup sebahagia mungkin bahkan ketika waktu sedang sulit.

Suzu Urano adalah wanita yang cantik dan pekerja keras. Ia pindah ke Kure di Hiroshima setelah menikah saat baru berusia 18 tahun.

Selama perang, Suzu harus berjuang menghidupi keluarganya dengan keadaan kekurangan makanan akibat bom Hiroshima. Siapkan tisu karena kamu pasti gak bisa menahan air mata.

Keterangan Kono Sekai no Katasumi ni
Rating (Jumlah Pengulas) 8.22 (59.655)
Tanggal Rilis 14 Juli 2017
Studio Animatsu Entertainment
Genre Drama

War
Durasi 2 jam 42 menit

6. Perfect Blue (1998)

Anime Perfect Blue berkisah tentang Mira Kirigoe, seorang penyanyi pop terkenal yang juga anggota grup idol J-Pop CHAM!. Ia memutuskan meninggalkan grupnya untuk mengejar karier akting.

Namun karier akting Mira tidak berjalan sukses. Film-filmnya jelek, sementara grupnya makin sukses. Perlahan ia mulai kehilangan kewarasannya.

Anime ini gak hanya bisa bikin kamu menangis karena kasihan melihat nasib Mira, tapi juga punya cerita yang sangat dalam. Hati-hati ya saat menonton film ini karena anime ini khusus dewasa dan punya banyak adegan seksualitas.

Keterangan Perfect Blue
Rating (Jumlah Pengulas) 8.51 (256.462)
Tanggal Rilis 28 Februari 1998
Studio Madhouse
Genre Misteri

Drama
Durasi 1 jam 21 menit

7. Doukyuusei (2016)

Doukyuusei bisa disebut sebagai salah satu anime romantis terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Tapi jangan salah, geng. Anime ini gak hanya menggemaskan tapi juga bisa menyayat hati.

Bercerita tentang kisah cinta 2 remaja laki-laki bernama Rihito Sajou dan Hiraku Kusakabe. Rihito adalah si anak pintar, sementara Hiraku anak band.

Keduanya bertemu di festival musik dan sejak itu jadi sering berinteraksi. Seiring berjalannya waktu, mereka pun saling jatuh cinta dan menjalin hubungan yang manis.

Keterangan Doukyuusei
Rating (Jumlah Pengulas) 8.32 (106.051)
Tanggal Rilis 26 Februari 2016
Genre Romance

School
Durasi 1 jam

8. Jin-Roh: Wolf Brigade (2000)

Kisah dalam film anime action terbaik ini terasa gelap banget.

Dikisahkan pada Perang Dunia II, seorang polisi anti-teror bernama Fuse diskors dari pekerjaannya setelah seorang gadis muda meledakkan bom bunuh diri dalam operasi.

Fuse pun berusaha menggali informasi soal sang gadis, ketika ia bertemu dengan saudari si gadis.

Keduanya pun berteman dan akhirnya bekerja sama ketika mereka terseret dalam rivalitas antara administrasi polisi dan unit komando anti teroris bernama Jin Roh.

Keterangan Jin-Roh: Wolf Brigade
Rating (Jumlah Pengulas) 7.78 (61.967)
Tanggal Rilis 3 Juni 2000
Studio Production I.G/ING
Genre Action
Durasi 1 jam 38 menit

9. The Place Promised in Our Early Days (2004)

Cerita dalam anime ini terjadi di periode alternatif, yakni di tahun 1996. Ceritanya, Jepang terbagi jadi 2. Hokkaido berada di bawah pemerintahan Union. Sementara pulau-pulau di selatan berada di bawah Amerika Serikat.

Di musim panas 1996, 3 orang siswa SMP berjanji mereka akan menyebrangi perbatasan dengan pesawat yang mereka buat sendiri. Bisakah mereka melakukan misi tersebut?

Keterangan The Place Promised in Our Early Days
Rating (Jumlah Pengulas) 7.52 (81.680)
Tanggal Rilis 20 November 2004
Studio CoMix Wave Inc.
Genre Romance

Supernatural

Drama

School
Durasi 1 jam 30 menit

10. The Girl Who Leapt Through Time (2006)

Anime genre sci-fi drama ini bercerita tentang Makoto, seorang gadis yang punya kekuatan time travel. Ia pun menggunakan kekuatannya untuk memperbaiki berbagai masalah.

Namun seperti halnya film time travel terbaik lainnya, aksi time travel bisa menyebabkan berbagai konsekuensi yang tidak diinginkan.

Keterangan The Girl Who Leapt Through Time
Rating (Jumlah Pengulas) 8.16 (395.490)
Tanggal Rilis 15 Juli 2006
Studio Madhouse
Genre Romance

Science-Fiction
Durasi 1 jam 38 menit

Anime Tersedih Lainnya...

11. Air (2005)

Anime ini diadaptasi dari novel berjudul sama. Ada 2 cerita yang berjalan paralel. Cerita pertama adalah Yukito Kunisaki dan Misuzu Kamio di masa kini. Sementara cerita lain berkisah tentang Kanna dan Ryuya di masa lalu.

Ternyata hubungan keempat orang tersebut saling berkaitan dari dulu sampai sekarang dan diselimuti misteri yang mengenaskan. Apakah mereka bisa mematahkannya dan hidup bahagia selamanya?

Keterangan Air
Rating (Jumlah Pengulas) 7.30 (139.022)
Tanggal Rilis 5 Februari 2005
Studio Toei Animation
Genre Romance

Fantasy
Durasi 1 jam 31 menit

12. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Your Lie in April adalah salah satu anime sedih terbaik yang dianggap bisa menggambarkan betapa pentingnya cinta dan persahabatan melalui musik.

Your Lie in April Bercerita tentang seorang remaja bernama Arima Kousei yang trauma memainkan alat musik, terutama piano, karena kematian ibunya.

Lantas, ia bertemu dengan gadis pemain biola bernama Miyazono Kaori yang berusaha mengajak Kousei bermain musik kembali secara perlahan-lahan.

Betapa erat dan indahnya hubungan antara kedua karakter dalam anime sad ending Your Lie in April ini justru membawa kita ke dalam jurang kesedihan yang sangat dalam.

Keterangan Your Lie in April
Rating (Jumlah Pengulas) 8.86 (503.257)
Tanggal Rilis 10 Oktober 2014
Studio A-1 Pictures
Genre Drama

Musik

Romance

School

Shounen
Jumlah Episode 22

13. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

Anime sedih terbaik yang juga punya elemen romantis selanjutnya adalah Boku dake ga Inai Machi atau biasa dikenal dengan judul bahasa Inggrisnya, Erased, geng.

Seorang mangaka berusia 29 tahun, Satoru Fujinuma menemukan fakta bahwa dirinya mampu bergerak mundur dalam waktu walaupun ia belum bisa mengusai kekuatan tersebut.

Ia memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk melakukan hal-hal baik. Sayang, suatu ketika ia mendapati dirinya sedang dijebak dalam sebuah kasus pembunuhan.

Ketika dalam masa pengejaran, ia kembali ke tahun 1988 ketika masih kecil, berharap bisa mengungkap siapa pembunuh yang sebenarnya.

Sebelum nonton, kamu harus menyiapkan diri karena anime baper menyedihkan ini bisa membuatmu merasakan emosi yang pahit seperti yang dirasakan karakter utamanya.

Keterangan Erased
Rating (Jumlah Pengulas) 8.54 531.028
Tanggal Rilis 8 Januari 2016
Studio A-1 Pictures
Genre Misteri

Psikologi

Supernaturan

Seinen
Jumlah Episode 12

14. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: The Flower We Saw That Day)

Terlepas dari judulnya yang panjang sehingga susah dihafalkan, anime sedih terbaik Jepang ini akan meninggalkan jejak di hatimu karena kisah sedih yang dimilikinya.

Anohana bercerita seputar persahabatan dan cinta antara enam teman masa kecil yang terpisah setelah kematian salah seseorang dari mereka yang bernama Menma.

Kelima orang yang tersisa menyalahkan dirinya masing-masing dan terbebani oleh pikiran mereka sendiri, hingga salah seorang dari mereka didatangi oleh roh Menma.

Anohana merupakan anime romance sedih dengan cerita yang menarik dengan mengangkat tragedi dari masa lalu. Nggak heran, Anohana disebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa!

Keterangan Anohana
Rating (Jumlah Pengulas) 8.52 (455.794)
Tanggal Rilis 15 April 2011
Studio A-1 Pictures
Genre Slice of Life

Supernatural

Drama
Jumlah Episode 11

15. The Wind Rises

Cita-cita Jirou Horikoshi untuk merancang dan membuat pesawat seperti idolanya, Giovanni Battista Caproni, sang pelopor pesawat asal Italia membuatnya mantap meninggalkan kampung halaman untuk melanjutkan studi ke Tokyo Imperial University.

Kedatangannya di ibu kota bertepatan dengan Gempa Besar Kanto tahun 1923, di mana ia menyelamatkan seorang pelayan yang melayani keluarga seorang gadis muda bernama Naoko Satomi.

Bencana tersebut juga menandai awal lebih dari dua dekade kerusuhan sosial dan awal menyerahnya Jepang dalam Perang Dunia II.

Apakah mimpi Jirou dapat berlanjut? Mendingan kamu nonton anime sedih terbaik dari Studio Ghibli ini, geng.

Keterangan The Wind Rises
Rating (Jumlah Pengulas) 8.11 (134.378)
Tanggal Rilis 20 Juli 2013
Studio Studio Ghibli
Genre Sejarah

Drama

Romance
Durasi 2 jam 6 menit

16. Angel Beats!

Banyak anime tentang kehidupan sekolah, termasuk Angel Beats! yang satu ini. Tapi, sad anime terbaik ini cukup berbeda.

Sekolah dalam anime yang sedih ini bukanlah sekolah biasa karena mampu menjadi tempat bernaungnya jiwa orang-orang yang telah meninggal tapi tidak bisa melepaskan keterikatan pada dunia.

Dengan kata lain, para roh tersebut tidak bisa hidup tenang. Mereka harus belajar untuk melepaskan, geng.

Tidak cukup di situ, kesedihan dan rasa sakit dalam anime terbaik yang terus menerus dialami karakternya akan membuat air mata kamu terus mengalir.

Keterangan Angel Beats!
Rating (Jumlah Pengulas) 8.28 (714.781)
Tanggal Rilis 3 April 2010
Studio P.A. Works
Genre Aksi

Komedi

Drama

Sekolah

Supernatural
Jumlah Episode 13

17. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Kamu merasa sering mem-bully teman kelasmu karena kekurangan yang dimilikinya? Kalau iya, kamu wajib nonton Koe no Katachi yang satu ini, geng!

Film anime sedih ini bercerita tentang seorang gadis tuli bernama Shouko Nishimiya. Ia baru pindah ke sekolah dasar dan bertemu dengan Shouya Ishida.

Parahnya, Shouya kerap mengejek Shouko secara keterlaluan, hingga akhirnya gadis tersebut memutuskan untuk pindah sekolah.

Akibat dari perbuatannya, Shouya pun jadi di-bully oleh teman-teman kelasnya. Hal tersebut membuat ia menjadi sosok pendiam yang menghindari interaksi dengan orang lain.

Yang menyakitkan dari anime sedih movie ini adalah cerita susah payahnya perjuangan Shouya agar bisa meminta maaf ke Shouko, membuat hati kita akan tersentuh. Pokoknya film ini jenis sedih yang bikin kamu gak bisa nahan air mata deh.

Keterangan A Silent Voice
Rating (Jumlah Pengulas) 9.03 (418.489)
Tanggal Rilis 17 September 2016
Studio Kyoto Animation
Genre Drama

Sekolah

Shounen
Durasi 2 jam 10 menit

18. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away merupakan anime movie terbaik yang menceritakan gadis berusia 10 tahun, Chihiro Ogino yang baru pindah rumah bersama orangtuanya.

Saat perjalanan ke rumah baru, mereka menemukan sebuah terowongan. Setelah ditelusuri, ternyata di ujung terowongan tersebut adalah padang rumput yang sangat indah.

Mereka terus penasaran dan berjalan lebih jauh hingga menemukan suatu tempat dengan berbagai booth seperti di festival, namun tidak ada seorang pun yang menjaga.

Singkat cerita, orangtuanya berubah menjadi babi. Chihiro pun sadar bahwa ia sudah memasuki alam roh dan ia harus berbuat sesuatu untuk mengembalikan orangtuanya.

Meskipun ceritanya nggak seperti sad anime sedih, namun anime terbaik Studio Ghibli ini merupakan anime movie sad ending yang bakal membuatmu berkaca-kaca di akhir film.

Keterangan Spirited Away
Rating (Jumlah Pengulas) 8.91 (572.023)
Tanggal Rilis 20 Juli 2001
Studio Studio Ghibli
Genre Petualangan

Supernatural

Drama
Durasi 2 jam 5 menit

19. Ookammu Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Bagaimana rasanya menjadi single parent dengan mengasuh dua anak Werewolf? Itulah yang dirasakan oleh Hana dari film Wolf Children.

Ia jatuh cinta dengan teman kelasnya yang ternyata bisa berubah menjadi serigala. Hana mengabaikan fakta tersebut dan memutuskan untuk tetap menikahinya.

Lantas, Hana melahirkan dua anak, yakni Yuki dan Ame. Sayangnya, suaminya meninggal tak lama setelah kelahiran anak bungsunya.

Dianggap membahayakan para tetangganya, Hana memutuskan untuk pindah bersama kedua anaknya yang belum bisa mengontrol perubahan mereka.

Di tempat tinggalnya yang baru itulah, kesabaran Hana dalam mengasuh kedua anak serigalanya benar-benar diuji. Seperti apakah kelanjutan film anime sedih terbaik ini?

Keterangan Wolf Children
Rating (Jumlah Pengulas) 8.74 (240.331)
Tanggal Rilis 21 Juli 2012
Studio Studio Chizu
Genre Fantasi

Slice of Life
Durasi 1 jam 57 menit

20. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e bercerita tentang seorang anak enam tahun bernama Hotaru Takegawa yang tersesat di tengah hutan kuno saat mengunjungi pamannya. Itu menjadi awal pertemuannya dengan seorang roh hutan bertopeng bernama Gin.

Gin pun memberitahu Hotaru bahwa gadis kecil itu tak boleh menyentuhnya, atau dirinya akan menghilang. Ia pun kemudian membawa Hotaru keluar dari hutan dan meminta anak itu untuk tak kembali lagi ke sana.

Namun, Hotaru terus menerus mengunjungi Gin di setiap musim panas yang menyebabkan keduanya semakin dekat dan perasaan romantis mulai hadir di antara keduanya - yang bertentangan dengan satu-satunya aturan.

Hotarubi no Mori e merupakan anime sad romance movie yang wajib kamu tonton sambil menghayatinya, dijamin ikut nangis!

Keterangan Hotarubi no Mori e
Rating (Jumlah Pengulas) 8.34 (360.443)
Tanggal Rilis 17 September 2011
Studio Brain's Base
Genre Drama

Romance

Shoujo

Supernatural
Durasi 45 menit

21. When Marnie Was There (2014)

Anime sedih yang bikin kamu mewek saat nonton selanjutnya adalah When Marnie Was There. Animasi ini sebenarnya diangkat dari novel karya Joan G. Robinson dengan judul sama.

Film ini berkisah tentang Anna, seorang bocah SD yang mengalami depresi hingga penyakit asmanya sering kambuh. Berdasarkan saran dokter akhirnya Anna pergi berlibur ke rumah paman dan bibinya di suatu desa dekat dengan laut.

Seiring waktu berlalu kehidupan Anna selama di desa berubah. Dan suatu ketika saat ia berjalan-jalan ia melihat sebuah rumah tua kosong yang terbengkalai dan sering disebut Rumah Marsh.

Karena rasa ingin tahu nya akhirnya Anna menjelajahi rumah tersebut dan bertemu dengan sosok Marnie, gadis cantik berambut pirang.

Dari situlah akhirnya seiring waktu berjalan Anne dan Marnie berteman. Dan mulai menemukan kebenaran dari Rumah Marsh.

Keterangan When Marnie Was There
Rating (Jumlah Pengulas) 8.09 (111.180)
Tanggal Rilis 19 Juli 2014
Studio Ghibli
Genre Misteri

Drama

Psikologis
Durasi 1 jam 43 menit

22. Clannad: After Story

Rekomendasi anime the best yang menyedihkan pertama adalah Clannad: After Story. Sekuel dari Clannad ini menceritakan seorang remaja bernama Tomoya.

Ia adalah seorang berandalan yang hidup berdua bersama ayahnya. Suatu ketika, ia bertemu dengan Nagisa dan kemudian menjadi sepasang kekasih.

Di sekuel sad anime ini, Tomoya berhasil lulus dari SMA. Sayang, Nagisa terpaksa tinggal kelas lagi karena sakit yang dideritanya.

Tomoya pun akhirnya bekerja untuk menyambung hidupnya sembari menunggu Nagisa lulus, lantas menikahinya. Akan tetapi, di sinilah drama kehidupan yang sebenarnya baru terjadi.

Clannad merupakan salah satu anime romantis sedih yang bikin nangis dan kental akan makna cinta dan keluarga. Wajib nonton selain anime romantis terbaik lainnya, geng!

Keterangan Clannad After Story
Rating (Jumlah Pengulas) 8.99 (399.975)
Tanggal Rilis 3 Oktober 2008
Studio Kyoto Animation
Genre Slice of Life

Komedi

Supernatural

Drama

Romance
Jumlah Episode 24

23. Plastic Memories

Tsukasa Mizugaki yang berusia delapan belas tahun telah gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi, tetapi setelah berusaha keras, ia berhasil mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan bernama SAI Corp.

Perusahaan itu memproduksi android yang begitu menyerupai manusia bernama Giftias dan memiliki umur maksimum 81.920 jam atau sekitar 9 tahun 4 bulan.

Dalam melakukan pekerjaannya, Tsukasa kemudian bekerjasama dengan seorang Giftia cantik bernama Isla yang menjadi partner-nya.

Seiring berjalannya waktu, Tsukasa mulai merasakan adanya perasaan yang tumbuh untuk Isla - meski dirinya tahu bahwa semuanya tak akan bertahan selamanya.

Keterangan Plastic Memories
Rating (Jumlah Pengulas) 7.93 (365.063)
Tanggal Rilis 5 April 2015
Studio Doga Kobo
Genre Sci-Fi

Drama

Romance
Jumlah Episode 13

24. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Terbagi menjadi 3 bagian cerita, 5 Centimeters Per Second menceritakan kehidupan dua sahabat yang terpisah ketika kecil, namun tetap menjalin kontak dengan bertukar pesan.

Kedua karakter dalam anime movie sedih ini adalah Tono Takaki dan Shinohara Akari. Sayangnya, makin lama jarak antara mereka berdua semakin melebar, geng.

Meski begitu, mereka terus berusaha tetap mengingat satu sama lain sambil berharap agar bisa bertemu lagi, setidaknya satu kali.

Kesedihan dari anime movie tersedih ini akan sangat dihayati oleh orang-orang yang pernah kehilangan teman mereka karena jarak, meskipun sekarang sudah ada teknologi keren.

Keterangan 5 Centimeters Per Second
Rating (Jumlah Pengulas) 7.90 (312.232)
Tanggal Rilis 3 Maret 2007
Studio CoMix Wave Films
Genre Slice of Life

Drama

Romance
Durasi 22 menit tiap bagian (3)

Rekomendasi Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa, Sedia Tisu!

Jika kamu memutuskan untuk nonton salah satu dari anime sedih di bawah, pastikan kamu sudah menyiapkan emosi dan tisu, geng.

Anime-anime berikut sedih dan mengharukannya bukan main, bikin terbayang-bayang hingga esok hari!

  1. Hotaru no Haka (Graves of the Fireflies)
  2. Kimi No Na Wa (Your Name)
  3. Colorful
  4. Mirai no Mirai
  5. Kono Sekai no Katasumi ni
  6. Perfect Blue
  7. Doukyuusei
  8. Jin-Roh: Wolf Brigade
  9. The Place Promised in Our Early Days
  10. The Girl Who Leapt Through Time
  11. Air
  12. Shigatsu Wa Kimi no Uso (Your Lie in April)
  13. Boku dake ga inai Machi (Erased)
  14. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: The Flower We Saw That Day)
  15. The Wind Rises
  16. Angel Beats!
  17. Koe no Katachi (A Silent Voice)
  18. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)
  19. Ookammu Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)
  20. Hotarubi no Mori e
  21. When Marnie Was There (2014)
  22. Clannad: After Story
  23. Plastic Memories
  24. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Akhir Kata

Itu dia, geng, rekomendasi anime sedih terbaik versi Jaka! Kalau mau penasaran mau menonton anime sad di atas, kamu harus siapin tisu yang banyak, deh!

Mana nih yang menurutmu paling sedih? Tulis di kolom komentar, ya! Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Anime Romance Rating Tinggi F5942
30 Anime Romance Rating Tinggi Terbaik & Terbaru 2021 | Penuh Cinta & Tawa!
Anime Live Action Bannerxx 7a071
10 Anime Live Action Terbaik untuk Isi Tontonan dihari Liburmu!
Anime Terbaru Dan Terbaik 2021 B97b7
17 Rekomendasi Anime Terbaru dan Terbaik 2021, Semua Genre Ada!
20 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa Dan Terbaru Di 2021 Wajib Nonton 30103 Ccb2d
27 Anime Action Terbaik dan Terbaru 2021, Rugi Kalau Belum Nonton!
Pjimage 2021 08 19t121858 217 87feb
30 Karakter Anime Tercantik 2021 | Waifu Favorit Para Wibu!
Untitled 7 64af5
21+ Anime Romance Comedy Terbaik Rating Tertinggi 2020, Duh Baper!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal