Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G

19 September 2016

Pernahkah kamu membayangkan memiliki koneksi Internet 4G LTE super cepat dan gratis tanpa batas kuota alias unlimited? Mungkin itu cuma mimpi di siang bolong, tapi hal ini tidak berlaku bagi Jacob Ajit.

Pelajar dari Thomas Jefferson High School for Science and Technology di Virginia ini menemukan cara meng-hack jaringan 4G LTE salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di AS, yaitu T-Mobile. Ia pun dapat menggunakan Internet unlimited super cepat tanpa membayar satu sen pun.

Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G

Dilansir dari Fossbytes, semua bermula ketika pelajar berumur 17 tahun ini tidak memiliki akses Internet. Ia pun mulai berpikir bagaimana cara mendapatkan akses Internet gratis di smartphone miliknya. Kebetulan Ajit masih mempunyai sebuah kartu SIM prepaid yang sudah tidak digunakan dan masih terpasang pada salah satu smartphone jadul miliknya.

Di Amerika Serikat, provider penyedia layanan seperti T-Mobile memberlakukan aturan bahwa kartu SIM yang sudah tidak aktif, masih dapat mengakses Internet untuk akses tertentu, seperti perpanjangan kontrak penggunaan SIM, dan akses layanan T-mobile lainnya. Nah, akses ini didapatkan melalui portal khusus. Setelah Ajit melakukan berbagai percobaan, ia pun akhirnya menemukan celah di mana Internet masih dapat berjalan untuk membuka web lain.

t-mobile-speedtest

Ajit menjalankan aplikasi Speed Test, yang ternyata berjalan lancar menggunakan portal tersebut. Usut punya usut, ternyata jaringan T-mobile sendiri memberikan akses Whitelist pada folder yang bernama Speed Test. Kemudian dia mencoba memasukkan video dan file lagu ke iCloud mengunakan folder yang bernama Speed Test tersebut, dan ternyata dapat diakses secara lancar melalui smartphone tanpa data. Tidak hanya itu, Ajit pun menambah setup dengan menggunakan proxy untuk berselancar di Internet dan hal itu juga berhasil.

anak ini hacked-t-mobile

Jika kamu menemukan celah seperti ini, apa yang kamu lakukan? Merahasiakan trik ini atau justru melaporkan ke provider terkait? Ajit pun lebih memilih untuk melaporkan hal ini kepada pihak T-Mobile. Namun, sejauh ini belum ada tanggapan resmi dari pihak T-Mobile mengenai laporan dari Ajit. Tapi yang jelas, sikap dan kejujuran Ajit bisa diteladani oleh kita semua. Bagaimana pendapat kamu?

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar