Canggih! 4 Fitur Baru Google Maps Ini Khusus Dibuat Untuk Indonesia!

10 August 2016

Mengikuti tren teknologi yang terus berkembang, Google Maps yang merupakan layanan peta digital dari Google pun semakin canggih. Bukan hanya menawarkan jalur alternatif untuk bernavigasi, berbagai fitur terbaru yang memudahkan pengguna smartphone pun turut disediakan oleh Google Maps.

Dalam acara Google for Indonesia, Selasa 9 Agustus 2016 di Jakarta, Google mengumumkan 4 fitur terbaru Google Maps di Indonesia. Menariknya lagi, Google Maps semakin Indonesia banget!

Google Maps Makin Cinta Indonesia!

"Indonesia penting bagi kami, dan kami akan terus membangun untuk Indonesia, melakukan uji coba dan belajar untuk terus mengembangkan produk kami di Indonesia," ungkap Hugh Williams, Vice President, Engineering Maps dalam acara Google for Indonesia memperkenalkan fitur baru dari Google Maps.

google-maps-untuk-indonesia-7

Karena merupakan acara khusus di Indonesia, fitur-fitur yang diperkenalkan pun khusus diciptakan untuk mempermudah pengguna Google Maps di Indonesia. Penasaran fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Maps di Indonesia?

1. Fitur Offline yang Semakin Komprehensif

Sebelumnya JalanTikus sudah pernah membagikan tips untuk menggunakan Google Maps secara offline (tanpa internet). Dengan fitur ini, kamu bisa tetap menggunakan Google Maps walau jaringan internet kamu sedang lambat.

google-maps-untuk-indonesia-6

Nah, dalam update terbarunya, Google Maps akan tetap bisa digunakan walaupun dalam kondisi mobile data kamu sedang off. Jadi kamu bisa hemat kuota data dan juga hemat baterai smartphone selama perjalanan menggunakan Google Maps. Hanya saja jika kamu menggunakannya tanpa koneksi data, maka kamu tidak akan mendapat update kemacetan secara realtime.

google-maps-untuk-indonesia-4

Bukan cuma itu saja, Google Maps sekarang juga jadi ramah terhadap memori smartphone. Pasalnya, kamu bisa menyimpan data Maps yang kamu download di kartu memori. Nggak perlu lagi khawatir memori internal smartphone kamu jebol karena data Maps yang mencapai ratusan MB.

2. GO-JEK dan Grab di Fitur Transit

Bagi kamu pengguna kendaraan umum, pasti selama ini telah terbantu banget dengan layanan Google Maps yang bisa digunakan untuk memesan UBER kan? Bahkan beberapa pekan lalu Google Maps menambahkan informasi realtime kedatangan bus Transjakarta. Efisien kan?

google-maps-untuk-indonesia-5

Bagi kamu pengguna GO-JEK dan Grab, dalam beberapa minggu ke depan kamu bisa melakukan pemesanan jasa transportasi online ini langsung dari Google Maps. Setelah rute yang akan kamu lewati dipilih, Google Maps akan membawa kamu ke aplikasi terkait yang kamu butuhkan.

3. Program Local Guides

Local Guides adalah program yang dikembangkan Google untuk membangun keterlibatan masyarakat lokal. Dengan program ini, diharapkan masyarakat bisa memberikan informasi mengenai suatu tempat agar penggunaan Google Maps semakin akurat dan komprehensif.

google-maps-untuk-indonesia-3

Tahukah kamu, Indonesia adalah negara ke-4 di dunia yang jumlah kontributor aktif local guides-nya terbanyak? Dengan keaktifan masyarakat sekitar, para pengunjung dari luar daerah pun semakin mudah menemukan destinasi lokal yang unik. Kamu bisa mengetahui informasi local guides dengan mengunjungi link: www.google.com/intl/id/local/guides.

4. Pulau Komodo Tersedia di Street View

Tidak bisa dipungkiri, pariwisata merupakan komponen penting bagi perekonomian di Indonesia. Dan Google Maps lewat fitur Street View-nya telah berkontribusi banyak dalam mempromosikan keindahan suatu tempat di Indonesia. Ngaku deh, kamu sering kan membuka Street View untuk mengecek suatu tempat?

google-maps-untuk-indonesia-2

Nah, setelah tahun lalu Google menambahkan Candi Borobudur di Street View, kali ini giliran Pulau Komodo yang dipromosikan. Bukan hanya menjelajahi keindahan Pulau Komodo di luar saja, Street View juga memungkinkan kamu untuk menjelajahi wisata bawah laut Pulau Komodo, seperti Batu Bolong dan Tatawa Kecil.

google-maps-untuk-indonesia

Bicara soal wisata bawah laut di Street View, ternyata Google Maps bukan hanya menyediakannya untuk di Pulau Komodo. Ada juga wisata bawah laut di Keru (Raja Ampat), Drop-off, Tulamben (Bali), Leukan III B (Bunaken), Timor II (Bunaken), Leukan III A (Bunaken), Fukui (Bunaken), Bangka Island, Alung Banua (Bunaken) dan Panggulingan (Bunaken). Seru!

Keren-keren kan fitur terbaru Google Maps untuk Indonesia ini? Selain Google yang semakin cinta Indonesia, kamu pun pasti makin cinta sama Google Maps!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar