7 Mobil Listrik China Terbaik 2022, Gempur Pasar Dunia & Siap Geser Tesla?

Default

Mobil listrik China semakin diperhitungkan di dunia otomotif setelah mulai banyaknya pabrikan asal "Negeri Tirai Bambu" yang mendominasi pasar global. Beragam jenis mobil listrik, mulai dari yang termurah hingga paling canggih berhasil diluncurkan.

Tesla memang memulai revolusi industri manufaktur mobil listrik dunia, tetapi kini para pabrikan asal China perlahan mulai bisa disebut sebagai lawan tangguh di industri ini. Mobil listrik dari China cukup sukses di berbagai level penjualan.

Penjualan mobil listrik di China sendiri mencapai 950 ribu unit dalam lima bulan pertama pada tahun 2021. Bahkan, kepemilikan mobil listrik di China mencapai 5,8 juta pada tahun yang sama. Angka ini sekitar setengah dari total kendaraan listrik yang ada di seluruh dunia.

Melihat agresifnya pergerakan China tersebut, tak berlebihan jika menyebut negara ini sebagai calon raja mobil listrik dunia. Jadi penasaran dengan daftar mobil listrik China yang ada di Indonesia dan belahan dunia lain? Simak selengkapnya di sini!

1. Wuling Air EV

Wuling Air EV
Sumber foto: Wuling - Mobil Listrik China

Wuling Air EV pertama kali dipamerkan oleh Wuling Motors Indonesia pada ajang pameran otomotif Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, pada bulan Juli 2022 lalu.

Dari segi desain, Wuling Air EV hadir dengan ukuran yang mungil namun tetap kompak. Mobil ini pun semakin tampak menarik dengan adanya sentuhan futuristik dari eksteriornya. Mobil ini bisa memuat empat penumpang orang dewasa.

Daya jelajah mobil ini dalam kondisi baterai terisi penuh bisa menempuh jarak 200-300 km. Sudah lebih dari cukup jika digunakan untuk mobilitas harian seperti untuk pulang-pergi bekerja di dalam kota.

Baterainya yang disematkan berjenis lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki daya tahan lebih kuat dibanding lithium-ion. Wuling dalam risetnya bahkan mengaku kalau baterai ini telah lulus 16 jenis pengujian, seperti guncangan, perendaman air, tabrakan, hingga pembakaran.

Berikut ini adalah harga varian mobil Wuling Air EV:

Varian Harga
Wuling Air EV Standard Range Rp238.000.000
Wuling Air EV Long Range Rp295.000.000
Wuling Air EV Long Range With Charging Pile Rp311.000.000

2. DFSK Mini EV

DFSK Mini
Sumber foto: DFSK - Mobil Listrik China

DFSK Mini EV diperkenalkan pertama kali di Tanah Air dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS). Di negara asalnya China, mobil listrik ini sudah dijual sejak kuartal satu atau awal tahun 2022.

Pesaing dari Wuling Air EV ini adalah kendaraan ramah lingkungan yang menyasar penggunaan di perkotaan. PT Sokonindo Automobile (DFSK) selaku distributor siap memasarkan mobil ini di pasar Indonesia.

Mobil listrik yang memiliki nama asli Dongfeng FengGuang ini menawarkan spesifikasi sedikit di bawah Wuling EV. Mobil listrik sendiri masuk ke kategori city car yang bisa menampung empat orang.

Untuk varian tertingginya, mobil listrik ini menggunakan baterai lithium dengan kapasitas 16.8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 km. Sementara varian di bawahnya berkapasitas 9.18 kWh dengan jarak tempuh 120 km.

Berikut detail harga DFSK Mini EV di China:

Varian Harga
DFSK Mini EV Bubble Gum Rp88 jutaan
DFSK Mini EV Slighty Sugar Rp|99 jutaan
DFSK Mini EV Lollipop Rp101 jutaan
DFSK Mini EV Half Sugar Rp110 jutaan
DFSK Mini EV Candy Floss Rp110 jutaan
DFSK Mini EV Whole Sugar Rp124 jutaan

3. K-Upgrade

K Upgrade
Sumber foto: Oto - Mobil Listrik China

K-Upgrade merupakan mobil listrik yang dipamerkan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 pada bulan Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Mobil ini diimpor langsung dari Cina dalam kondisi utuh alias CBU.

Secara spesifikasi umum, mobil listrik murah ini menggunakan penggerak semua roda atau all wheel drive. K-Upgrade dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan tenaga motor listrik yang mencapai 68 PS.

Kecepatannya sendiri bisa mencapai 1555 km/jam, geng. Kemudian dari sisi jarak tempuhnya, mobil diklaim bisa menjelajah hingga lebih dari 300 km. Waktu pengisian baterainya pun diklaim hanya tiga jam saja.

Sekilas, mobil listrik 75 juta yang didistribusikan oleh PT. Kurnia EVCBU ini mirip dengan mobil jenis konvensional Suzuki Karimun Wagon R. Namun, jika diperhatikan desain pada gril justru terinspirasi dari mobil Range Rover.

Berikut detail harga K-Upgrade di Indonesia:

Varian Harga
K-Upgrade Rp75 juta

4. Wuling Hong Guang

Wuling Hong Guang
Sumber foto: insideevs - Mobil Listrik China

Wuling Hong Guang Mini EV diluncurkan tahun lalu di China dan mencatatkan penjualan fantastis. Dalam waktu sekejap, mobil listrik mini ini laris-manis karena dijual sangat murah dengan teknologi cukup oke.

Mobil listrik mungil ini bisa menempuh kecepatan hingga 100 km/jam. Sekali pengisian daya, mobil listrik ini bisa menempuh 200 km. Angka ini lebih dari cukup untuk pengguna yang tinggal di daerah perkotaan.

Sayangnya, harga dan kehadiran model mobil listrik mini di Indonesia yang satu ini belum dapat diketahui. Namun, mobil listrik mini di Indonesia ini sudah terdaftar di industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Bagi konsumen yang berminat sayangnya belum bisa melakukan pemesan untuk bisa memiliki mobil listrik ini. Rumornya, Wuling Motors Indonesia akan memulai pengiriman mobil listrik ini pada akhir 2022.

Berikut detail harga Wuling Hong Guang:

Varian Harga
Wuling Hong Guang Rp62 jutaan (China)

5. Wuling E100

Wuling E100
Sumber foto: IST - Mobil Listrik China

Wuling E100 adalah mobil listrik dengan desain mungil tapi kekinian. Imut jadi kesan pertama ketika kamu melihat mobil listrik yang pertama kali dipamerkan pada 2018 lalu itu. Mobil ini terinspirasi dari Smart ForTwo Electric Drive.

Berukuran dengan panjang 2.488 mm, lebar 1.506 mm, dan tinggi 1.670 mm, mobil ini hanya bisa memuat penumpang dua orang dewasa. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat model ini memang menyasar segmen mobil mini.

Wuling E100 yang cenderung menggunakan warna colorfull ini sangat cocok untuk digunakan di padatnya jalan Jakarta. Di negara asalnya, mobil ini mendapat subsidi dari pemerintah sehingga tergolong terjangkau.

Sudah diperkenalkan sejak tahun lalu, konsumen di Indonesia yang berminat harus bersabar untuk bisa melakukan pemesanan sambil terus memantau perkembangan peluncurannya.

Berikut detail harga Wuling E100:

Varian Harga
Wuling E100 Rp100 jutaan (China)

6. NIO ET7

NIO ET7
Sumber foto: NIO - Mobil Listrik China

NIO tampil beda dibanding kebanyakan mobil listrik China yang memiliki tren desain mungil dan kompak. Model yang satu ini hadir dengan rasa lebih maskulin, karena memang bertipe sport car.

Mobil listrik yang dijuluki "Tesla China" ini memang berambisi untuk bisa menyaingi Tesla asli besutan Elon Musk. ET7 adalah salah satu model dari pabrikan NIO yang resmi meluncur pada tahun 2021 lalu.

Mobil listrik ini menawarkan varian berkapasitas baterai mulai dari 70 kWh, 100 kWh dan 150 kWh. Mobil ini memiliki daya tempuh maksimal mulai dari 500 km hingga 1.500 km dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Ambisinya untuk bisa menyaingi Tesla bukan isapan jempol belaka, karena NIO ET7 juga memiliki fitur otonom yang memungkinkan mobil berjalan sendiri secara otomatis. Sayangnya, belum ada tanda-tanda mobil listrik ini bakal masuk Indonesia.

Berikut detail harga NIO ET7:

Varian Harga
NIO ET7 70 kWh Rp1,02 miliar (China)
NIO ET7 100 kWh Rp1,15 miliar (China)

7. Baojun E300

Baojun E300
Sumber foto: Licarco - Mobil Listrik China

Baojun E300 adalah mobil listrik dari China yang resmi mengaspal pada 2020 lalu. Mobil listrik satu ini lagi-lagi tampil dengan desain kompak yang cenderung mungil. Hal ini tentu disesuaikan dengan harganya yang terjangkau.

Mobil ini mengusung baterai berkapasitas 31,9 kWh yang sanggup berjalan hingga 305 km, dengan dukungan pengisian cepat DC. Mobil ini dapat diisi hingga 80 persen dalam satu jam. Namun, pengisian penuh pada soket 220V membutuhkan waktu 15 jam.

Baojun E300 memiliki dimensi panjang 2.625 mm, lebar 1,647 mm, dan tinggi 1.588 mm, dengan wheelbase berukuran 1.750 mm. Alhasil, kendaraan ini hanya bisa menampung dua atau tiga penumpang.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti, electronic stability control (ESC), anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), hydraulic brake assist (HBA), dan dual front air bags.

Berikut detail harga Baojun E300:

Varian Harga
Baojun E300 Standar Rp131 juta (China)
Baojun E300 Plus Rp171 juta (China)

Daftar Mobil Listrik China

  1. Wuling Air EV
  2. DFSK Mini EV
  3. K-Upgrade
  4. Wuling Hong Guang
  5. Wuling E100
  6. NIO ET7
  7. Baojun E300

Akhir Kata

Itulah daftar mobil listrik China yang saat ini sedang menggempur pasar global, tidak terkecuali di Indonesia. China memang melakukan investasi besar-besaran demi memasarkan mobil listriknya di seluruh dunia.

Komitmen China di dunia otomotif, khususnya untuk segmen kendaraan bebas emisi dapat terlihat dari beragam jenis mobil listrik yang berhasil diluncurkan. Harga mobil listrik buatan China yang dibanderol terjangkau pun jadi daya tarik tersendiri.

Sementara buat kamu yang ingin mengetahui kelebihan mobil listrik secara lengkap, silakan kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini. Dapatkan informasi tentang berbagai keuntungan dari mobil listrik!

Kelebihan Mobil Listrik A3250
7 Kelebihan Mobil Listrik yang Bikin Kamu Lebih Nyaman Berkendara, Mau Beli?
Tak cuma ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan, ternyata ini kelebihan mobil listrik lainnya yang wajib kamu ketahui!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal