3 Upaya Kaum Bumi Datar untuk Buktikan Argumen Mereka, Semua Gagal!

Default

Seperti yang sudah kita pelajari dalam ilmu Sains, kita tahu bahwa Bumi berbentuk bulat, meskipun seiring berjalannya waktu bentuknya lebih ke arah elips akibat rotasi.

Akan tetapi, masih saja ada orang-orang bebal yang dengan yakin menyatakan bahwa bentuk Bumi itu datar. Biasanya mereka adalah penggemar teori-teori konspirasi di internet.

Nah, ada beberapa dari mereka yang berusaha membuktikan dengan segala macam cara bahwa argumen merekalah yang benar, bukan Sains. Sayang, semuanya nihil.

Di sini, Jaka berhasil mengumpulkan deretan kegagalan kaum Bumi datar saat berusaha membuktikan teori mereka. Simak selengkapnya!

1. Tewas Akibat Roketnya Jatuh

Bumi Datar 1 Ebd3c

Selama ini para penganut Bumi datar hanya berani berteori saja tanpa ada niatan untuk membuktikannya di dunia nyata. Namun, seorang pilot asal AS, "Mad" Mike Hughes berani membuktikannya.

Pilot berusia 64 tahun ini memang sudah terkenal sebagai penganut teori Bumi datar garis keras. Bahkan, ia rela merogoh kocek pribadinya untuk membuktikan bahwa apa yang ia yakini selama ini benar.

Sayangnya, ia pun akhirnya meregang nyawa akibat impiannya sendiri. Semua bermula saat ia hendak terbang ke luar angkasa bersama roket bertenaga uap yang ia rancang sendiri di tahun 2018.

Peluncuran roket pun dilakukan di kawasan gurun California dan direkam oleh Homemade Astronauts, sebuah serial TV tentang pembuat roket amatir yang ditayangkan di US Science Channel.

Awalnya saat diluncurkan, roket yang ia tumpangi masih meluncur dengan aman. Sayang, begitu mencapai ketinggian 5.000 kaki (1.525 m), roket langsung terjun bebas dan jatuh. Peristiwa tersebut menyebabkan Mike Hughes meninggal dunia.

Memang untuk membuat roket butuh perencanaan yang matang dan budget yang tidak sedikit, seperti yang pernah diceritakan Marko Djuliarso, insinyur Indonesia yang turut menggarap roket NASA.

2. "Insyaf" Saat Tak Sengaja Jadi Tentara

Bumi Datar 2 4ae01

Diceritakan oleh pengguna situs Reddit, TrungusMcTungus, seorang kenalannya sengaja masuk ke Angkatan Laut AS. Tujuannya adalah mematahkan teori umum bahwa bentuk bumi bulat.

Anggapannya, dengan masuk Angkatan Laut, ia dapat melihat bahwa Bumi itu datar saat berada di laut. Menarik sekali, bukan?

Uniknya, selama bertugas, kenalannya itu rutin memetakan lokasi, kecepatan, hingga arah kapal. Hal tersebut ia lakukan berulang-ulang sampai ia sadar bahwa Bumi tidak mungkin datar.

Kesimpulan itu ia dapatkan berdasarkan rumusan dasar yang harus dikuasai para tentara saat berada di laut, yakni jarak yang mereka tempuh versus kecepatan mereka.

Yang lucu, karena setiap angkatan laut wajib memenuhi kontrak minimal 4 tahun, sekarang ia malah terjebak di Angkatan Laut. Nah, loh!

3. Dikarantina Saat Coba ke Ujung Bumi Selama Lockdown

Bumi Datar 3 48bbe

Yang terbaru, sepasang kaum bumi datar terpaksa dikarantina setelah meninggalkan tempat tinggal mereka di Venezia, Italia, untuk menuju "ujung Bumi".

Padahal kondisinya lagi pandemi Covid-19, di mana Italia saat itu memberlakukan lockdown nasional karena korban yang berjatuhan begitu banyak.

Berdasarkan teori yang mereka susun dan garap sendiri, sepasang kaum bumi datar ini mencoba berlayar ke Lampedusa, sebuah pulau antara Sisilia dan Afrika Utara.

Sebelumnya, mereka lebih dahulu pergi ke Termini Imerese, sebuah kota di pantai utara Sisilia. Di sana mereka menjual mobil dan membeli perahu menuju Lampedusa.

Sayang, mereka tidak pernah sampai tujuan karena tersesat dan terdampar di Pulau Ustica, di lepas pantai barat laut Sisilia, seperti diberitakan Newsweek.

Saat ditemukan, mereka dalam kondisi kelelahan dan kehabisan tenaga. Tapi lucunya, mereka menggunakan kompas yang bekerja berdasarkan magnet bumi. Seharusnya, sebagai penganut bumi datar, mereka menolak prinsip ini.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa upaya yang dilakukan oleh kaum Bumi datar untuk membuktikan bahwa argumen mereka benar. Sayang, semuanya gagal total!

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

Kumpulan Foto Editan Gagal yang Kocak | Ada Harimau Sinetron!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

Heboh, Kapal Berusia 400 Tahun Ditemukan Utuh di Dasar Laut Baltik!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal