J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Trik Psikologi Ini Sebenarnya Omong Kosong Belaka, Kamu Masih Percaya?

Selasa, 20 Apr 2021, 17:15 WIB
Masih percaya dengan teori bualan omong kosong yang Jaka sajikan di artikel ini?

Pasti kamu sering banget menemukan tulisan-tulisan bertuliskan "trik psikologi", entah itu di majalah, akun-akun media sosial, atau bahkan situs web populer.

Menariknya, banyak sekali yang percaya akan trik-trik yang membahas tentang kepribadian atau perilaku manusia ini. Tahukah kamu kalau banyak di antaranya yang omong kosong belaka?

Yap! Dinamakan pseudoscience, trik-trik tersebut terbukti tidak punya dasar empiris atau ilmiah yang kuat, malahan menyesatkan, membuat para psikolog dan psikiater harus bekerja ekstra keras dalam meluruskannya.

Nah, di bawah ini Jaka berhasil mengumpulkan deretan trik psikologi yang sesat dan omong kosong. Hati-hati, jangan mudah percaya!

1. Mata Akan Melirik ke Arah Kiri Saat Sedang Berbohong

Trik Psikologi Omong Kosong 1 9b00d

Siapa yang masih percaya dengan 'trik' psikologi satu ini? Sampai sekarang banyak tulisan random menyebut bahwa jika kamu sedang mengajak bicara seseorang dan ia melirik ke arah kiri, artinya ia sedang berbohong padamu.

Tentu saja ini omong kosong! Dalam penelitian para psikolog University of Stirling menyebut bahwa melirik ke kanan atau ke kiri sama sekali tidak ada hubungannya dengan kecenderungan seseorang berbohong.

Sebaliknya, melirikkan atau menggerakkan mata terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, seperti yang sering ditayangkan dalam film-film psikologi terbaik.

Jadi jangan suudzon lagi dengan teman-temanmu kalau ia secara tanpa sadar melirik ke arah kiri, ya!

2. Memberitahu Life Goals-mu Pada Khalayak Umum

Trik Psikologi Omong Kosong 2 D164d

Dulu pernah ada satu 'trik' psikologi yang dipercaya banyak orang. Intinya, jika kamu membeberkan rencana hidupmu pada banyak orang, life goal tersebut bakal lebih cepat terkabul dan memengaruhi hidupmu secara mendasar.

Sayangnya, hal ini tidaklah benar. Malahan, penelitian yang dilakukan Gollwitzer, Sheeran, Michalski, dan Seifert pada tahun 2009 menyebut bahwa semakin sering kamu mengumbar life goal mu, makin mudah kamu menyepelekan atau mengabaikannya.

Hal itu terjadi karena ketika kamu memberitahu seseorang tentang rencana hidupmu, kamu seolah-olah sedang memberi reward kecil pada otakmu.

Bahayanya, reward-reward ini lama kelamaan akan menurunkan daya juangmu, padahal kamu masih belum melakukan apapun untuk meraihnya. Repot, kan?

3. Pesan Terselubung akan Memengaruhi Otakmu Secara Tak Langsung

Trik Psikologi Omong Kosong 3 F7ab9

Masih ingat dengan teori-teori konspirasi paling gila yang pernah kamu dengar? Salah satunya adalah adanya lagu-lagu tertentu yang jika diputar terbalik akan memunculkan pesan terselubung.

'Trik' psikologi ini dulu sangat gencar di masyarakat, apalagi banyak lagu-lagu yang diduga menyimpan pesan bertemakan pemujaan setan jika diputar terbalik dan memengaruhi kinerja otak.

Faktanya tidak seperti itu. Malahan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebut bahwa baik telinga maupun otak akan mengabaikan apa yang disebut sebagai 'pesan terselubung' itu.

Hal tersebut terjadi karena otak tidak bisa menangkap aneka bunyi atau nada yang muncul. Bisa dipahami kan penjelasan Jaka ini?

4. Hipnotis Kilat di Acara Televisi

Trik Psikologi Omong Kosong 4 3411a

Banyak sekali acara sulap maupun talkshow yang menggunakan 'media' ini sebagai sarana hiburan utama. Di Indonesia sendiri, tren menghipnotis orang di acara televisi sempat digandrungi banyak penonton.

Selama ini kamu tahu cara kerjanya hanya menepuk pundak atau kepala seseorang, kemudian ia tiba-tiba pingsan, lalu penghipnotis memberikan sugesti-sugesti yang membuatnya menuruti apa yang dikatakan.

Namun, tahukah kamu kalau semuanya itu hanya rekayasa? Hal ini terjadi karena cara kerja ilmu hipnotis tidak sesederhana dan secepat itu.

Saat penghipnotis bilang, "Tidur!", aslinya peserta hanya menutup mata dan bertingkah seolah-olah ia sedang kehilangan kesadaran.

5. Alat Pendeteksi Kebohongan

Trik Psikologi Omong Kosong 5 3f200

Dalam beberapa film bertema kepribadian ganda, kamu akan melihat aktor yang berperan sebagai pasien dipasangi alat-alat untuk mendeteksi kebohongan.

Katanya, alat ini sudah terbukti ampuh untuk mendeteksi apakah orang tersebut berbohong atau tidak, diukur dari ekspresi wajah, detak jantung, dan sebagainya.

Sayangnya, alat semacam ini sudah terbukti tidak ilmiah dan omong kosong. Bagi orang-orang yang sudah terbiasa berbohong, alat ini tidak akan mempan buat mendeteksi kebohongan mereka.

Malahan, orang-orang yang terlalu gugup saat diperiksa bakal terdeteksi sebagai pembohong, padahal bisa jadi informasi yang mereka sampaikan adalah jujur. Nah, loh!

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai beberapa trik psikologi yang sebenarnya hoax dan cuma omong kosong karena tidak cukup ilmiah. Bagaimana? Masih percaya?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

20 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Publik | Bikin Prihatin!

7 Anak Artis dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Buat DP Mobil!

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!

25 Quote Terbaru dan Terbaik Lord Fahri Skroepp, Dewa Bucin Panutan Netizen +62

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal