J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waduh, TikTok Akui Simpan Data Wajah, Suara, dan Sidik Jari Pengguna | Digugat Triliunan Rupiah!

Senin, 7 Jun 2021, 11:05 WIB
Baru-baru ini TikTok digugat hingga Rp1,3 triliun lantaran terbukti simpan data biometrik pengguna. Simak selengkapnya di sini!

Baru-baru ini media sosial yang tengah populer, TikTok, dilaporkan telah melakukan perubahan kebijakan privasi terbaru, selepas dihebohkan dengan kabar mundurnya bos TikTok.

Pasalnya perubahan kebijakan privasi ini cukup bersifat personal dari setiap penggunanya. Mereka mengumpulkan data biometrik yang berupa data wajah, suara, dan sidik jari penggunanya.

Perubahan kebijakan privasi TikTok tersebut dirilis di Amerika Serikat pada Rabu (03/06/2021) lalu. Pihak TikTok mengklaim kebijakan baru ini demi keamanan dari informasi biometrik pengguna konten miliknya.

Mengutip dari Tech Crunch, pada pembaruan tersebut di bagian pertamanya menjelaskan TikTok bisa mengumpulkan informasi mengenai audio dan gambar yang terdapat pada konten pengguna.

"Kami dapat mengumpulkan informasi tentang gambar dan audio yang merupakan bagian dari konten pengguna seperti mengidentifikasi objek dan pemandangan yang muncul, keberadaan dan lokasi dalam gambar dan atribut wajah dan tubuh, sifat audio, dan teks kata-kata yang diucapkan di Konten Pengguna Anda," sebut kebijakan TikTok yang telah diperbarui ini.

Namun, pihak TikTok sendiri masih enggan untuk berkomentar mengenai pengembangan fitur apa saja yang diwajibkan yang disertai penambahan data biometrik para penggunanya.

Walau begitu, TikTok menerangkan jika mereka bakal meminta persetujuan para penggunanya, apabila praktik pengumpulan data tersebut telah dimulai.

TikTok Digugat Rp1,3 Triliun

Tiktok Simpan Data Pengguna 42b4d

Melansir dari Mashable, Februari lalu ByteDance, perusahaan induk dari TikTok merampungkan gugatan yang dituduhkan kepada TikTok lantaran melanggar undang-undang privasi biometrik Illinois.

ByteDance sepakat tidak bakal memakai TikTok demi mengumpulkan informasi biometrik pengguna, kecuali sudah diungkap secara tegas pada Kebijakan Privasi TikTok juga sesuai pada aturan hukum yang berlaku.

Selain itu ByteDance harus membayar gugatan senilai 92 juta dollar AS (Rp1,3 triliun). Saat ini diketahui kalau TikTok tengah memperjelas pihaknya bisa menyimpan audio dan gambar pengguna demi mengaktifkan filter juga efek video.

TikTok mengklaim hal tersebut memungkinkan pihaknya dalam memoderasi konten, juga demi operasi non-identifikasi pribadi lain.

Selain itu, TikTok menyebut kalau pembaruan kebijakan ini juga ditujukan dalam menentukan demografi dan juga membantu dalam merekomendasikan konten serta iklan. Hm, apakah ini harus menggunakan data biometrik pengguna?

Meski begitu, kebijakan privasi ini menunjukkan kalau informasi yang dikumpulkan masih bersifat umum, berfokus pada keberadaan wajah daripada fitur wajah pengguna yang spesifik.

TikTok sendiri mengklaim jika sidik jari, sidik wajah, serta sidik suara merupakan unik serta berbeda dari tiap individu yang kemudian dapat dipakai dalam tujuan identifikasi serta keamanan.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

8 Karakter Cowok yang Diperankan Aktris Cantik | Gak Nyangka, Nipu Banget!

PK XD MOD APK v0.29.2 Unlimited Money 2021, Ciptakan Dunia Impianmu!

5 Kembaran Artis yang Memilih Berkarier di Luar Dunia Hiburan

Nonton Tokyo Revengers (2021) | Balik ke Masa Lalu Demi Selamatkan Mantan Pacar!

10 Potret Saudara Artis Indonesia yang Gak Kalah Cakep | Cocok Jadi Artis Juga!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal