Fosil Spesies Dinosaurus Terbesar Kembali Ditemukan | Usianya 96 Juta Tahun!

Fosil dinosaurus ditemukan di Australia pada tahun 2007 lalu, selepas diidentifikasi dan diteliti baru diketahui rupanya milik spesies dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di benua ini.

Selain itu para ilmuwan juga mengklasifikasikan dinosaurus tersebut sebagai spesies yang baru. Jadi, bisa dikatakan kalau dinosaurus ini merupakan salah satu spesies makhluk purba terbesar di dunia.

Para ilmuwan lantas menamakan spesies dinosaurus yang baru tersebut sebagai Australotitan cooperensis atau "titan selatan".

Mereka menganggap kalau spesies ini setidaknya merupakan salah satu dari 15 dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di berbagai belahan dunia.

Selain itu, para ahli menyebut kalau Titanosaurus ini dapat mencapai tinggi hingga 6,5 meter. Kemudian panjangnya bisa 30 meter atau sepanjang sebuah lapangan basket.

Kerangka dinosaurus tersebut pertama kali ditemukan pada sebuah peternakan di barat daya dekat Eromanga, Queensland. Peternakan itu dimiliki oleh dua peneliti dinosaurus, Robyn dan Stuart Mackenzie.

"Sungguh menakjubkan untuk berpikir dari tulang pertama yang ditemukan oleh putra kami, penggalian pertama dengan Museum Queensland, hingga pengembangan museum nirlaba yang menjalankan penggalian dinosaurus tahunan, semuanya telah membantu kami mencapai titik ini, itu privilege istimewa yang nyata," kata Stuart Mackenzie.

Proses Identifikasi Fosil

Fosil Dinosaurus Terbaru 9ede9

Para ahli paleontologi yang bekerja bersama salama satu dekade terakhir mencoba mengidentifikasi dinosaurus ini.

Perbedaan spesies dinosaurus ini dengan spesies lainnya didasarkan dari hasil pembandingan pemindaian tulangnya dengan jenis Sauropoda lain.

Perlu diketahui Sauropoda merupakan jenis dinosurus pemakan tumbuhan yang memiliki tubuh memanjang. Mereka punya kepala kecil dengan leher sangat panjang, ekor panjang, dan kaki setebal pilar.

Perlu diketahui dinosaurus ini pernah menjelajahi benua Australia selama Periode Kapur atau sekitar 92-96 juta tahun yang lalu.

Fosil Dinosaurus Raksasa 96d27

Proses identifikasi dari dinosaurus ini memang memakan waktu yang cukup lama lantaran lokasi tulang-tulangnya yang terpencil, serta ukuran dan kondisinya yang cukup rapuh.

Namun banyak dari sisa-sisa tulang tersebut ditemukan masih utuh, seperti yang diterangkan oleh peneliti dari MQueensland Museum dan Eromanga Natural History Museum seperti dikutip dari National Geographic.

Tim peneliti mendapati kalau Australotitan ini berhubungan erat dengan tiga spesies Sauropoda lainnya. Ketiga spesies tersebut ialah Wintonotitan, Diamantinasaurus, dan Savannasaurus.

"Sepertinya dinosaurus terbesar di Australia adalah bagian dari satu keluarga besar yang bahagia," terang Dr Scott Hocknull, paleontolog dari Queensland Museum yang jadi salah satu peneliti utama pada penelitian tersebut seperti yang diberitakan BBC.

Proses Ekskavasi Fosil

Fosil Dinosaurus Terbesar 3cf97

Pemerintah negara bagian Queensland pun turut menyambut baik klasifikasi ini. Mereka menyebutnya menjadi anugerah untuk penemuan dinosaurus lokal.

"Australia adalah salah satu garis perbatasan terakhir untuk penemuan dinosaurus dan Queensland dengan cepat mengukuhkan dirinya sebagai ibu kota palaeo negara - masih banyak lagi yang bisa ditemukan," ujar Dr Jim Thompson, kepala eksekutif Queensland Museum Network.

Butuh sekitar 15 tahun bagi pihak museum untuk menggali juga mengekskavasi tulang-tulang dinosaurus tersebut. Mereka awalnya belum mengerti apa yang tengah mereka temukan tersebut.

"Tulang pertama yang kami siapkan ialah humerus yang tingginya 1,5 meter", jelas Dr Scott Hocknull seperti diberitakan dalam Australian Geographic.

"Itu tulang yang sangat besar, jadi kami tahu itu lebih besar daripada orang-orang di Winton, tetapi kami tidak yakin apakah itu spesies baru," tambahnya.

Beberapa waktu lalu juga ditemukan fosil Titanosaurus, sejenis Sauropoda, yang ditemukan di Amerika Selatan kemudian dilabeli sebagai hewan darat terbesar yang pernah ada.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.