Sampai Umur Berapa Kucing Bisa Hidup? Pemilik Kucing Wajib Tahu!

Default

Siapa yang di sini punya peliharaan kucing? Memang, memelihara anabul (sapaan kucing, singkatan dari 'anak bulu') menjadi salah satu kegemaran orang-orang sejak dulu.

Namun, mungkin kamu penasaran, kira-kira sampai berapa lama sih seekor kucing mampu hidup? Apakah ada perbedaan umur antara kucing liar dengan kucing peliharaan?

Di sini, Jaka akan jelaskan secara rinci mengenai angka harapan hidup kucing secara keseluruhan. Kamu pun juga bisa menghitung usia kucing peliharaanmu, loh!

Variasi Umur Kucing

Usia Kucing 1 Ea79e
Sumber foto: icatcare.org

Dibandingkan dengan hewan peliharaan menggemaskan lainnya, kucing memang terbilang paling cepat perkembangan fisiknya.

Bayangkan saja, rasanya masih kemarin si anabul baru keluar dari rahim induknya. Eh tahu-tahu sudah besar saja dan bikin onar serumah gara ulahnya yang nakal!

Kalau menurut BBC Science Focus, angka harapan hidup seekor kucing domestik/peliharaan adalah sekitar 30 tahun. Akan tetapi, pada kenyataannya, nggak semua kucing bisa bertahan sampai selama itu.

Usia Kucing 2 40e59
Sumber foto: PDX Pet Design

Di Indonesia sendiri, rata-rata kucing bisa hidup hingga umur sekitar 15 tahun. Itupun tergantung pada beberapa faktor, mulai dari genetika, lingkungan dan gaya hidup, hingga cedera maupun penyakit yang pernah mereka alami.

BBC Science Focus juga mengungkapkan bahwa sama seperti manusia, kucing betina punya angka harapan hidup yang lebih panjang daripada kucing jantan.

Selain itu, kucing yang dikebiri juga berpotensi hidup lebih lama daripada yang tidak. Temuan lain juga menyebut bahwa kucing domestik mampu berumur lebih panjang daripada kucing liar. Masuk akal, bukan?

Ciri-Ciri Fisik Perkembangan Kucing Berdasarkan Umur

Usia Kucing 3 D93b5
Sumber foto: The Spruce Pets

Satu-satunya cara paling mudah untuk mengetahui usia kucing adalah dengan pergi ke dokter hewan terdekat. Nantinya, sang dokter akan mampu mengetahui umur si anabul dari ciri-ciri fisik yang ditunjukkan.

Ciri paling utama yang bakal dilihat adalah gigi. Anak kucing akan mulai memiliki gigi susu di usia sekitar 3 minggu, dan gigi tetap mereka bakal tumbuh ketika berusia 3 atau 4 bulan.

Seekor kucing bakal punya 1 set gigi tetap lengkap ketika berusia genap setahun. Apabila gigi si kucing menguning, kemungkinan besar usianya sekitar 2 tahun.

Usia Kucing 4 4fdf1
Sumber foto: Anasazi Animal Clinic

Lalu jika ditemukan karang gigi atau radang gusi, kemungkinan kucing tersebut berusia 3 atau 4 tahun. Ini akan makin diperparah jika si anabul tidak mendapat perawatan gigi yang layak.

Gigi kucing sendiri bakal mulai rontok ketika berusia 7 sampai 10 tahun. Saat inipun, kamu akan mulai melihat ciri-ciri penuaan pada kucing, terutama pada bulu-bulu mereka yang memudar, rontok, dan menjadi kasar.

Cara Menghitung Usia Kucing

Mungkin kamu pernah berpikir, kira-kira apakah kita bisa mengonversikan usia kucing ke usia manusia? Jawabannya bisa, tapi ada rumusnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah sebagai berikut:

"usia kucing x 7 = usia manusia"

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, rumusan ini dianggap tidak valid karena tidak sesuai dengan kondisi kucing di masa modern.

Maka dari itu, kamu bisa menghitung usia kucing peliharaanmu lewat tabel perbandingan usia kucing dan manusia yang Jaka lampirkan di bawah ini.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah mencatat tanggal kelahiran si anabul agar tidak salah menghitung. Silakan diklik untuk memperbesar gambar!

Tabel Perbandingan Usia Kucing dan Manusia

Usia Kucing 5 Ee551
Sumber foto: icatcare.org

Misalkan saja, anak kucingmu lahir pada tanggal 17 Maret 2021. Maka, pada tanggal 17 Maret 2022 atau setahun lagi, si anabul akan berusia 1 tahun. Jika dikonversikan ke umur manusia, kucingmu akan berusia 15 tahun. Paham kan?

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai usia pada kucing beserta cara menghitungnya. Yuk, coba praktikkan sama kucingmu!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal