J

• Kerjasama
No Name

Ilmuwan Rusia Ciptakan Robot Kecoak, Bisa Jadi Intel dan Selamatkan Manusia

Kamis, 10 Jun 2021, 11:55 WIB
Jika selama ini pencarian orang yang terjebak di bawah reruntuhan memakan waktu lama, maka robot kecoak ini bisa sangat membantu proses itu lebih cepat, lho.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat para ilmuwan semakin kreatif untuk mengembangkan robot yang dapat membantu kegiatan manusia.

Untuk menghadirkan solusi pencarian dan penyelamatan di daerah perkotaan, para ilmuwan yang berfokus pada robotika bahkan mengembangkan sistem hybrid dengan memadukan komputer dan serangga.

Proses implementasi konsep hybrid yang memadukan setengah tubuh serangga dan setengah komponen robotik ini menggunakan serangga yang kerap kali mengeluarkan jeritan dari manusia yang melihatnya.

Ya, serangga yang mereka pilih adalah kecoak, khususnya kecoak Madagaskar.

Dengan sejumlah komponen robotika dan kamera, para ilmuwan pun bisa mengendalikan kecoak itu menggunakan mikrokontroler.

Dilansir dari Petapixel pada Kamis (10/06/2021), selain memasangkan perangkat mikrokontroler, ilmuwan juga menyematkan sebuah kamera di punggung kecoak Madagaskar tersebut.

Bisa Menjelajahi Area Sulit

Reruntuhan Ee621

Sumber foto: Pixabay

Kombinasi kecoak cyborg ini diklaim sanggup bernavigasi di lingkungan yang rusak, seperti bangunan yang runtuh secara otonom untuk menemukan dan mendeteksi manusia.

Para ilmuwan dan insinyur di Kaliningrad, Rusia mengembangkan robot kecoak yang bisa merangkak ke berbagai ruang yang sulit dijangkau oleh manusia untuk mengumpulkan informasi intelijen.

Robot kecoak ini bahkan diprediksi bisa berfungsi untuk menyelamatkan hidup manusia dari bahaya.

Robot kecoak itu dikembangkan oleh tim ilmuwan dan insinyur di Immanuel Kant Baltic Federal University.

Robot serangga ini mampu bergerak pada kecepatan 30 cm per detik dan dilengkapi dengan sensor sentuhan, sensor cahaya, dan sensor non-kontak.

Ketiga sensor tersebut memungkinkannya untuk mendeteksi dan menghindari segala rintangan dan hambatan di jalan.

Oleh karena itu, di dalam situasi darurat, robot kecoak ini bisa dimanfaatkan untuk mencari orang yang terjebak di bawah reruntuhan.

Kemampuan yang satu ini bisa terwujud berkat perpaduan algoritma kontrol khusus dan kemampuan navigasi alami serangga untuk menjelajahi area yang kompleks.

Selain itu, pada tubuhnya juga disematkan pendeteksi kehadiran manusia yang menggunakan kamera inframerah yang dipandu oleh teknologi machine learning.

Karena mengusung konsep hybrid, maka kecoak cyborg ini memiliki masa pakai "baterai" yang jauh lebih lama daripada robot konvensional dengan ukuran yang sama-sama kecil.

Sanggup Membawa Beban

Dengan panjang 10 cm, robot kecoak ini juga mampu membawa beban seberat 10 gram di punggungnya, yang kurang lebih setara dengan beban kamera pengintai berukuran kecil.

Maka dari itu, robot yang modelnya mengacu pada spesies kecoak Amerika Selatan, Blaberus Craniifer ini telah amat menarik minat para abdi negara yang bekerja di bidang militer.

Perancang utama dan profesor di bidang fisika robot itu, Alexei Belousov, berkata, "Pesanan pengembangan robot ini datang dari sebuah organisasi Rusia yang mengatakan bahwa robot ini harus semirip mungkin dengan kecoak sungguhan."

Bukan yang Pertama

Dilansir dari Popular Science pada Senin (10/09/2018), Belousov enggan untuk memaparkan informasi lengkap tentang organisasi yang dimaksudnya.

Adapun pengembangan robot kecoak ini bukanlah yang pertama kalinya.

Pada Juli 2015 silam, sekelompok ilmuwan dari University of California juga mengembangkan robot kecoak yang dapat memanjat.

Kemudian, pada akhir triwulan pertama tahun 2015 silam, sekelompok ilmuwan dari Texas University pun menggarap proyek serupa.

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.