Perisa Vanilla Berasal dari Dubur Berang-berang? Cek Faktanya di Sini!

Default

Siapa yang di sini suka makan es krim atau permen rasa vanilla? Pastinya banyak ya, geng. Perpaduan rasa manis dan harumnya vanilla bikin semua orang tergila-gila sama rasa ini.

Vanilla sendiri adalah perisa atau pemberi rasa yang berasal dari ekstrak buah vanili yang masih satu keluarga dengan bunga anggrek.

Dibutuhkan banyak sekali buah vanili untuk bisa menghasilkan setetes ekstrak vanilla. Makanya, para leluhur kita mulai mencari cara untuk menciptakan perisa vanilla buatan.

Di abad ke-20, ditemukanlah substitusi untuk perisa vanilla yang dinamakan castoreum. Castoreum memiliki bau dan rasa yang mirip banget dengan vanilla.

Tapi kamu tau gak, sih? Ternyata castoreum merupakan hasil sekresi dari berang-berang Siberia, Kanada, dan Alaska betina yang dihasilkan oleh sebuah kelenjar yang terletak di dubur berang-berang.

Apa Itu Castoreum?

2 B0d36

Berang-berang tidak dapat melihat atau mendengar dengan baik, namun mereka memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Berkat kelenjar castoreum tersebut, berang-berang juga memiliki bau yang sangat harum.

Berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang bokongnya bau, bokong berang-berang asli Amerika Utara ini justru harum banget, geng.

Castoreum aslinya digunakan oleh berang-berang untuk menandai teritori mereka. Mirip seperti kucing dan anjing yang menggunakan urin untuk menandai daerah kekuasaan mereka.

Castoreum memiliki wujud berupa cairan kental berwarna cokelat yang mirip dengan lilin. Selain untuk menandai teritori, berang-berang Alaska, Siberia, dan Kanada juga menggunakan castoreum untuk bikin bulu mereka jadi anti air.

Berang-berang Alaska mengeluarkan cairan castoreum pada gundukan tanah yang terletak di pinggiran rumah mereka. Katanya, sih, berang-berang mengeluarkan suara yang sangat keras ketika menyemprotkan castoreum.

Aroma castoreum yang mirip dengan vanilla dan raspberry bercampur bunga-bungaan, menjadi penanda kesehatan berang-berang. Aroma tersebut juga membedakan antara anggota keluarga dengan berang-berang asing.

Berang-berang sangat terobsesi dengan bau tersebut, sehingga para pemburu bulu berang-berang di era kolonialisme Amerika menggunakan castoreum untuk menjebak berang-berang.

Bagaimana Cara Manusia Menggunakan Castoreum?

1 C539c

Ketika castoreum masih segar, cairan tersebut memiliki warna kuning pekat hingga abu-abu dengan tekstur yang kental dan lengket, tergantung pada jenis kelamin berang-berang.

Pada hewan yang masih hidup, castoreum diperah dan dikeringkan untuk pembuatan parfum. Sementara, pada hewan yang sudah mati, seluruh kelenjar diambil dan diawetkan secara tradisional dengan diasapi.

Dalam sejarah, castoreum seringkali digunakan sebagai obat-obatan. Bahkan, wanita Roma zaman dahulu menghirup asap castoreum sebagai obat untuk melakukan aborsi.

Hildegard von Bingen, cendekia abad ke-12, menemukan bahwa castoreum kering yang direndam dalam anggur dan digiling memiliki khasiat menyembuhkan sakit kepala.

Hal ini cukup masuk akal karena ternyata castoreum mengandung asam salisilat yang menjadi bahan pembuatan utama Aspirin, obat sakit kepala.

Kolonialisasi di benua Amerika bikin perdagangan bulu berang-berang, yang digunakan sebagai topi makin marak. Selain itu, minat akan castoreum sebagai bahan obat-obatan juga meningkat.

Castoreum dijual secara bebas di toko obat-obatan sebagai obat sakit gigi, sakit kepala, sulit tidur, dan masih banyak lagi. Di abad ke-19, castoreum bahkan digunakan sebagai bahan parfum agar bisa bertahan lama dan lebih harum.

Akibat hal tersebut, di akhir abad ke-19 berang-berang Amerika Utara hampir mengalami kepunahan.

Apakah Castoreum Hingga Kini Masih Digunakan?

3 E7bd4

Berdasarkan Oxford Companion to Sugar and Sweets, castoreum pertama kali digunakan sebagai bahan perisa makanan pada awal abad ke-20. Hanya saja, penggunaanya kini sudah tidak sebanyak dulu.

Meskipun begitu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menganggap castoreum sebagai "perisa natural" karena dihasilkan dari sumber natural tanpa bahan kimia.

Castoreum dapat digunakan sebagai perisa stroberi dan vanilla berkat makanan berang-berang yang terdiri atas kulit pohon dan daun-daunan.

Berang-berang kini sudah tidak diburu secara massal untuk diambil bulu dan castoreum-nya. Untuk mengambil castoreum, berang-berang harus dianestesi dan diperah secara manual. Proses ini katanya juga menjijikan, geng.

Karena prosesnya yang sulit dan mahalnya mengekstrak castoreum dari berang-berang hidup, substansi ini kini sudah jarang banget digunakan.

Dikutip dari Fenaroli s Handbook of Flavor Ingredients, konsumsi akan castoreum kini sangatlah kecil, yakni sekitar 300 pon atau 150 kilogram dalam 1 tahun.

Jumlah ini kalah jauh dibandingkan konsumsi vanilli natural yang mencapai 2,6 juta pon atau sekitar 1,3 juta kilogram per tahun. Makanya, castoreum kini lebih umum digunakan dalam produksi parfum karena lebih menguntungkan.

Kelangkaan tersebut bikin castoreum kini memiliki harga yang mahal. Makanya, kamu bisa berlega hati kalau mencicipi es krim vanilla favoritmu, geng.

Kalo masih gak yakin, kamu bisa coba cek bahan-bahan makanan dari label yang tertempel di bungkusnya, geng.

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

4 Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri & Orang Lain Terbaru 2021, 100% Works!

7 Artis KPop dengan Wajah Terbaik Menurut Dokter Bedah Plastik | Blackpink Paling Banyak!

7 Cara Membuka HP yang Terkunci Paling Ampuh, Praktis Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

ARTIKEL TERKAIT
Platinum Is Finding New Uses In Health Care 15bd6
Ini 5 Logam Mulia Termahal di Dunia, Nggak Cuma Bisa Dibuat Perhiasan!
Untitled Design 2021 04 01t191958 729 83a6c
Rumit Banget, 5 Kasus Kriminal Paling Terkenal di Dunia Ini Tak Pernah Terpecahkan!
Untitled Design 2021 04 01t115528 300 5fd70
Bikin Gagah Sih, Tapi Ternyata Jenggot Meningkatkan Risiko Kena COVID-19! Kenapa?
Untitled Design 2021 04 01t101105 719 9b686
Catat, Ini 7 Waktu Tidur Ideal Sesuai Kelompok Usia | Tidur Sana, Kesehatanmu Loh~
Untitled Design 2021 03 31t151837 450 Ee528
7 Skandal Pemain Bola Paling Panas | Jadi Pebinor Hingga Lecehkan Penyanyi Dangdut!
Untitled Design 2021 03 29t175500 107 564b1
Kecil-kecil Cabe Rawit, Inilah 7 Negara Terkaya di Dunia | Ada Negara Tetangga!
Tags Terkait: hewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal