Penemuan Ribuan Struktur Bangunan Kuno di Arab Saudi, Berusia 7.000 Tahun!

Default

Para arkeolog belum lama ini menemukan ribuan struktur bangunan kuno yang dibangun dari dinding batu di wilayah AlUla, Arab Saudi.

Setelah diteliti, para arkeolog berpendapat bahwa struktur bangunan kuno ini diperkirakan usianya lebih tua dibandingkan Piramida di Mesir dan Stonehenge di Inggris.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Antiquity, struktur misterius yang diberi nama Mustatil (persegi panjang) dan tersebar sepanjang gurun di barat laut Arab Saudi tersebut berusia sekitar 7.000 tahun.

Dilansir dari NBC News, Melissa Kennedy, arkeolog di University of Western Australia di Perth yang juga menulis studi tersebut mengatakan, "Kami menganggap penemuan ini sebagai lanskap monumental,".

Melissa kemudian melanjutkan, "Kami berbicara tentang lebih dari 1.000 mustatil. Benda-benda ini ditemukan lebih dari 200.000 kilometer persegi dan semuanya sangat mirip. Mungkin itu adalah kepercayaan atau pemahaman ritual yang sama."

Hugh Thomas yang juga menjadi penulis studi tersebut mengatakan bahwa dibutuhkan kemampuan komunikasi yang sangat baik agar bisa tetap kompak ketika mengerjakan proyek dalam cakupan area yang sangat luas.

Proses Pembuatan Mustatil

Mustatil 28246

Proyek penelitian dan penggalian Mustatil didanai oleh Royal Commission for AlUla, yang didirikan oleh pemerintah Arab Saudi untuk melestarikan warisan wilayah AlUla di barat laut negara tersebut.

Dari ribuan struktur yang ada, beberapa di antaranya memiliki panjang lebih dari 1.500 kaki atau setara 457,2 meter, tetapi berukuran relatif sempit.

Struktur kuno tersebut biasanya dibangun di atas batuan dasar, seringkali di atas singkapan berbatu di atas gurun, atau di pegunungan, dan di daerah dataran yang relatif rendah.

Untuk membangun 1 struktur Mustatil, dibutuhkan effort yang sangat berat, geng. Kennedy dan Thomas menyimpulkan bahwa para pekerja harus memindahkan 12.000 ton batu basal untuk membuat 1 Mustatil saja.

Berdasarkan informasi tersebut, kedua peneliti menyimpulkan dibutuhkan puluhan orang dan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Namun, ketika ditanya Kennedy dan Thomas belum bisa menjawab mengapa orang-orang dari peradaban kuno tersebut membangun banyak banget struktur Mustatil.

Fungsi Mustatil

Mustatil 2 90bc2

Kennedy beranggapan bahwa beberapa Mustatil yang didirikan kemungkinan hanya digunakan 1 kali saja. Sementara, Mustatil lainnya yang lokasinya berdekatan digunakan oleh kelompok orang yang berbeda.

Dalam sebuah penggalian yang dilakukan pada tahun 2019, para arkeolog menemukan tanduk dan tulang belulang hewan peliharaan seperti sapi sebuah kamar di 1 Mustatil.

Tulang belulang yang merupakan korban persembahan tersebut kemudian diteliti. Hasilnya, tulang belulang tersebut berasal dari 5.000 tahun SM selama periode Neolitik akhir.

Arkeolog Huw Groucutt dari Institut Max Planck, Jerman mengatakan, "Ini adalah salah satu makalah arkeologi terpenting dalam beberapa dekade terakhir,".

Ia kemudian melanjutkan, "Kebanyakan penelitian hanya tentang menambahkan beberapa detail pada hal-hal yang sudah diketahui. Fenomena mustatil adalah sesuatu yang sangat baru,".

Berdasarkan penuturan Groucutt, wilayah barat laut Arab Saudi yang banyak ditemukan mustatil telah diabaikan dalam studi prasejarah.

Groucutt berharap penemuan ini mampu membuktikan bahwa daerah tersebut jauh dari gurun kosong abadi yang dibayangkan orang. Perkembangan budaya manusia yang luar biasa juga pernah terjadi.

Baca juga artikel IPTEK atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia dengan Tagihan Listrik Termahal | Bisa DP Mobil!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.1 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Kisah 2 Orang Indonesia yang Sukses Jadi Petani Ganja di Luar Negeri

13 Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening 2021, Cuan Ngalir!

5 Presenter Gosip yang Malah Kena Gosip Panas, Karma Bagi Tukang Ghibah?

ARTIKEL TERKAIT
Tinggi Mumi Firaun Cd3bb
Parade Mewah Pemindahan Mumi Firaun ke Museum Baru | Sensasional Banget!
7 Wujud Superhero Yang Digambar Dengan Gaya Mesir Kuno Banner
7 Wujud Superhero yang Digambar dengan Gaya Mesir Kuno
Piramida Mesir 7f254
Tim Arkeolog Temukan Kota Emas Firaun yang Hilang di Mesir
Presiden Soekarno 0acdb
Kisah Mistis Parfum Favorit Soekarno | Bikin Merinding!
Senjata Legendaris Di Dunia Ini Banner
7 Senjata Legendaris yang Punya Kekuatan Mistis di Dunia
Tags Terkait: penemuan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal