Penemuan Ikan Mirip Naga di Palung Terdalam Dunia | Bisa Bersinar Juga!

Default

Palung merupakan celah atau cekungan dalam yang berlokasi di dasar laut. Kedalaman dari celah jurang dasar laut ini bervariasi layaknya di daratan.

Palung terbentuk lantaran adanya pertemuan dua lempeng tektonik bumi yang saling bertumbukkan. Makanya mirip dengan jurang dalam di dasar laut.

Permukaan dasar laut sebenarnya serupa dengan di daratan, di mana permukaannya tidak rata. Beberapa bagian terlihat meninggi, ada juga yang lebih rendah dan dalam.

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana suasana saat menyelami dasar lautan terdalam yang hingga saat ini baru dicapai oleh kapal selam tanpa awak dan tiga orang penyelam?

Lokasi Palung Mariana

Palung Adalah 00294

Palung terdalam di Bumi ialah Palung Mariana. Palung tersebut berlokasi di Samudera Pasifik, sekitar 200 kilometer dari timur Pulau Mariana.

Sejak tahun 2009, Presiden George W. Bush menetapkan kalau Amerika Serikat punya hak untuk melindungi Palung Mariana.

Alasannya? Lantaran palung tersebut terletak sangat dekat dengan Guam yang merupakan salah satu bagian wilayah Amerika Serikat.

Palung ini memiliki bentuk mirip dengan bulan sabit. Selain itu, Palung Mariana punya panjang 2.550 kilometer dan selebar 69 kilometer.

Apabila diukur, maka jarak antara permukaan air laut sampai titik terdalam alias dasar Palung Mariana mencapai 11 kilometer. Wow, bahkan Gunung Everest bisa tenggelam di dalamnya.

Puncak Gunung Everest masih dapat terbenam di bawah permukaan air laut dan masih menyisakan air laut sejauh 1,6 kilometer.

Penemuan Palung Mariana

10 Palung Terdalam Di Dunia C728e

Palung Mariana ini pertama kali ditemukan di tahun 1875 oleh kapal eksplorasi terkenal sepanjang masa, H.M.S. Challenger.

Para tim awal kapal Challenger berhasil mencatat kedalaman palung hingga di kedalaman 8 kilometer.

Selanjutnya, penelitian dan eksplorasi palung ini dilanjutkan oleh kapal H.M.S. Challenger II di tahun 1951, pada kali kedua ini mereka mendapati kalau palung ini punya kedalaman sampai 11 kilometer!

Kemudian di tahun 1960, dua orang tentara AL asal Amerika Serikat, Jacques Piccard dan Don Walsh sukses mencapai dasar Palung Mariana.

Tentunya, mereka menyelam ke dalam sana memakai kapal selam yang dinamakan Trieste. Penyelaman ini berlangsung selama 5 jam lamanya.

Bahkan cuma mampu bertahan di dasar palung selama 20 menit saja lantaran tekanannya yang teramat besar saat berada di dasar.

Penyelaman berikutnya dilakukan pada tahun 2012. Ini dilakukan oleh James Cameron yang merupakan seorang pembuat film dokumenter, pecinta sains, serta sutradara film Titanic.

Dirinya menyelam ke dalam palung tersebut memakai kapal selam yang telah ia rancang sendiri.

Cameron sukses bertahan selama tiga jam di dasar palung dan berhasil mendokumentasikan banyak video dan foto tentang kehidupan di bawah Palung Mariana.

Penyelaman selanjutnya dilaksanakan di tahun 2015 oleh Okeanos Explorer yang dipimpin tim National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Penemuan Ikan Mirip Naga di Palung Mariana

Contoh Palung A49c2

Berbicara soal kondisi di dasar Palung Mariana, suhu di dasar palung ini teramat dingin bahkan gelap yang cuma berkisar 1-4 derajat Celcius.

Selain itu, permukaannya mengeluarkan gelembung udara yang berisi sulfur serta karbon dioksida. Makanya kondisi palung ini teramat dingin dan asam.

Peneliti sempat ragu apakah ada organisme yang mampu bertahan hidup dengan kondisi seekstrem seperti itu?

Sebelum penyelaman pertama oleh Piccard dan Walsh, peneliti sempat berspekulasi mengenai kemungkinan terdapat makhluk hidup di laut dalam.

Buktinya, hasil penyelaman menunjukkan kalau ada kehidupan di bawah sana. Terdapat sejumlah ikan yang sukses tersorot dari lampu kapal Trieste.

Bahkan pada penemuan terbaru hasil penyelaman ke dalam palung terdalam di dunia yang dilakukan tahun 2015 menemukan dua hewan unik.

Palung Terdalam Di Indonesia D6c90

Pertama, yakni seekor gurita kecil berwarna translusen (bersinar) dan seekor ikan putih kecil yang disebut mirip dengan Falkor.

Falkor yakni seekor naga putih yang ada di dalam cerita The Neverending yang cukup terkenal di tempo dulu.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

7 Artis Dadakan yang Kini Menghilang | Kini Hidupnya Miris!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Sosok 3 Anak Dono Warkop yang Berprestasi | Dekat dengan Indro dan Ada yang Jadi Ahli Nuklir!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.2 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Aktris Hollywood yang Menolak Beradegan Seksi di Film, Patut Dicontoh!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tags Terkait: Viralfakta unik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal