Sosok Yudi Utomo, Penemu Kontainer Limbah Nuklir yang Tolak Tawaran Amerika

Nama Dr. Ir. Yudi Utomo Imardjoko bukan hanya dikenal sebagai sosok pendidik di Universitas Gadjah Mada (UGM), tetapi juga sebagai penemu kontainer limbah nuklir.

Pada tahun 1997 lalu, pria kelahiran Yogyakarta, 15 Maret 1963 tersebut pernah mendapatkan tawaran pekerjaan dari 2 perusahaan besar Amerika sekaligus.

Ia juga dijanjikan dengan gaji yang sangat tinggi, namun kedua tawaran tersebut ditolaknya mentah-mentah demi melanjutkan pengabdian dengan mengajar di almamaternya.

Yudi mulai terkenal di bidang nuklir sejak meneruskan studi di Amerika Serikat, terutama saat dirinya menjadi pemenang sebuah kompetisi pembuatan penampung limbah nuklir.

Yudi Utomo Tolak Tawaran Amerika 80ff1
Sumber foto: Boombastis

Saat itu, banyaknya jumlah pembangkit listrik tenaga nuklir membuat pemerintah AS membutuhkan desain penampung limbah nuklir baru.

Rancangan Yudi yang dinilai paling bagus dan aman kemudian masuk dalam lembaran Departemen Energi AS dan memenuhi kualifikasi untuk ikut tender.

"Menurut guru besar pembimbing saya, perhitungan yang saya miliki merupakan yang paling bagus. Ia bilang, itu semua untuk you saja dan dipatenkan. Lalu, perhitungan itu saya bawa pulang ke Indonesia dan dimatangkan," kata Yudi, seperti dikutip dari Kanigara.

Pembimbingnya, Profesor Daniel Bullen, adalah staf ahli Presiden AS Bill Clinton untuk bidang nuklir dan berlanjut di era Presiden George W Bush.

Adapun kontainer yang diciptakan Yudi dibuat dari titanium dan berbentuk silinder. Diameternya mencapai 1,6 meter dengan panjang 4 meter serta dinding setebal 24 sentimeter.

Yudi Utomo Dd5cf
Sumber foto: Koran Bernas

Salah satu kualifikasi yang ditetapkan adalah kontainer tersebut harus tahan selama 10.000 tahun agar mampu menyimpan limbah untuk waktu yang sangat lama.

Yudi kemudian mendapat dana riset unggulan terpadu (RUT) dan riset unggulan kemitraan (RUK) yang merupakan kerjasama dengan BBI.

Temuannya itu sudah mendapat paten dari AS pada tahun 2003, tetapi paten dari Indonesia baru keluar setahun setelahnya karena waktu tunggu yang lebih lama.

Dilansir dari Good News From Indonesia, Yudi menyusun kontainer berdasarkan kemungkinan penanganan limbah radioaktif nuklir dari uraian uranium dan plutonium.

Jika ada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Indonesia berkapasitas 1000 megawatt, diperkirakan akan ada 797 ton limbah yang dihasilkan setiap tahunnya.

Limbah tersebut diklasifikasikan menjadi 3, yaitu 27 ton limbah aktivitas tinggi, 310 ton limbah aktivitas sedang, serta 460 ton limbah aktivitas rendah.

Dengan angka tersebut, dibutuhkan wadah penyimpanan yang memadai untuk mendaur ulangnya.

Yudi Utomo Penemu Kontainer Limbah Nuklir 9dbbc
Sumber foto: Good News From Indonesia

Gagasan kontainer yang dibuat Yudi dibuat berdasarkan idenya untuk menimbun limbah tersebut dan dibiarkan hingga molekulnya meluruh sendiri dalam waktu yang sangat lama.

Sayangnya, temuan pria yang memperoleh gelar doktor di Iowa State University dalam usia 32 tahun pada 1995 tersebut masih belum terpakai di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Indonesia belum memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir, dan diperkirakan negara kita baru akan membutuhkannya sekitar 5 dekade lagi.

Pernah ditawari menjadi dosen Teknik Nuklir di Iowa University, Yudi lebih memilih mengajar di Fakultas Teknik UGM hingga hari ini.

Baca juga artikel seputar Iptek atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

1Baru Saja Bertambah Usia, 7 Orang Terkenal Ini Berpulang Tepat di Hari Ulang Tahunnya

Mengintip Potret Rumah Sederhana Milik Ibunda Luna Maya di Bali | Jauh dari Kesan Mewah

Download Capcut Pro MOD APK v3.7.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 07 15t112541 075 A85f1
Bandel dan Suka Memberontak, Orang Tua Ini Sengaja Buang Anaknya ke Pulau Terpencil
Untitled Design 2021 07 14t180516 784 51f22
Bukan Cuma Alien, Orang Berkepala Kerucut Juga Ada di Seluruh Dunia | Budaya Berbahaya?
Untitled Design 2021 07 14t162032 417 0e316
Pria Ganteng Ini Terobsesi Jadi Alien Sampai Nekat Rombak Tubuhnya, Potong Bibir dan Hidung!
Kakek Helikopter 820bd
Kakek Ini Berhasil Bikin Helikopter dari Barang Bekas | Tak Lulus SD dan Sempat Diolok Warga!
Untitled Design 2021 07 12t113654 130 F2d44
Gokil! Saking Panjangnya, Lidah Pria Ini Bisa Jilat Dahinya Sendiri | Pecahkan Rekor Dunia?
Untitled Design 2021 07 12t123822 939 Ccbed
Dulu Dibuang di Toilet Masjid, Anak Ini Diadopsi Venna Melinda dan Jadi Selebgram!
Tags Terkait: penemupenelitian
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal