Penemuan Mumi Putri Bertato Berusia 2.500 Tahun | Tidak Berubah Dalam Ribuan Tahun

Sebuah mumi perempuan bangsawan Siberia berusia 2.500 tahun dengan tato rumit ditemukan dalam situs pemakaman permafrost kuno di Dataran Tinggi Ukok, Rusia.

Situs ini berada di ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut dan dekat dengan perbatasan Rusia bersama Cina, Mongolia, dan Kazakstan.

Natalia Polosmak adalah arkeolog Rusia yang menemukan sisa-sisa artefak mumi perempuan bangsawan tersebut.

Dirinya mendedikasikan diri pada studi awal Zaman Logam pengembara Eurasia, terutama yang berkaitan dengan Budaya Pazyryk, yang pernah menghuni Pegunungan Altay di Siberia Rusia.

Penemuan Mumi Ice Maiden

Penemuan Mumi A737b

Polosmak terkenal lantaran penemuan juga analisis mumi Ice Maiden yang saat ini tengah jadi fokus perdebatan politik etnis antara ilmuwan Rusia bersama penduduk asli Altay.

Polosmak menilai kalau temuan jasad tersebut adalah seorang Putri Ukok di Pegunungan Altay. Dia terkejut mendapati kenyataan kalau tato itu tidak pernah berubah dalam kurun waktu hingga ribuan tahun.

Sang putri tersebut diperkirakan meninggal dalam usia yang terbilang sangat muda yakni usia 25 tahun. Polosmak juga mendapati dua prajurit yang mungkin adalah pengawalnya.

Polosmak juga menemukan enam kuda yang menjadi simbol demi menghormati perjalanan sang putri menuju alam lain.

Mumi Bertato E8091

Hal tersebut jadi bukti kalau jasad perempuan bertato ini kemungkinan besar merupakan bangsawan atau sosok yang dihormati rakyat, bahkan wanita suci.

"Saya pikir kita belum bergerak jauh dari Pazyryk dalam hal bagaimana tato dibuat," ujar Polosmak menjelaskan.

"Banyak dari mereka pergi berlibur ke Yunani, dan ketika saya berada di sana saya mendengar bagaimana orang Yunani tersenyum dan mengatakan bahwa usia seorang pria Inggris dapat dengan mudah dipahami dengan jumlah tato di tubuhnya," tutur Polosmak dikutip Histecho.

"Saya sedang berbicara tentang kelas pekerja sekarang aku juga memperhatikannya. Semakin tua seseorang, semakin banyak tato di tubuhnya," tambahnya.

Guna dan Makna Tato Orang Pazyryk

Penemuan Mumi Perempuan 15399

Orang-orang Pazyryk bahkan mempercayai kalau tato bakal menolong di kehidupan yang lain.

Sehingga akan mudah untuk orang-orang dari keluarga serta budaya yang serupa dalam mengenali satu sama lain usai kematian.

Tubuh Putri Ukok yang meninggal dalam usia 25 tahun tersebut mempunyai sejumlah tato di tubuhnya, salah satunya rusa dengan paruh griffon dan tanduk Capricorn.

Budaya Pazyryk mengulangi gambar binatang yang serupa pada jenis seni yang lain. Hal ini mempunyai arti kalau gambar itu mewakili pikiran mereka.

Tato dipakai demi mengekspresikan sejumlah pemikiran juga untuk menentukan posisi seseorang baik dalam masyarakat juga di dunia.

Semakin banyaknya tato yang ada di tubuh, artinya semakin lama orang tersebut hidup yang membuat semakin tinggi posisinya.

"Sang putri hanya memiliki dua lengan yang ditato. Jadi mereka menandakan usia dan status. Tato di bahu kiri Putri Siberia menunjukkan binatang mitologis yakni rusa dengan paruh griffon dan tanduk Capricorn," ungkap Polosmak.

"Tanduknya dihiasi dengan kepala griffon dan kepala griffon yang sama ditampilkan di bagian belakang hewan itu. Mulut macan tutul tutul dengan ekor panjang terlihat di kaki domba," tambahnya.

Sementara itu, pada mumi pria yang didapati di dekat mumi Putri diyakini merupakan seorang prajurit. Ditemukan tato bergambar makhluk fantastis yang serupa, tetapi ini menutupi sisi kanan tubuhnya, sedangkan pada bahu kanannya membentang dari dada menuju punggungnya.

"Pola-pola itu mencerminkan tato pada tubuh laki-laki yang tertutup jauh lebih rumit. Dada, lengan, bagian punggung, dan kaki bagian bawahnya dipenuhi tato," jelas Polosmak.

"Ada seekor argali, domba gunung bersama dengan kekasih yang sama dengan paruh seperti burung pemakan bangkai griffon, dengan tanduk dan bagian belakang kepalanya yang memiliki kepala griffon dan onager yang digambar di atasnya," tutupnya.

Baca juga artikel seputar Sejarah atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

Pria Ganteng Ini Terobsesi Jadi Alien Sampai Nekat Rombak Tubuhnya, Potong Bibir dan Hidung!

5 Orang Super Tajir yang Ogah Wariskan Harta Kekayaan untuk Anaknya

Tdomino Boxiangyx: Link Download & Cara Daftar Mitra Higgs Domino

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Potret Artis Indonesia yang Ngaku Jalani Operasi Dada | Makin Mantul

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 19t121833 601 F6bac
5 Artis Indonesia yang Ternyata PNS, Cerdas dan Multitalenta!
5 Cara Latihan Soal Ujian Dan Psikotes Cpns 2021 Anti Gagal C09fa
5 Cara Latihan Soal Ujian dan Psikotes CPNS 2021, Anti Gagal!
Gaji Cpns Dan Pppk Lulusan Sma Dan Smk Banner 935be
Berapa Gaji CPNS dan PPPK Lulusan SMA dan SMK di 2021? Ini Jawabannya
Persiapan Ikut Seleksi Cpns 2021 Banner 8aad6
Persiapan Ikut Seleksi CPNS 2021, Jangan Sampai Ada yang Ketinggalan!
Cara Menambah Ukuran File Pdf 3f61d
Cara Memperbesar Ukuran PDF | Buat Penuhi Syarat Dokumen CPNS
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal