Mobil Terbang Pertama di Dunia Sukses Uji Terbang | Bakal Siap Dipasarkan

Pernahkah kamu membayangkan untuk pergi jalan-jalan menggunakan mobil yang bisa terbang? Rupanya prediksi teknologi masa depan ini kini sudah hadir.

Baru-baru ini sebuah prototipe mobil terbang baru saja usai melakukan uji coba penerbangan selama 35 menit dalam perjalanan dari bandara internasional Nitra di Bratislava, Slovakia.

Hasil hybrid atau persilangan mobil dengan pesawat ini disebut dengan AirCar telah dilengkapi mesin BMW dan memakai bahan bakar minyak (BBM) bensin biasa.

Mengutip BBC, Profesor Stefan Klein yang menciptakan mobil ini mengatakan kalau kendaraan tersebut mampu terbang hingga sejauh 1.000 km dengan ketinggian 2.500 m.

Sejauh ini kendaraan tersebut sudah mencatat 40 jam mengudara. Setidaknya, butuh sekitar dua menit dan 15 detik untuk mengubah dari mobil menjadi pesawat.

Pasar yang Potensial

Uji Coba Mobil Terbang F181d

Sayap dengan ukuran sempit terlipat pada sepanjang sisi kanan-kiri mobil ini. Saat Profesor Klein mengendarainya langsung dari landasan pacu kemudian mendarat turun di ruas jalan kota ketika tiba, disaksikan langsung oleh para jurnalis.

Dia menjelaskan kalau pengalamannya mengendarai 'mobil terbang' tersebut "normal-normal saja" bahkan "amat menyenangkan".

Saat berada di udara, kendaraan roda empat tersebut berada dalam kecepatan jelajah sampai 170 km/jam. Bahkan mobil-pesawat ciptaannya ini bisa mengangkut hingga dua orang dengan maksimum total berat 200 kg.

Namun tak mirip dengan prototipe drone-taksi, kendaraan ini dapat lepas landas juga sekaligus mendarat dengan vertikal, selain itu membutuhkan landasan pacu.

Terdapat ekspektasi luar biasa untuk kemunculan dari mobil terbang di pasaran. Pada tahun 2019, perusahaan konsultan Morgan Stanley menghitung kalau sektor ini dapat bernilai hingga 1,5 triliun dollar AS (lebih dari Rp21.000 triliun) saat di tahun 2040 mendatang.

Bahkan kepala eksekutif Hyundai Motors Eropa Michael Cole menyebut kalau konsep tersebut sebagai "bagian dari masa depan kita".

Kehadiran dari mobil terbang nantinya dinilai jadi solusi potensial bagi permasalahan infrastruktur transportasi sekarang.

Dikembangkan Dalam Dua Tahun

Mobil Terbang B710a

Perusahaan sponsor AirCar, Klein Vision, menyebut jika prototipe ini butuh waktu hingga dua tahun dalam pengembangannya dan akan menelan "kurang dari dua juta euro (1,7 juta Euro)" untuk investasinya.

Penasihat sekaligus investor di Klein Vision, Anton Rajac menjelaskan kalau perusahaan bisa menarik bahkan sebagian kecil dari penjualan maskapai penerbangan atau taksi global dan bakal jadi kesuksesan yang besar.

"Ada sekitar 40.000 pesanan pesawat di Amerika Serikat saja. Dan apabila kita mengubah 5% dari hal itu, untuk mengubah pesawat menjadi mobil terbang, kita memiliki pasar yang menggiurkan," ujarnya.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Dulu Diejek Gara-gara Fisiknya, 8 Artis Ini Kejutkan Publik dengan Penampilan Baru | Beda Banget!

7 Potret Rumah Artis Pria di Kampung Asalnya Masing-masing | Ada yang Jadi Istana

Kumpulan Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, PC Bahasa Indonesia Terbaru & Terlengkap

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Ilmuwan Perkirakan Penampakan Peta Bumi 250 Juta Tahun ke Depan | Dunia Menyatu Lagi

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: teknologimobilpesawat
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal