Mengungkap Misteri Segitiga Bermuda | Apa Saja yang Sudah dan Belum Diketahui?

Default

Kamu pasti familiar sama kawasan yang disebut Segitiga Bermuda. Kawasan yang juga sering disebut Segitiga Setan ini adalah sebuah kawasan yang terletak di Samudera Atlantik.

Kawasan ini memiliki banyak kisah mistis. Pasalnya, sudah ada puluhan kapal laut dan pesawat terbang yang menghilang kala melintas kawasan tersebut. Menghilangnya mereka pun tak dapat dijelaskan secara logis.

Maka dari itu, selama bertahun-tahun sudah banyak orang yang berusaha untuk memecahkan misteri yang meliputi Segitiga Bermuda.

Sebagian berhasil mengungkap misteri yang ada di sana. Namun masih ada juga banyak misteri yang belum berhasil terjawab.

Punya cuaca ekstrem

Mengutip National Geographic Indonesia, ada cukup banyak misteri seputar Segitiga Bermuda yang sudah berhasil diketahui manusia.

Pertama, kawasan Segitiga Bermuda terletak di Samudera Atlantik dan dikelilingi lepas pantai Amerika Serikat bagian tenggara, Bermuda, dan Kepulauan Antilles Besar (Kuba, Hispaniola, Jamaika, dan Puerto Rico.

Kawasan ini juga jadi tempat titik laut terdalam yang ada di Samudera Atlantik. Titik itu disebut Milwaukee Depth. Palung Puerto Riko yang ada di Milwaukee Depth memiliki kedalaman hingga 8.380 meter.

Gulf Stream, arus laut yang kuat yang diketahui bisa menyebabkan perubahan cuaca lokal yang ekstrem ternyata melintas melewati Segitiga Bermuda.

Hal itu jadi salah satu alasan kenapa Segitiga Bermuda juga sering mengalami badai dan badai tropis.

Garis Agonis juga kadang-kadang melewati Segitiga Bermuda, termasuk periode di awal abad ke-20.

Garis Agonis adalah tempat di permukaan Bumi di mana utara yang sebenarnya dan utara magnetik sejajar, tidak perlu lagi memperhitungkan deklinasi magnetik pada kompas.

Kawasan Segitiga Bermuda 30A Fd518

Kawasan yang tak diakui

Perbatasan wilayah Segitiga Bermuda tidak pernah disetujui secara universal. Diperkirakan Segitiga Bermuda memiliki area total antara 1.300.000 3.900.000 kilometer persegi dengan bentuk agak mirip segitiga.

Segitiga Bermuda tidak pernah muncul di peta dunia manapun. Dewan AS juga tidak mengakui Segitiga Bermuda sebagai wilayah resmi Samudera Atlantik.

Penggunaan nama Segitiga Bermuda

Nama Segitiga Bermuda baru digunakan pada 1964. Saat itu, seorang penulis bernama Vincent Gaddis menggunakan nama tersebut dalam artikel yang ia tulis dalam sebuah majalah.

Nama itu digunakan untuk mendeskripsikan wilayah berbentuk segitiga yang ia sebut telah 'menghancurkan ratusan kapal laut dan pesawat tanpa jejak'.

Laporan adanya kejadian hilangnya sesuatu ini kawasan Segitiga Bermuda sendiri sudah banyak muncul sejak abad ke-19.

Kasus yang terjadi di Segitiga Bermuda

Namun begitu ada beberapa kasus kehilangan yang memang terjadi di sana. Setidaknya ada 2 kecelakaan di Segitiga Bermuda yang melibatkan kapal militer Amerika Serikat.

Pada bulan Maret 1918, collier USS Cyclops yang sedang berlayar menuju Baltimore, Maryland dari Brazil tiba-tiba menghilang di dalam kawasan Segitiga Bermuda.

Hingga kini belum ada penjelasan mengenai menghilangnya kapal tersebut. Tidak ada sisa bangkai kapal yang ditemukan.

Setelah itu 27 tahun kemudian ada pula kejadian menghilangnya 1 skuadron bombers yang dikenal sebagai Flight 19 yang dipimpin oleh Letnan Charles Carroll Taylor.

Skuadron tersebut menghilang di wilayah udara yang ada di atas kawasan Segitiga Bermuda. Tidak ada penjelasan mengenai kejadian tersebut. Tidak ada juga bangkai pesawat yang ditemukan.

Segitiga Bermuda Britannica A1cb1

Dipopulerkan lewat buku

Populernya Segitiga Bermuda tak bisa dilepaskan dari beragam misteri yang meliputinya. Hal ini yang kemudian dipopulerkan oleh seorang penulis bernama Charles Berlitz.

Ia jadi sosok yang mempopulerkan legenda Segitiga Bermuda melalui buku best-selling miliknya berjudul The Bermuda Triangle (1974).

Dalam buku tersebut, Berlitz mengkalim bahwa pulau Atlantis juga jadi salah satu yang hilang akibat Segitiga Bermuda.

Tak banyak kasus yang terjadi

Walaupun memiliki reputasi seperti itu, sebenarnya tak banyak kasus kehilangan yang terjadi di sana.

Bahkan bisa dibilang kasus kehilangan yang terjadi di kawasan Segitiga Bermuda tidak lebih banyak daripada yang terjadi di kawasan lain di Samudera Atlantik.

Pada 2013, World Wildlife Fund (WWF) melakukan penelitian terkait jalur pelayaran maritim. Mereka menemukan bahwa Segitiga Bermuda bahkan tidak termasuk dalam 10 besar kawasan perairan yang berbahaya.

Kawasan Segitiga Bermuda bahkan jadi salah satu kawasan yang jalur pelayarannya paling aktif di dunia. Lalu lintas harian baik laut maupun udara di Segitiga Bermuda sangatlah padat setiap harinya.

Misteri yang belum diketahui

Meski begitu, masih ada juga beberapa misteri seputar Segitiga Bermuda yang belum berhasil diketahui manusia.

Di antaranya adalah belum ada data pasti mengenai berapa banyak jumlah kapal laut dan pesawat terbang yang menghilang di Segitiga Bermuda.

Namun para ahli memperkirakan jumlahnya sekitar 50 kapal laut dan 20 pesawat terbang.

Bangkai kapal laut dan pesawat terbang yang menghilang di Segitiga Bermuda juga belum berhasil ditemukan hingga sekarang.

Alhasil, kita juga belum tahu apa penyebab menghilangnya kapal laut dan pesawat terbang tersebut. Apakah disebabkan oleh kesalahan manusia atau kah fenomena udara.

BACA JUGA

Indonesia Akan Alami Hari Tanpa Bayangan 6 September 21 Oktober | Simak Jadwal Lengkapnya

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Tuyul dan Babi Ngepet Tak Bisa Curi Uang dari Bank

75+ Nada Dering WA Terlengkap & Terbaru 2021 | Download Gratis!

Mengharukan, Seorang Ayah di Lebak Keliling Kampung Cari Seragam Bekas untuk Anak

ARTIKEL TERKAIT
Tempat Paling Misterius 14e21
10 Tempat Ini Lebih Misterius Dibandingkan Segitiga Bermuda
6cca3075a8698ead9197e791982ea600
4 Spesies 'Alien' yang Hidup di Bawah Segitiga Bermuda
Untitled Design 2021 01 19t111554 592 0552f
5 Fakta Misterius Tentang Segitiga Bermuda, Banyak Kapal dan Pesawat Hilang?
Pjimage 28 A98a0
5 Perairan Indonesia Paling Angker | Segitiga Bermuda Kalah Horor
Bermuda 1 4e7d0
6 Foto Penampakan Pesawat Asing di Dasar Segitiga Bermuda, Pesawat Alien?
Tags Terkait: misterifakta menarik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal