Gokil! Ternyata 3,2 Miliar Tahun Lalu Bumi Hanya Dipenuhi Air

Default

Seperti diketahui, sekitar bagian planet bumi diisi oleh air. Sementara sisanya adalah daratan yang kita tinggali. Namun tahukah kamu, bahwa kondisi bumi di zaman dahulu jauh berbeda dari sekarang ini?

Mengutip National Geographic Indonesia berdasarkan studi yang dipublikasikan jurnal Nature Geoscience mengungkapkan bahwa dahulu bumi sama sekali tidak memiliki daratan. Para peneliti menduga bahwa bumi di masa lampau sepenuhnya ditutupi oleh air.

Penemuan ini berhasil menjawab pertanyaan tentang bagaimana organisme sel tunggal pertama kali muncul sekitar 3,5 miliar tahun lalu. Apakah organisme tersebut muncul dari kolam air tawar di daratan atau malah air laut.

"Sejarah kehidupan di bumi melacak relung yang tersedia. Jika dulunya dunia dipenuhi air, maka ceruk air tidak akan ada," kata geobiolog dari University of Colorado Boulder bernama Boswell Wing.

Awalnya, tim peneliti berusaha mencari tahu suhu awal bumi untuk menjawab pertanyaan yang sulit dipecahkan. Apakah planet ini jauh lebih hangat, lebih dingin, atau suhunya sama seperti sekarang ketika awal kehidupan muncul.

Rekan Wing sekaligus pemimpin penelitian ini bernama Benjamin Johnson mengumpulkan data dari hasil analisis 100 sampel batuan di daerah kering di pedalaman barat laut Australia bernama Panorama. Ia berusaha untuk mempelajari lebih lanjut saluran air yang melintas di atasnya.

Panorama merupakan situs geologis yang jadi rumah bagi sepotong kerak samudera berusia 3,2 miliar tahun. Terdapat sisa kulit luar kerak. Sementara di sisi lainnya terdapat pangkalan yang mengungkap di mana air muncul melalui lubang hidrotermal di dasar laut.

Penelitian 6497a

Mengutip Detik, kunci analisis mereka adalah mencari isotop atau bukti oksigen yang telah terperangkap di batu. Mereka mencari Oxygen-16, isotop yang lebih ringan. Serta Oxygen-18, isotop yang lebih berat.

Mereka berhasil menemukan fakta bahwa 3,2 miliar tahun lalu, lautan mengandung lebih banyak isotop oksigen laut jika dibandingkan dengan isotop oksigen yang dihasilkan oleh daratan saat ini.

Johnson menyimpulkan bahwa hal itu jadi tanda bahwa saat itu, bumi yang kini berusia 4,5 miliar tahun bisa jadi tidak memiliki daratan sama sekali.

"Tidak ada sampel air lautan purba yang betul-betul berada di sekitarnya, tapi kami memiliki batu yang berinteraksi dengan air laut di masa lalu dan merekam interaksi itu," papar Johnson.

Lebih lanjut, massa tanah yang ada pada sekarang ini terlihat ditutupi oleh tanah liat yang mengambil isotop oksigen yang lebih berat dari lapisan laut.

Mereka percaya bahwa alasan jumlah Oxygen-18 yang mereka temukan dalam sampel Panorama adalah karena tidak ada tanah atau daratan untuk menyerap isotop.

Walaupun begitu, para peneliti juga tidak memungkiri bahwa kesimpulan mereka tidak 100% benar. Mungkin saja saat itu terdapat benua atau pulau kecil yang muncul dari lautan.

Mereka hanya tidak mengira ada dataran berskala luas seperti benua saat ini yang juga ada di masa lampau.

Para peneliti mengaku masih belum puas dengan hasil penelitian mereka di Australia. Maka dari itu, mereka berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap susunan batuan yang lebih muda yang berada di Arizona dan Afrika Selatan. Diharapkan penelitian ini bisa mengungkap pertanyaan kapan benua muncul.

BACA JUGA

7 Foto Miris yang Menunjukkan Perubahan Kondisi Bumi, Ada Indonesia Juga

8 Potret Transgender Miliuner Pertama dan Satu-satunya di Asia | Bos Bisnis Media di Thailand

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Wanita Ini Pecahkan Rekor Mulut Terbesar di Dunia | Keren atau Malah Menyeramkan?

ARTIKEL TERKAIT
Foto Bumi Dahulu Dan Saat Ini Banner
15 Foto Ini Membuktikan Bahwa Bumi Sudah Berubah
Gempa Bumi Terdahsyat 55312
10 Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Cvrr Horz E4c78
7 Foto Miris yang Menunjukkan Perubahan Kondisi Bumi, Ada Indonesia Juga
F81d5cf7b99f59337a19b32fb7f43a18
5 Teknologi Kelewat Canggih di Zaman Purba Ini Hilang Bak Ditelan Bumi
Danau Raksasa Purba A018c
Arkeolog Temukan Danau Purba Raksasa di Bumi | Indonesia Bisa Nyemplung Masuk!
Tags Terkait: bumipenelitian
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal