5 Fenomena Meteor Jatuh di Indonesia | Ada Rumah Warga Kejatuhan!

Beberapa waktu lalu warga di Kecamatan Pagimana, Kabupaten Bangga, Sulawesi Tengah, dibuat geger oleh fenomena meteor jatuh yang menimbulkan suara yang kuat, serta kilatan cahaya yang sangat terang.

Penampakan tersebut direkam oleh kamera warga dan menjadi viral. Mengenai fenomena tersebut, astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan kepada Kompas bahwa benda yang jatuh itu merupakan meteroid.

Meteroid sendiri merupakan benda luar angkasa yang natural, berbeda dengan sampah antariksa yang merupakan benda buatan manusia seperti satelit bekas, roket bekas, atau sisa-sisa alat penjelajahan antariksa lainnya.

Berikut ini, Jaka sudah merangkum sejumlah kejadian meteor jatuh di Indonesia yang bikin heboh. Bahkan ada yang menimpa rumah warga!

1. Meteor jatuh di Sulawesi Tengah

Meteor Jatuh Hari Ini 2021 65c4e

Baru-baru ini langit Pantai Pagimana, Kecamatan Pagimana, Binggai, Sulawesi Tengah dibuat cerah lantaran ledakan yang diduga kuat sebagai meteor.

Sekitar pukul 21.00 WITA, warga merekam fenomena yang menampakkan terdapat kilatan cahaya serta suara ledakan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan pernyataan mengenai hal ini lewat keterangan tertulis.

"Berdasarkan rekaman video yang ada, terdapat indikasi kuat bahwa kilatan tersebut dihasilkan oleh bolide yang merupakan meteor berukuran beberapa puluh sentimeter yang terbakar dan meledak di atmosfer," ujar Peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto dikutip dari CNN Indonesia.

2. Meteor jatuh di Bone, Sulawesi Selatan

Meteor Jatuh Tahun 2021 501c6

Ledakan menggelegar pada 8 Oktober 2009 ini mungkin masih sangat membekas untuk sebagian benak masyarakat di Bone.

Pasalnya, meteorit tersebut menimbulkan ledakan menggelegar yang sempat bikin warga panik hingga berhamburan keluar rumah.

Peneliti LAPAN memperkirakan ledakan keras di udara tersebut bisa terjadi lantaran benda langit yang jatuh, bisa jadi adalah meteorit yang tergolong cukup besar.

Sementara itu, berdasarkan hasil analisis dari NASA, dentuman tersebut disebabkan oleh asteroid yang memasuki atmosfer Bumi dan kemudian meledak.

Alat infrasound International Monitoring System (IMS) Infrasound Station of the Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization (CTBTO) mendeteksi asteroid berdiameter 5-10 meter itu yang memiliki energi ledakan serupa 50 kiloton TNT!

3. Meteor di Duren Sawit, Jakarta

Meteor Jatuh Hari Ini 2021 65c4e

Rupanya Ibu Kota Jakarta pada 2010 silam juga pernah kejatuhan meteorit. Akibat tumbukan meteorit ini, tiga rumah yang berlokasi di Jl Delima II, Duren Sawit, Jakarta Timur rusak.

Rumah milik warga, Sudarmojo, mendapati kerusakan paling parah dibandingkan dengan dua rumah tetangganya yakni Susanti dan Marzuki.

Bahkan lantai dua rumah Sudarmojo ambrol disebabkan ledakan tersebut. Bagian atap rumah yang terbongkar juga tampak jelas melalui lubang di lantai dua. Melalui lubang itu pula perabotan berjatuhan ke lantai satu.

4. Meteor jatuh di Gianyar, Bali

Meteor Jatuh Di Indonesia Hari Ini 2020 Cff1b

Pulau Dewata, Bali juga pernah kejatuhan meteorit. Tepatnya benda langit tersebut jatuh di areal persawahan Desa Sukawati, Gianyar, Bali pada tahun 2008 lalu.

Meteorit yang bisa lolos dari gesekan atmosfer Bumi lantas saja menggegerkan para warga sekitar. Pasalnya, meteorit ini menyisakan lubang dengan diameter satu meter, ditambah dengan kedalaman hingga 30 cm.

Warga mengaku, sebelum terjadinya ledakan, mereka menyaksikan sebuah cahaya terang yang melesat ke Bumi.

5. Meteor di Bengkulu

Meteor Jatuh Tadi Malam 68675

Pada tahun 2015, polisi beserta TNI menyisir lokasi diduga jatuhnya benda antariksa di wilayah hutan Desa Pelalo, Kelingin, Kepahiang, Bengkulu.

Ketika diselidiki, mereka cuma menemukan sisa bakaran dari ledakan meteorit. Salah seorang warga melaporkan, dirinya sempat menyaksikan sebuah benda asing seperti meteorit jatuh ke Bumi.

Namun dirinya tak sempat merekam fenomena alam tersebut. "Jatuhnya dari arah langit turun ke bumi. Seperti meteor. Sebelum sempat saya rekam dengan kamera apinya padam," kata Vilyan Alfaqih, warga Lebong Selatan dikutip dari Detikcom.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menuturkan hasil pantauan LAPAN, tidak ada benda langit yang jatuh ke Bengkulu. Namun, kalau warga mendengar dentuman, bisa jadi memang hal tersebut disebabkan oleh meteorit.

Akhir Kata

Itu tadi deretan meteor yang jatuh di Indonesia bahkan ada yang sempat menjatuhi rumah-rumah warga. Apakah kamu pernah menemukan meteor jatuh juga?

Baca juga kabar terbaru para ilmuwan yang menemukan Bumi super yang seusia alam semesta di artikel berikut:

Berikan komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lainnya. Nantikan info dan kabar menarik lainnya di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.