5 Merek HP Dunia yang Kini Bangkrut | Pasti Kamu Pernah Pakai!

Seperti yang kita ketahui baru-baru LG Electronic mengumumkan bahwa mulai 31 Juli 2021 mereka akan menutup bisnis ponsel atau HP milik mereka.

Selepas tanggal tersebut, LG tidak lagi akan memproduksi HP atau smartphone baru. Keluarnya LG dari persaingan bisnis smartphone lantaran produsen asal Korea Selatan ini tak lagi bisa bersaing.

Apalagi, persaingan di sektor gadget ini semakin ganas dan ketat dengan masuknya produsen smartphone asal China yang kian mendominasi.

Sebenarnya, sebelum LG sudah ada beberapa merek HP lainnya yang juga senasib. Berikut ini Jaka sudah merangkum merek HP yang kini bangkrut. Apakah ada yang pernah kamu pakai?

1. Ericsson

Hp Lg Bangkrut C23d7

Siapa yang tidak mengenal merek HP satu ini? Sempat mengalami masa jayanya di tahun 1990-an, kini Ericsson sudah resmi menutup bisnisnya.

Hal ini terjadi sejak tahun 1998 saat Ericsson harus menghadapi masalah pada proses pengembangan HP model Ericsson T28.

Masalah tersebut berakibat pada peluncuran HP yang awalnya direncakan pada Natal 1998, malah molor hingga akhir 1999.

Musibah belum berhenti sampai di sana. Tanggal rilis Ericsson T28 harus terpaksa ditunda lagi lantaran kebakaran yang melanda pabrik Philips di Albuquerque, New Mexico, AS.

Lantaran insiden tersebut, sebanyak 7 juta unit HP jadi gagal diproduksi. Tahun 2000, Ericsson akhirnya meluncurkan satu HP baru yang disebut Ericsson E380.

HP tersebut menjadi HP pertama milik Ericsson yang telah mengusung sistem operasi Symbian. Sayangnya, debut hP anyar ini tidak sukses di pasaran.

Ericsson kemudian masih mencoba merilis perangkat PC genggam yang dinamai Ericsson MC218 dan PC genggam HS210 pada tahun 1999.

Namun, pada pergantian tahun 2000 ke 2001, Ericsson harus dilanda krisis. Untuk menghadapi krisis perusahaan, Ericsson terpaksa memutus kerja 600 karyawannya yang terlibat di proses produksi HP.

Ericsson selanjutnya membagi perusahaan ke dalam dua divisi, yakni produksi dan desain HP yang dialihkan kepada Sony Ericsson Mobile Communications, yang merupakan kerja sama dengan Sony.

Kemudian untuk proses pengembangan software dan hardware sebagai fondasi untuk membuat HP, dipindahkan kepada perusahaan baru yang dinamai Ericsson Mobile Platforms (EMP).

2. Sony Ericsson

Merek Hp Dari Korea 0b325

Sony Ericsson adalah merek dari hasil kerja sama antara Sony dengan Ericsson sejak 1 Oktober 2001.

Salah satu tujuan utama Sony Ericsson adalah untuk meluncurkan HP baru yang mampu memimpin dalam tren fotografi digital di dunia.

Seperti contohnya HP Sony Ericsson T610 dan P900 yang meluncur pada tahun 2003, Sony Ericsson W800i di tahun 2005, juga Sony Ericsson K800i Cyber-shot dan W910i di tahun 2007.

Sayangnya, perusahaan bagi hasil itu menghadapi kerugian di tahun 2002 dan 2003. Hal tersebut lantaran perusahaan tak mampu menghadapi kompetitor lainnya yang serupa.

Sony Eriscsson dianggap gagal memenuhi kebutuhan para konsumen lantaran tidak berinovasi lewat produk buatannya.

3. Siemens

Samsung Bangkrut 73940

Siemens adalah perusahaan produsen HP yang berdiri pada 1985. Awal kejatuhan dari Siemens sejak 2005. Saat itu, perusahaan ini menanggung beban kerugian sampai 500 juta Euro.

Siemens juga merasakan penurunan pangsa pasar selama tahun 2004. Salah satunya lantaran kerusakan software yang terjadi di model HP terbaru buatannya.

Tak ingin terus merugi, Siemens akhirnya memutuskan menjual divisi HP miliknya ke BenQ. Ketika itu diketahui BenQ mengucurkan dana sampai 350 juta Euro untuk akuisisi divisi tersebut.

Adapun keuntungan yang diperoleh BenQ atas kendali pemakaian merek dagang Siemens selama hampir lima tahun berikutnya.

Selain itu, sebanyak 6.000 karyawan Siemens turut ikut bekerja sepenuhnya di bawah BenQ.

4. HTC

Nexian Hp Fcc98

Awalnya, HTC adalah perusahaan yang memproduksi komponen komputer. Lama-kelamaan, HTC mengembangkan bisnisnya dengan memproduksi HP.

Nama HTC melejit di tahun 2005 berkat hadirnya HTC Dream, HP berbasis Android pertama yang pernah dirilis.

Kala itu, HTC mulai giat mengembangkan smartphone Android lainnya. Pada 2010 sama, HTC sukses mengembangkan aplikasi antarmuka bernama TouchFLO 3D.

Aplikasi ini hadir pertama kali di ekosistem Windows Mobile. Aplikasi itu selanjutnya berubah jadi HTC Sense.

Hingga di tahun 2017, HTC memutuskan menjual divisi HP miliknya ke raksasa Google seharga 1,1 miliar dollar AS atau Rp15,9 triliun.

Selain itu Google juga memperoleh lisensi non-eksklusif untuk beragam kekayaan intelektual HTC. Google meang tak asing dengan divisi smartphone HTC.

Salah satu HP model Pixel pernah dibuat lewat kerja sama dengan divisi tersebut. Kini, HTC sudah resmi jadi salah satu bagian Google.

5. LG

Advan Bangkrut 43729

LG Electronics resmi akan menutup bisnis HO miliknya secara permanen. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh dewan direksi LG.

Pada keterangan tertulisnya, LG menyebutkan kalau penutupan itu diakibatkan oleh kondisi persaingan bisnis smartphone dunia yang kian ketat.

Meski unit bisnis HP akan ditutup, LG menyebutkan kalau aksesori juga kelengkapan HP saat ini bakal tetap tersedia di pasaran.

Pada Januari lalu, berembus kabar LG ingin menjual bisnis HP-nya ke salah satu perusahaan konglomerasi asal Vietnam yakni Vingroup Co.

Lantaran ditutupnya unit bisnis HP ini, LG juga menghentikan pengembangan HP layar lipatnya dan menunda seluruh rencana peluncuran HP baru di semester pertama 2021.

Akhir Kata

Itu dia daftar merek HP dunia yang bangkrut dan gagal bersaing di pasar smartphone sekarang ini. Memang ganas dan ketat bisnis di sektor ini!

Baca artikel mengenai Gadget atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.1 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Kumpulan Foto Anak Mulan Jameela yang Jarang Tersorot | Memesona Seperti Ibunya!

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

Viral, Video Warga Eropa Mengungsi ke Indonesia karena Asteroid | Simulasi atau Sungguhan?

ARTIKEL TERKAIT
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Vivo Banner Aad20
5 Merek HP Terlaris di Indonesia, Nomor Satu Bukan Oppo atau Xiaomi!
Hp Realme Ram 8gb 7271a
Daftar HP realme RAM 8GB Terbaik di 2021, Harga Mulai 1 Jutaan!
Hp Realme Terbaru Fa57e
10 HP realme Terbaru 2020 dan Spesifikasinya, Cocok Buat Gaming!
Hp Realme Yang Ada Nfc 8d418
5 Rekomendasi HP Realme yang Ada NFC, Murah dan Berkualitas!
Realme Dibawah 2 Juta Aaf9c
7 HP realme di Bawah 2 Juta Terbaik 2020, Lancar Untuk Gaming!
Hp Realme Ram 4gb 8b5f9
7 HP realme RAM 4GB Terbaik di 2020, Mulai 1 Jutaan!
Cats2 B8854
Daftar Harga HP realme Terbaru Maret 2021 & Spesifikasi Lengkap
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal