Benarkah Berat Bumi Bisa Bertambah dan Berkurang? Ini Alasannya!

Default

Dari hari ke hari, Bumi yang merupakan planet biru satu-satunya yang ditinggali oleh kita sebagai manusia semakin tua saja. Seiring waktu, jumlah populasi juga kian membludak.

Menurut Wikipedia per Maret 2020 lalu, populasi manusia di seluruh dunia diperkirakan telah mencapai angka 7,8 miliar orang. Banyak sekali, bukan?

Lantas beberapa pertanyaan pun muncul, seperti "Seberat apakah Bumi?", "Berapa berat Bumi ditambah dengan manusia yang tinggal di dalamnya?", dan "Apakah berat Bumi bisa bertambah ataupun berkurang?"

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Jaka telah menyiapkan ulasan sederhananya dalam artikel berikut. Yuk, simak, geng!

Menghitung Berat Bumi

Berat Bumi 89a7f
Sumber foto: nypost.com

Menghitung berat Bumi rupanya tidak sulit. Seorang ilmuwan terkemuka Henry Cavendish adalah orang yang pertama melakukan penghitungan berat bumi sendiri pada tahun 1798.

Dia menghitung berat Bumi dengan menggunakan alat semacam dumbbell besar yang dilengkapi bola yang ditempelkan pada ujung tongkat dengan enam penyangga.

Cara penghitungan yang dilakukan oleh sang ilmuwan adalah mengukur seberapa keras gravitasi bumi menarik berat yang diukurnya dari dumbbell besar tersebut dalam suatu perbandingan skala.

Adapun acuan pengukuran gaya gravitasi bola yang lebih besar pada bola yang lebih kecil adalah osilasi, variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran. Contoh jelasnya adalah ayunan bandul.

Jika massa jenis bola dapat diketahui, maka rasio dari dua kekuatan tersebut dapat digunakan untuk menentukan massa jenis Bumi (volume/massa).

Dalam penemuannya, Cavendish mengungkapkan bahwa massa jenis Bumi ternyata 5,48 kali lebih besar dari massa jenis air. Hasilnya, berat Bumi diketahui berkisar pada angka 5,972 10^24 kg.

Menghitung Berat Seluruh Manusia di Bumi

Populasi Dunia Dffcd
Sumber foto: Ghanatalksbusiness.com

Menghitung seluruh manusia yang ada di bumi mungkin adalah hal yang sulit. Namun, tim peneliti dari Inggris ini menghitungnya dengan cara sederhana.

Mereka menghitung jumlah populasi dan berat rata-rata manusia di bumi. Hasilnya, berat badan manusia yang ada di bumi mencapai 287 juta ton atau setara dengan 4.500 kapal Titanic.

Perhitungan tersebut menggunakan pendekatan dari indeks massa tubuh (BMI) dan tinggi rata-rata individu untuk memetakan orang dengan kelebihan berat badan berdasarkan pada data BMC Public Health.

Selanjutnya, perhitungan ini akan dikaitkan pada lingkungan yang berkelanjutan, di mana populasi manusia yang ada diyakini punya dampak bagi lingkungan itu sendiri.

Apakah Bumi Dapat Kehilangan dan Bertambah Berat?

Komet 47638
Sumber foto: Canberratimes.com.au

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah iya. Berat Bumi dapat berkurang dan bertambah akibat beberapa faktor dari luar bumi dan faktor pelepasan massa dari planet ini.

Bumi sangat mungkin berbenturan dengan debu, komet, dan meteor yang menembus atmosfer hingga mendarat di Bumi sehingga massanya dapat bertambah.

Di lain sisi, Bumi juga bisa kehilangan beratnya saat melepaskan dari atmosfer ke luar.

Dr. Chris Smith memperkirakan, 40.000 ton debu angkasa menambah berat bumi setiap tahunnya. Pada saat yang sama, bumi juga melepaskan 95.000 ton hidrogen dan 1.600 ton helium ke angkasa sehingga berat Bumi berkurang.

Ini berarti, bumi kehilangan sekitar 50.000 ton setiap tahunnya dan kedepannya berat bumi akan terus mengecil.

Kendati demikian menurut ilmuwan tersebut, perlu setidaknya triliunan tahun bagi hidrogen di planet ini untuk habis. Namun, beda dari hidrogen, helium tidak dapat terlihat dan dihitung pasti jumlahnya.

Ada beberapa pihak lantas bilang bahwa helium bisa habis dalam tiga dekade mendatang. Dengan catatan, jika helium dibuang untuk proyek-proyek besar manusia tanpa memperhatikan dampaknya pada lingkungan.

Akhir Kata

Sekian fakta-fakta menarik mengenai berat bumi yang dtinggi oleh miliaran manusia. Bertambah dan berkurangnya berat bumi sendiri tidak bisa dihindari, geng.

Namun sebagai manusia, kita harus menjaga dan merawatnya dengan agar tidak rusak. Hal itu sudah sewajarnya kita lakukan demi kelangsungan hidup kita dan anak-cucu kita juga nanti, geng.

Baca juga artikel seputar Iptek atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Foto Gak Masuk Akal Banner
10 Foto Paling Gak Masuk Akal yang Pernah Ada di Muka Bumi Ini
Header 16 97528
10 Meme Ini Bakal Bikin Kaum Bumi Datar Malu, Skakmat dan Tobat!
Space Photo Banner
16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi
Hal Yang Terjadi Jika Bumi Datar 0c504
5 Hal Mengerikan yang Terjadi Jika Bumi Datar | Gravitasi Hilang?
Foto Terlihat Seperti Planet Lain Banner
15+ Foto Keren di Bumi yang Terlihat Seperti Planet Lain
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal