Hati-hati, Inilah 7 Makanan Paling Berbahaya di Dunia | Singkong Termasuk?!

Default

Kita adalah apa yang kita makan, itu sebabnya kita harus memperhatikan apa saja makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Namun, apa yang terjadi jika kita makan makanan yang paling berbahaya di dunia?

Tak hanya orang yang menyantap, orang yang memasak harus tahu bagaimana mengolah makanan yang benar karena ini bisa menyangkut nyawa seseorang.

Makanya, ada sejumlah makanan yang membutuhkan ketelitian dan pengetahuan tingkat tinggi untuk memasaknya demi menghindari penyakit parah atau bahkan kematian.

Mungkin ada beberapa makanan yang kita bisa hindari karena tahu efek samping yang bisa diberikan jika disantap, tapi terkadang ada makanan-makanan berbahaya ini ada di sekitar kita dan bisa santap tanpa sengaja.

Beberapa makanan berikut adalah contoh dari makanan-makanan paling berbahaya di dunia yang sebaiknya kamu hindari kalau nggak yakin deh, geng.

Uniknya, ada makanan yang lumrah banget dikonsumsi orang Indonesia, loh! Apaan, tuh? Tengok aja skuy~

1. Ikan Fugu atau Ikan Buntal

Ikan Fugu 4a5b3

Fugu adalah kata dalam bahasa Jepang untuk ikan buntal, geng. Ikan yang bisa menggembung ketika merasa terancam ini bisa menjadi salah satu hidangan beracun jika tidak diolah dengan tepat.

Ovarium, usus, dan hati ikan fugu mengandung neurotoksin bernama tetrodotoxin yang 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida.

Jika tak sengaja termakan, orang yang mengonsumsi ikan fugu akan mengalami kelumpuhan saraf motorik dan menyebabkan napas terhenti.

Tetrodotoxin yang ditemukan pada ikan fugu konon dapat membunuh 30 orang sekaligus, lho. Serem, kan?

Makanya, koki Jepang harus dilatih bertahun-tahun untuk memperoleh lisensi memasak fugu, yang menyebabkan hidangan ini cukup mahal, yaitu senilai 200 dollar AS atau 2,8 juta rupiah. Wewww.

2. Buah Ackee

Ackee 4f2ea

Tumbuhan yang menjadi buah nasional Jamaika ini mengandung racun yang disebut hipoglisin dalam kondisi mentah, sehingga orang harus menunggunya hingga benar-benar matang dan dibiarkan terbuka secara alami di pohon agar dapat dimakan dengan aman.

Buah ini juga tidak boleh dibuka sendiri, melainkan harus terbuka sendiri. Kamu juga hanya boleh memakan daging buah berwarna krem di sekitar bijinya saja.

Jangan pernah coba-coba makan daging berwarna merah muda atau biji hitam karena beracun banget, geng. Ribet amat, yak?

Meski berisiko menyebabkan muntah-muntah, koma, hingga kematian, orang-orang dari negara asal Bob Marley ini menjadikannya makanan utama. Santuy bener.

3. Sannakji

Sannakji 16853

Makanan asal Korea Selatan ini bukan cuma mengerikan, tapi juga mematikan. Itulah sannakji, tentakel bayi gurita hidup yang dibumbui, dan disajikan saat itu juga.

Orang-orang biasa menyantapnya saat gurita-gurita itu masih menggeliat di piring menggunakan sumpit, geng. Di sinilah bahaya bisa timbul.

Meski sudah dipotong, bantalan hisap pada tentakel tetap bisa menghisap permukaan, sehingga kamu harus mengunyah tentakel sebelum menempel di atap mulut kalau ingin mencobanya.

Kalau tidak , tentakel dapat menempel di mulut dan tenggorokan, yang akhirnya menyebabkan konsumen tersedak hingga meninggal dunia.

Menurut majalah Food & Wine, setidaknya ada enam orang korban jiwa yang disebabkan sannakji setiap tahunnya. Ngeri!

4. Elderberry

Elderberry 3082b

Jenis beri yang biasa digunakan dalam selai, anggur, teh, sirup, dan suplemen ini aman dikonsumsi jika sudah matang dan diolah dengan benar, geng.

Akan tetapi, daun, ranting, dan biji elderberry mengandung glikosida penghasil sianida yang berpotensi fatal kalau buah tidak disaring dengan tepat dan masih mentah.

Orang yang memakannya dapat mengalami mual-mual, muntah, dan diare parah, bahkan konsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kejang-kejang, koma, hingga kematian.

Secangkir jus elderberry bisa mengakibatkan penyakit, dan lima gelas dapat membahayakan nyawa. Duh, hati-hati, deh.

5. Rhubarb

Rhubarb 3a877

Sayuran berwarna cerah yang ada dalam beberapa jenis selai dan pai ini memiliki daun yang tidak boleh digunakan dalam proses memanggang dan memasak karena mengandung asam oksalat.

Konsumsi daun rubharb yang tak diolah dengan benar dalam jumlah kecil dapat menimbulkan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, diare, sakit mata, kesulitan bernapas, hingga urin berwarna merah tua.

Lebih parahnya lagi, asam oksalat dapat menyebabkan perkembangan batu ginjal yang berakibat mual dan nyeri hebat.

6. Kacang Merah

Kacang Merah B3a00

Kacang merah adalah makanan yang kaya protein, serat, vitamin, dan mineral*ketika matang.

Namun, dalam bentuk mentah atau setengah matang kacang merah mengandung suatu variasi lektin yang beracun bernama phytohaemagglutinin. Lumayan bikin senam lidah ya, geng.

Nah, zat phytohaemagglutinin ini dapat merusak dinding usus dan mencegahnya menyerap nutrisi dengan baik, serta menimbulkan gejala keracunan seperti diare, sakit perut, muntah, dan sakit kepala.

Agar aman, kacang merah kering harus direndam selama beberapa jam terlebih dahulu, lalu direbus selama 10 menit.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) alias BPOM-nya Amerika Serikat, memasak kacang merah kering kurang dari 10 menit pada suhu berapapun kurang dari mendidih bisa meningkatkan toksisitas lima kali lipat. Hati-hati, ya!

7. Singkong dan Ketela Pohon

Singkong 390db

Sebagai orang Indonesia yang lidahnya udah CS banget sama singkong, kamu pasti kecewa karena saudaranya talas dan ubi ini masuk dalam daftar.

Hal ini karena daun dan akar singkong dapat menghasilkan sianida yang bisa berakibat fatal bagi tubuh, sehingga mengolah singkong juga harus hati-hati.

Menurut anjuran, singkong sebaiknya diparut, direndam, dan dimasak dengan benar.

Sedangkan, ketela pohon yang mirip-mirip dengan singkong hanya perlu dimasak langsung untuk mengurangi kandungan sianida agar tak beracun.

Saking berbahayanya, cuma ketela pohon yang boleh dikonsumsi di Australia dan Selandia Baru, sedangkan singkong benar-benar nggak diperbolehkan, geng.

Akhir Kata

Waduh, ternyata makanan yang biasa kita konsumsi juga termasuk ke dalam makanan berbahaya nih, geng. Harus memperhatikan langkah-langkah memasak yang benar, nih.

Namun, tahu nggak sih kalau bakso juga bisa jadi makanan berbahaya, lho, kalo kamu makannya langsung ditelan tanpa dikunyah dulu. Apalagi kalo isi telor! Wkwkwk.

Yah, pokoknya selalu hati-hati dan jangan lupa sebarkan info ini biar teman-temanmu juga tahu, ya!

Baca juga artikel seputar Makanan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Viral Fitur Deep Nostalgia di MyHeritage Bisa Hidupkan Foto, Keren Apa Serem?

Heboh Pakai Aplikasi Helo Bisa Dapet Cuan Kilat, Tipu-tipu Nggak Tuh?

7 Artis ini Punya Anak Berkebutuhan Khusus, Dibesarkan Penuh Kasih Sayang!

Inilah Republik Sakha, Gudang Berlian Super Dingin di Rusia!

ARTIKEL TERKAIT
Artis Indonesia Yang Cuek Makan Di Warteg Banner Ef444
5 Artis Indonesia yang Cuek Makan di Warteg, Bosan Makan di Restoran?
Drakor Makanan 31f13
7 Drakor tentang Makanan Terbaik, Auto Gagal Diet!
7 Film Bertema Makanan Yang Bikin Laper Untung Udah Gak Puasa Fef25
7 Film Bertema Makanan yang Bikin Laper, Untung Udah Gak Puasa!
Produk Pertama Perusahaan Teknologi Banner 3bfe9
7 Produk Pertama Perusahaan Teknologi Terkenal, Ada yang Bisnis Makanan!
Banner 15e97
Upload Foto Makanan Saat Puasa Bikin Batal? Ini Penjelasannya!
Aplikasi Menu Puasa Banner D7387
8 Aplikasi Resep Menu Makanan & Minuman untuk Bulan Puasa Terbaik | Cocok Buat Anak Kost!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal