J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Begini Kondisi & Tekanan Laut di Kedalaman 800 Meter, Mengerikan!

Senin, 26 Apr 2021, 16:15 WIB
Mengintip bagaimana kondisi laut di kedalaman 800 meter. Ternyata, nyaris tidak ada kehidupan!

Dilansir berbagai berita nasional, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan seluruh awak kapal selam yang berjumlah 53 orang gugur dalam menjalankan tugas.

Pihak TNI AL menyampaikan bahwa badan KRI Nanggala-402 ditemukan karam di kedalaman 838 meter. Berdasarkan foto-foto yang berhasil ditangkap di lokasi, kapal selam tersebut pecah dan terbagi menjadi 3 bagian.

Hal ini menjadi pertanyaan tersendiri bagi masyarakat awam. Apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa kapal selam yang dibangun dengan baja terkuat bisa hancur dan terbelah di kedalaman 800 meter?

Penjelasannya pun mengarah pada kondisi dan tekanan air laut pada kedalaman tersebut. Faktanya pun membuat kita bergidik ngeri. Simak info selengkapnya berikut!

Adanya Tekanan Hidrostatis

800 Meter 1 B8178
Sumber foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir CNN, Laboratorium Lingkungan Kelautan Pasifik milik Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (PMEL NOAA) menjelaskan kedalaman laut rata-rata adalah 12.566 kaki atau sekitar 3.800 meter.

Semakin dalam seseorang menyelam, ia akan merasakan apa yang disebut sebagai tekanan hidrostatis. Tekanan ini disebabkan oleh gaya gravitasi bumi.

Seperti yang pernah kamu pelajari di sekolah, semakin dalam makhluk hidup menyelam dari permukaan air, semakin banyak pula volume air yang ada di atas kepala dengan permukaan air.

Akibatnya, tekanan yang diberikan air pada tubuh makhluk hidup akan semakin besar. Dalam pelajaran Fisika, tekanan ini diukur dalam satuan atmosfer (atm).

Kemampuan Manusia Menyelam Ternyata Terbatas!

800 Meter 2 7b70d
Sumber foto: Quora

Satuan atmosfer dihitung dari permukaan laut. Misalkan kamu sedang berdiri di tepi pantai, maka tekanannya adalah satu atmosfer (1 atm). Tubuhmu akan dibebankan gaya seberat 14,6 pon atau setara 6,6 kilogram.

Nah, tekanan ini bakal meningkat sekitar satu atmosfer untuk setiap 10 meter kedalaman air. Jika tekanan dari permukaan laut adalah 1 atm, maka tekanan di kedalaman 800 meter adalah 85 atm.

Masalahnya, berdasarkan penelitian internasional, manusia hanya mampu menahan tekanan hingga sekitar 4 atm. Ini belum dihitung dengan kombinasi tekanan atmosfer dan tekanan dari kedalaman lautan.

Mengingat atmosfer sudah memiliki tekanan sebesar 1 atm, maka sisa kemampuan paru-paru manusia hanya sekitar 3 atm.

Seorang penyelam bernama Ahmed Gabr sendiri pernah memecahkan rekor dunia menyelam paling dalam sejauh 332 meter. Yap, hingga saat ini belum ada manusia yang bisa mencapai kedalaman lebih dari 350 meter, apalagi 800 meter

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Manusia di Kedalaman 800 Meter?

800 Meter 3 A4142
Sumber foto: Reddit

Ketika manusia memaksakan diri untuk menyelam di atas 4 meter, maka tubuhnya bakal mulai mengalami serangan-serangan fatal akibat tekanan dalam laut.

Padahal dilansir Medical Daily, pada kedalaman 30,48 meter saja manusia sudah mulai merasakan tekanan itu, mengingat pada kedalaman itu manusia akan mengalami empat kali tekanan normal.

Kondisi tersebut membuat jaringan spons paru-paru mulai berkontraksi. Akibatnya, penyelam hanya punya sedikit pasokan udara yang terhirup di permukaan.

Tekanan dari air juga mendorong air ke dalam mulut dan ke paru-paru, bukan lagi udara. Tidak hanya itu, di kedalaman laut, detak jantung manusia turun menjadi sekitar 14 detak per menit dari kisaran 60-100 detak per menit untuk manusia dewasa.

Maka tidak heran, ada cukup banyak kasus penyelam mengalami batuk darah sehabis menyelam, mengingat tekanan yang sangat besar sudah membuat kemampuan biologis manusia terganggu.

Maka bisa dibayangkan, apa yang bakal terjadi jika manusia berada pada kedalaman 800 meter, bukan? Banyak peneliti menyebut di kedalaman itu, mustahil tubuh manusia bisa ditemukan dalam kondisi utuh.

Kebanyakan akan tercerai berai dan hanya menyisakan tulang belulang. Jika ada sisa daging pun, kemungkinan besar sudah dimangsa oleh hewan-hewan laut kecil yang hidup di sana.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai kondisi dan tekanan laut di kedalaman 800 meter. Semoga bisa menambah wawasan kita, ya.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal