Ilmuwan Temukan Inti Bumi Miring Tepat di Bawah Indonesia | Ada Dampak Risikonya?

Sebuah laporan mengejutkan ini bikin heboh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, pasalnya laporan ini menyebutkan bahwa para ilmuwan mendapati kalau inti bumi kini tengah tumbuh miring, tepat di bawah Indonesia, berlokasi di Laut Banda.

Hal ini terjadi lantaran inti bumi di Indonesia tengah kehilangan panas lebih cepat daripada wilayah lainnya, seperti di Brasil.

Akibatnya? Terjadi pendinginan lebih cepat di inti Bumi akibat kristalisasi penyusun inti, seperti dikutip dalam laporan The Independent, Jumat (18/6/2021).

Hal tersebut dijelaskan oleh para ilmuwan University of California di Berkeley. Bagaimana mereka tahu? Para ilmuwan mempelajari gelombang seismik, getaran bawah tanah yang dihasilkan melalui gempa bumi.

Nah, gelombang tersebut melewati inti besi padat dari planet Bumi. Perlu untuk kamu ketahui, inti Bumi berada 3.000 kilometer di bawah permukaan Bumi. Bagian inti ini berbentuk bola dan mengandung besi serta nikel.

Pada lapisan di atas inti Bumi terdapat mantel, di mana lapisan ini terdiri atas mantel dalam (300-2.890 km di bawah permukaan Bumi) dan mantel luar (10-300 km di bawah permukaan Bumi). Kemudian lapisan paling luar terdapat kerak bumi.

Terjadi Pertumbuhan Asimetris

Inti Bumi Mendingin 8def7

Lebih mengejutkannya lagi, rupanya proses ini mulai terjadi sejak 500 tahun lalu. Namun, hingga sekarang belum diketahui mengapa proses pendinginan bisa terjadi begitu cepat di Indonesia.

"Satu-satunya cara kami dapat jelaskan adalah sisi satunya tumbuh lebih cepat dibanding yang lain," ujar penulis utama studi Daniel Frost, seismolog di University of California, Berkeley.

Penemuan inti bumi di Indonesia kehilangan panas lebih cepat ini mengantarkan ilmuwan ke sebuah kesimpulan baru. Terkait mengapa kristalisasi besi jadi lebih condong ke barat (Laut Banda) dibandingkan di sebelah timur (Brasil).

Peneliti menyebut terjadi pertumbuhan asimetris, 60% lebih condong tinggi ke sisi barat. Namun peneliti meyakini, pertumbuhan asimetris tersebut bukan berarti bakal ada risiko lain yang membuatnya tidak seimbang.

Walau begitu, Frost menyebut terdapat misteri lainnya yang perlu untuk dipecahkan. "Pertanyaannya adalah, apakah ini mengubah kekuatan medan magnet?" tuturnya.

Risiko Pada Medan Magnet Bumi

Inti Bumi Miring F54c0

Medan magnet bumi merupakan medan geomagnetis yang berasal dari bagian dalam bumi hingga ke batas di mana medan magnet bertemu dengan radiasi matahari.

Secara sederhananya, medan magnet bumi berfungsi untuk memantulkan sebagian besar angin matahari, yakni arus partikel bermuatan dari Matahari yang bisa mengurai lapisan atmosfer bumi.

Sehingga medan magnet inilah yang menyelamatkan Bumi dari kehilangan atmosfer miliknya. Selain itu kompas yang digunakan manusia bergantung dari medan magnet bumi.

Hewan juga turut memanfaatkan medan magnet bumi untuk bermigrasi loh. Frost menyebut pihaknya akan segera melakukan penelitian untuk membahas kembali soal ini.

Frost menyebutkan kalau dirinya telah mulai mengerjakan penelitian terbaru bersama tim geomagnetis demi menyelidiki sejumlah kemungkinan misteri pertumbuhan miring inti Bumi ini.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.