Bukan Hujan Air, di Saturnus dan Neptunus Justru Hujan Berlian | Planet Lain Juga Bisa?

Hujan yang turun di Bumi biasanya diasosiasikan dengan tetesan air atau salju.

Meski demikian, terkadang kita mengharapkan adanya hujan uang dari langit, bukan? Ternyata ada loh, planet yang memiliki jenis hujan cukup aneh - dan bisa bikin kaya seperti yang kita harapkan dari dulu.

Planet tersebut adalah Saturnus dan Jupiter yang sering mengalami hujan berlian.

Diameter berlian terbesar yang diproduksi Saturnus dan Jupiter sendiri bisa mencapai satu sentimeter, cukup untuk dijadikan mata cincin.

Beberapa penelitian terbaru telah meyakini bahwa ada jutaan ton berlian di langit Saturnus dan Jupiter.

Jupiter Dan Saturnus Ada Hujan Berlian Abf87

Studi tersebut juga mengamati badai yang terjadi di dua planet ini, yang mengarah pada penemuan komponen utama dalam penciptaan berlian; yaitu karbon yang dihasilkan sebagai akibat dari badai.

Ilmuwan menemukan bahwa kondisi cuaca di Saturnus dan Jupiter juga cukup untuk menghasilkan berlian di udara.

Banyak planet di tata surya, terutama Saturnus dan Jupiter, memiliki gas metana yang melimpah di permukaannya; sebagai akibat dari badai petir, yang mengubah gas metana menjadi karbon dan hidrogen non-kristal.

Karbon jatuh melalui presipitasi dan tekanannya meningkat secara bertahap dengan peningkatan kecepatan presipitasi, yang kadang-kadang dapat mencapai 1.000 mph.

Pada kedalaman sekitar 6.000 km, partikel grafit berubah dari keadaan cair menjadi padat, dan terus turun hingga kedalaman 30.000 km dan suhu lebih dari 4.000 Kelvin.

Menurut perhitungan dan pengamatan para ilmuwan, badai dapat menghasilkan sekitar 1.000 ton berlian setiap tahun, yang setara dengan daratan berlian sedalam 30.000 km.

Hujan Berlian Di Jupiter Dan Saturnus A78ee

Namun, di kedalaman ekstrem tersebut berlian tidak akan dapat mempertahankan wujud padatnya sehingga batu berharga tersebut akan mengendap di inti planet dalam bentuk cair.

Uniknya, menurut peneliti masih ada planet penghasil permata lain yang berliannya mampu terawetkan dalam bentuk padat.

"Berlian tidak selamanya ada di Saturnus dan Jupiter. Tapi mereka ada di Uranus dan Neptunus, yang lebih dingin di intinya," kata Dr. Kevin Baines, seorang peneliti di NASA.

Uranus dan Neptunus mengandung atmosfer yang kaya akan gas seperti hidrogen dan helium, yang membantu membentuk sejumlah besar air, amonia, dan hidrokarbon.

Hujan Berlian 6e050

Dilansir dari SCIplanet, hidrokarbon dapat dipecah untuk mendapatkan metana yang nantinya dapat dipecah menjadi senyawa utamanya,dan menghasilkan berlian.

Tekanan dan suhu tinggilah yang menyebabkan Uranus dan Neptunus juga dapat mengalami hujan berlian.

"Gagasan bahwa ada kisaran kedalaman di atmosfer Jupiter dan juga Saturnus di mana karbon akan stabil seperti berlian tampaknya masuk akal," kata Profesor Raymond Jeanloz, salah satu tim yang pertama kali memprediksi berlian di Uranus dan Neptunus - seperti dikutip dari BBC.

Ternyata, cukup banyak planet yang mampu membuat hujan berlian. Bisa tidak ya, kalau kita menambang dan membawanya ke Bumi?

Baca juga artikel seputar Planet atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.