Ilmuwan Temukan Hiu yang Menyala di Kegelapan | Glowing Banget!

Para ilmuwan telah mengambil foto pertama hiu glow-in-the-dark atau yang menghasilkan cahayanya sendiri.

Hiu sirip layang-layang, Dalatias licha, adalah hewan bertulang belakang bercahaya terbesar di dunia yang diketahui. Hiu ini dapat tumbuh hingga hampir 2 meter panjangnya.

Hiu ini ditemukan di daerah lautan yang dikenal sebagai Chatham Rise, di lepas pantai timur Pulau Selatan Selandia Baru, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh para peneliti dari Catholic University of Louvain, Belgia dan National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) di Selandia Baru.

Bioluminescence adalah kemampuan memproduksi cahaya oleh organisme hidup melalui reaksi biokimia.

"Sekitar 57 dari 540 spesies hiu yang diketahui dianggap mampu menghasilkan cahaya," kata rekan penulis studi Jerome Mallefet, kepala laboratorium biologi kelautan di UCLouvain, seperti dikutip dari CNN (03/03/2021).

Spesimen sebelumnya telah menunjukkan bahwa hiu sirip layang mampu menghasilkan cahaya. "Namun mereka 'sangat sulit untuk diamati' karena mereka hidup antara 200 dan 900 meter di bawah permukaan laut," kata Mallefet.

Bioluminescence juga didokumentasikan pada dua spesies hiu laut dalam, Etmopterus lucifer (blackbelly lanternshark) dan Etmopterus granulosus (south lanternshark).

Kegunaan Bioluminescence Pada Hiu

Contoh Ikan Laut Dalam 347a7
Sumber foto: CNN World

Mallefet melihat bahwa hiu itu terekam secara tidak sengaja selama survei NIWA, yang ditujukan untuk mengukur pasokan ikan.

Dia diundang untuk mengikuti perjalanan survei pada Januari 2020 dan menghabiskan 30 hari di atas kapal, merekam beberapa hiu.

"Saya seperti anak kecil di bawah pohon Natal," kata Mallefet, menjelaskan bagaimana dia berhasil mengambil gambar hiu sirip layang-layang di ruangan gelap kapal.

Laut dalam di bawah 200 meter digambarkan sebagai zona senja. "Banyak orang secara keliru percaya bahwa tidak ada cahaya yang terlihat di sana, tetapi ada beberapa cahaya yang menurut hiu berguna," kata Mallefet.

"Mereka menggunakan cahaya untuk menghilang," tambahnya menjelaskan bagaimana bioluminescence dapat membuat hiu tidak terlihat melawan cahaya redup dari permukaan laut.

Kemampuan ini melindungi hiu dari predator yang lebih besar berenang di bawah mereka, dan juga memudahkan mereka untuk berburu mangsa.

Penelitian Lebih Lanjut Dibutuhkan

Ikan Laut Dalam Yang Bisa Dimakan 5ebf0
Sumber foto: CNN World

Hiu bercahaya belum diketahui sepenuhnya rahasia mereka, termasuk mengapa sirip punggung mereka bersinar.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah ini dapat digunakan untuk alat pemberi sinyal, Mallefet menambahkan bahwa masih ada tanda tanya.

Mallefet mengatakan bahwa dia ingin mempelajari sirip punggung secara lebih rinci pada kunjungan mendatang ke daerah tersebut, serta melihat apa yang dimakan hiu dan apakah mereka juga 'dimakan'.

Tujuannya adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang makhluk hidup laut dalam, yang tetap misterius meskipun faktanya itu adalah lingkungan paling umum di Bumi, agar orang lebih berpikir untuk melestarikannya.

"Saya khawatir kami telah melakukan banyak kesalahan saat membuang barang ke laut. Saya takut apa yang akan terjadi pada generasi berikutnya," pungkas Mallefet.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

ARTIKEL TERKAIT
Fosil Megalodon Dan Hewan Purba Ditemukan Di Sukabumi Banner 4926e
Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?
Fosil Dinosaurus T Rex Bd9b6
Fosil Dinosaurus Terbesar di Bumi Ditemukan | Usianya 98 Juta Tahun!
Paus Terdampar Di Madura Banner Bc31a
52 Paus Terdampar di Pantai Madura Jadi Fenomena Langka, Apa yang Terjadi?
Page2 E533a
7 Manusia Paling Jenius Sepanjang Masa, Ada dari Indonesia!
Page1 9e603
5 Rekor Dunia Sains yang Terpecahkan di Tahun 2020, Ada Sperma Tertua!
Tags Terkait: hewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal