10 Hewan Berumur Paling Panjang di Dunia | Ada yang Bisa Hidup Abadi!

Default

Bukan rahasia bahwa beberapa jenis hewan punya masa hidup yang sangat lama. Jauh melebihi manusia.

Jika manusia biasanya hanya bisa mencapai usia maksimal sekitar 100 tahun, hewan-hewan ini justru bisa hidup hingga berabad-abad bahkan hingga ribuan tahun.

Tak itu saja, beberapa binatang berumur panjang ini bahkan bisa menghentikan atau membalikkan proses penuaan sama sekali yang membuat mereka bisa hidup abadi!

Penasaran hewan apa saja yang termasuk paling tua di dunia? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir dari Live Science.

1. Hydra

Hydra LiveScience 1f50c

Hydra yang satu ini bukan organisasi kriminal di MCU ya, geng. Melainkan sekelompok hewan invertebrata kecil yang memiliki tubuh lembut. Mirip seperti ubur-ubur. Hydra diduga salah satu hewan yang bisa hidup selamanya.

Pasalnya, hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda kesehatan atau kondisi tubuh yang memburuk seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Hewan ini sebagian besar terdiri dari stem cells yang akan terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning.

Itu membuat hydra benar-benar bisa hidup selamanya dalam kondisi ideal. Mereka biasanya mati karena dimakan predator atau terkena penyakit.

2. Turritopsis dohrnii

Turritopsis Dohrnii Blueplanet D742a

Turritopsis dohrnii juga sering disebut sebagai ubur-ubur abadi karena mereka diduga bisa hidup selamanya, mirip seperti Hydra.

Ubur-ubur bermula dari larva sebelum tumbuh di dasar laut dan berubah jadi polip. Polip ini kemudian membuat ubur-ubur yang bisa bergerak bebas.

Turritopsis dohrnii dewasa sangat istimewa karena karena mereka bisa berubah kembali jadi polip jika mereka mengalami kerusakan pada tubuh atau kelaparan. Setelah itu, mereka bisa kembali lagi berubah jadi ubur-ubur.

Ubur-ubur ini biasa hidup di laut Mediterania. Mereka bisa mengulang siklus hidup tersebut beberapa kali. Itu membuat Turritopsis dohrnii tak bisa mati karena usia tua.

Turritopsis dohrnii berukuran kecil, kurang dari 4,5 milimeter. Sehingga biasanya mereka akan mati karena dimakan oleh hewan lain.

3. Glass sponge

Glass Sponge History And Art Collection Db895

Sponge atau spons terdiri dari koloni binatang yang bisa hidup hingga ribuan tahun. Glass sponge atau spons kaca merupakan salah satu spons yang bisa hidup paling lama di Bumi. Kelompok ini hidup di laut dalam dan memiliki kerangka yang menyerupai kaca.

Pada penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di jurnal Chemical Geology, diperkirakan bahwa salah satu spesies glass sponge bernama Monorhaphis chuni sudah hidup selama 11.000 tahun. Spesies spons lainnya bahkan diperkirakan bisa hidup jauh lebih lama.

4. Koral hitam

Black Koral LiveScience 15389

Koral merupakan salah satu hewan yang punya pesona tersendiri. Mereka biasanya terlihat seperti bebatuan dan tumbuhan bawah air yang berwarna-warni. Namun sebenarnya, mereka terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip.

Polip ini akan terus bertambah dan berduplikasi. Seiring berjalannya waktu, polip akan membentuk struktur kerangka yang semakin besar. Maka dari itu, koral terbentuk dari organisme identik yang terus bertambah, mirip seperti spons.

Koral bisa hidup ratusan tahun. Namun koral hitam yang hidup di laut dalam (Leiopathes sp.) punya masa hidup paling panjang. Spesimen koral hitam yang ditemukan di pantai Hawaii ternyata sudah berusia 4.625 tahun.

5. Kerang quahoq laut

Kerang Quahog LiveScience F860b

Kerang quahog laut (Arctica islandica) tinggal di laut Atlantik Utara. Pada 2006, para peneliti menemukan 1 kerang quahog laut di pesisir Islandia. Kerang tersebut diperkirakan berusia 507 tahun.

Kerang tersebut kemudian diberi nama Ming karena lahir pada 1499, ketika Dinasti Ming berkuasa di China (1368-1644).

6. Tubeworm

Tubeworm LiveScience 47d19

Tubeworm atau cacing tabung adalah invertebrata yang hidup di laut dalam yang dingin. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan tahun 2017 di jurnal The Science of Nature, ditemukan bahwa salah satu spesies tubeworm bernama Escarpia laminata bisa hidup hingga 200 tahun.

Spesies ini hidup di dasar laut Teluk Meksiko. Beberapa spesimen bahkan bisa bertahan hidup hingga lebih dari 300 tahun.

Tubeworm bisa hidup lama akibat beberapa hal. Di antaranya adalah ancaman alami dari predator yang tidak banyak. Itu membantu mereka berevolusi sehingga bisa berusia panjang.

7. Hiu Greenland

Greenland Shark LiveScience 1c85c

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) merupakan jenis hiu yang hidup di kedalaman laut Arktik dan Atlantik Utara. Mereka bisa tumbuh hingga sepanjang 7,3 meter. Hiu ini hidup dengan memakan hewan lain. Termasuk mamalia dan ikan seperti anjing laut.

Pada 2016, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap jaringan mata hiu Greenland. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Science.

Hasilnya menunjukkan bahwa hiu ini diperkirakan punya rentang usia paling sebentar 272 tahun. Hiu terbesar yang diteliti saat itu bahkan diperkirakan berusia sekitar 392 tahun.

Para peneliti bahkan menduga hiu Greenland bisa mencapai usia 512 tahun lamanya. Penemuan ini membuat hiu Greenland jadi hewan vertebrata paling tua di Bumi.

8. Kerang mutiara air tawar

Kerang Mutiara Air Tawar LiveScience B98fb

Kerang mutiara air tawar (Margaritifera margaritifera) adalah kerang yang hidup dengan menyaring partikel makanan dari air. Biasanya mereka hidup di sungai dan aliran air yang ada di Eropa dan Amerika Utara.

Kerang mutiara air tawar paling tua diketahui bisa berumur hingga 280 tahun. Hewan tanpa tulang belakang ini bisa hidup lama karena metabolisme rendah yang mereka miliki.

Namun sayangnya kerang jenis ini termasuk dalam spesies yang mulai langka. Populasi mereka menurun karena ulah manusia. Kita bertanggung jawab atas kerusakan dan perubahan habitat sungai yang mereka tinggali.

9. Rougheye Rockfish

Rougheye Rockfish LiveScience Dfb67

Rougheye rockfish atau ikan karang mata kasar (Sebastes aleutianus) adalah salah satu ikan yang punya masa hidup paling lama. Mereka punya rentang usia maksimal hingga 205 tahun.

Ikan ini berwarna kecoklatan atau merah muda dan hidup di Samudera Pasifik, dari California hingga Jepang.

Ukurannya bisa mencapai 97 cm. mereka hidup dengan memakan hewan lain seperti udang atau ikan yang lebih kecil.

10. Bowhead whale

Bowhead Whale LiveScience Fcc09

Bowhead whale atau paus kepala busur (Balaena mysticetus) adalah mamalia dengan umur paling panjang.

Hingga kini, masih belum diketahui berapa lama rentang hidup seekor paus kepala busur. Namun, para ilmuwan berhasil menemukan ujung tombak batu pada beberapa ekor paus kepala busur.

Penemuan ini menunjukkan bahwa hewan yang hidup di arktik dan subarktik ini bisa mencapai usia 100 tahun, bahkan lebih dari 200 tahun.

Salah satu sebab paus ini bisa hidup lama adalah mereka memiliki gen mutasi bernama ERCC1 yang bisa memperbaiki DNA yang sudah rusak. Itu melindungi paus tersebut dari kanker, salah satu penyebab kematian mereka.

Lebih lanjut, mereka juga punya gen lainnya yang disebut PCNA yang bisa berduplikasi. Gen ini bisa mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Duplikasi tersebut juga bisa menunda penuaan.

Akhir Kata

Itu dia 10 hewan yang punya jangka waktu kehidupan paling panjang di dunia. Menakjubkan sekali ya, geng, bagaimana hewan-hewan tersebut bisa bertahan hidup hingga ribuan tahun.

Apalagi ada hewan yang bisa hidup selamanya alias abadi karena melakukan kloning sel tubuh mereka. Mirip sama kejadian di film fiksi ilmiah saja ya?

BACA JUGA

13 Foto yang Saking Sempurnanya Sampai Dikira Hasil Editan | Kuncinya Adalah Timing!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Alih Profesi Sebagai Seorang Dosen | Dedikasi Pada Dunia Pendidikan!

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

7 Artis Ini Tak Mau Ekspos Wajah Anak di Hadapan Publik | Alasannya karena Privasi

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 06 30t233043 238 91e78
12 Potret Hewan Hasil Kawin Silang Ini Keren Banget | Jadi Spesies Langka dan Mahal!
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Umur Lalat Capung F0884
5 Hewan Umurnya Paling Singkat | Ada yang Cuma Sehari Habis Ena-ena!
Di Zaman Purba Kecoak Makan Kotoran Dinosaurus 449d7
6 Hewan yang Masih Bertahan Hidup Sejak Kepunahan Dinosaurus, Termasuk Kecoak!
Kloning
Kocak! 17 Foto Ini Tunjukkan Momen Unik Saat Bertemu 'Hasil Kloning'
Untitled Design 2021 03 17t201925 350 2763d
Penelitian Buktikan Ayam adalah Evolusi dari T-Rex | Bisa Kloning Dinosaurus?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal